Monday 20 May 2024

Dear Ibu Part 1

Dear Ibu
Aku gatau harus mulai dari mana, tapi kita berdua tau kalau aku walau ga sedeket duti yang bisa tidur bareng ibu. Tapi aku selalu curhat tentang apapun ke ibu. Apalagi setelah aku menikah dan kita bisa lebih sering chatan. Ternyata beda rumah bikin kita ga saling cekcok karena aku sering merasa ibu yang selaly kontra dengan keputusan aku. 

Setelah kasus riyan yang bikin aku trauma dan larangan nikah dari ibu, karena ibu marah banget ketika tau aku cari2 rumah cewek malam2 di daerah jakarta barat, ibu takut aku kenapa2. Makanya itu salah satu yang ngeberatin aku nikah sama cowo pilihan aku, itu yang bahkan sampe aku nikah detik ini ditanya "riyan baik kan sha? Gak macem2 sama kamu? Ga kasar sama kamu? Kalau riyan macem2 udah ibu pites duluan. Harus cerita gaboleh diem aja ya". Gue serimg ketawa kalau ibu ngomong gini, kayak ibu suka ga rela anaknya pernah disakitin, tp suka mikir kalau anaknya ga nikah ama cowo pilihannya, gak akan ada ghava yang bikin ibu bahagia. Makanya gue selalu bilang "riyan tuh baik banget bu. Aku muntah dia yang suka beresin. Dia suka nemenin aku. Dia suka masakin aku. Cuma anaknya ga romantis aja". Makanya aku selalu bilang ke ibu "walaupun suatu hari nanti riyan berubah, hatinya ga buat aku lagi. Ibu gausah khawatir, Allah itu selalu lindungin HambaNya, jadi aku cukup minta ke Allah buat kasih kebahagiaan buat aku dan tentunya orang yang ga lurus tuh pasti dikasih hal gak baik sama Allah. Jadi tenang aja". Ibu selalu ga tenang kalau ibu sakit dan ga panjang umur, dan kalau2 riyan nakal ibu gabisa bela. Tapi selalu ibu tau aku selalu bilang ke ibu "ada Allah bu tenang aja"

Walau di dalem hati ibu, masih ada rasa kesel soal kasus dulu, tapi ibu sayang sama riyan. Riyan pernah kakimya sakit langsung dibawain minyak buat diolesin di kaki yang cedera, ketika riyan sakit pasti ibu bawelin riyan. Ibu bilang ibu sayang riyan. Makanya riyan sakit tuh ibu kepikiran.

Ibu, setelah menikah dan jadi ibu. Aku tau rasanya hari hari makin berat dijalani. Karena hidup bukan lagi soal apa yang kita mau tapi tanggung jawab. Aku punya tanggung jawab lebih sebagai istri dan juga jadi seorang ibu. Itu juga yang sering aku ceritain, aku suka capek hari harinya. Walau riyan ga pernah nuntut aku masak, tapi tanggung jawab aku untuk mengisi perutmya di kala libur. Walau yang ibu tau anaknya kerja kantornya capek dan sibuk banget. Keluar kamar buat pipis mandi dan makan waktu dulu, sisanya banyak dikamar buat kerja. Ibu inginnya aku lebih diperlakukan baik, ibu inginnya malah aku ga kerja bantu suami dan fokus aja dirumah biar ga nambah beban di pundak. Tapi aku selalu bilang ke ibu aku suka kerja dan aku gabisa lepasin itu. Ternyata ya bu, aku yang masih jauh dari Allah, yang masih suka nanya ke ibu "ko Allah gitu ya bu. Ko Allah gini ya bu", setelah punya anak dan jadi istri aku ujung2nya kembali ke Allah. Aku suka kesel kalau riyan abis mandi handuk ga dijemur langsung, kasur berantakan. Tapi ibu selalu ngasih tau kalau bahkan dengan aku bawain minuman aja saat suami makan aku akan dapet pahala. Aku yang selalu bilang ke ibu "aku mah gapapa deh ga banyak pahalanya, soalnya gamau jadi orang baik" tapi ternyata bu aku selalu ngelakuin itu, aku lakuin itu secara naluri yamg balasannya pahala. Ibu inget kan aku selalu nanya "aku suka nyiapin riyan minum, baju sebelum berangkat dll..berarti aku dapet pahala ya bu?".

Ibu juga kan yang selalu tanya ke aku, soal malam pertama, soal gimana waktu di Bali, bahkan ibu juga suka nanya saat aku hamil gimana dan kesel sendiri kalau aku ga hb saat hamil walau aku kasih alasannya buat ibu. 

Tapi bu, percaya deh dibalik kekurangan riyan. Dibalik kekhawatiran ibu dan dibalik rasa takut anaknya disakitin lagi, aku sekarang udah tau kepada siapa aku bergantung dan aku gak akan labil mengambil keputusan. Aku memang masih trauma dan struggle ketika ada triggernya. Aku ternyata baik2 aja.
Walau aku masih takut, Tapi aku lebih percaya bahwa Allah akan selalu ada lindungin Aku bu, ibu ga perlu terbebani harus jagain aku biar riyan ga sakitin aku, karena Allah lebih punya power buat bales orang2 yang jahat. jadi ibu yang tenang yaa :) doain aja anak ibu, suami pilihannya dan cucu ibu yang lucu ini kita bahagia dunia akherat. 
Makasih udah ngijinin aku ya nikah sama cowo pilihan aku, makasih juga udah kenalin riyan walau dulu aku malah marah kalau ditanya soal pacar soal dikenalin sama cowo2 pilihan ibu. Makasih udah nganterin aku nikah bu. Makasih jadi superwomen supermom yang bikin aku terinspirasi jadi kayak ibu. Makasih pengorbanannya. Aku gakan bisa jadi kayak ibu, tapi aku janji aku akan didik ghava kayak ibu didik kita. Biar mental ghava itu kayak kita bertiga anak2 ibu. Biar ghava dalam hatinya kesehariannya itu bukan takut sama aku maupun riyan, tapi takut sama Allah. Takut Allah marah dan Allah murka. Makasih ya ibu :)

Hiduplah di rumah surgaNya Allah, seperti ledekan kita kepada ibu yang lagi nyicil KPR istana di surga, ibu pasti tinggal di istana ya. Karena ibu selalu pengen pindah rumah. Tapi Allah kasih ibu istana di surgaNya Allah, bukan cuma pindah rumah yang gak deket kali dan sampah. Bener kata Ibu, Allah selalu tau yang terbaik untuk hambanya.

No comments:

Post a Comment