Monday 20 May 2024

Dear Ibu Part 2

Dear ibu, 
Hari ini aku minta tante rini bantu2 di rumah ibu karena berantakan banget dan banyak cucian. Rumah berantakan kayak kapal pecah, dan ibu ga pernah mau rumah kayak kapal pecah. Aku tau, ibu dalam kondisi sakit pun akan bangun dari rebahan nahan sakit buat beberes rumah dan nyuci. Makanya aku minta tante rini beresin rumah ibu, masak dan nyuci di ibu. Tapi dampaknya aku ga ada yg jagain ghava. Disaat aku lagi butuh istirahat juga dari kelelahan minggu lalu.
Akupun dapet cuti. Tapi siang tadi entah kenapa ada aja ujian hidup, tiba2 Account diminta client yg aku pegang ngajak meeting offline semua. Disaat kerjaan aku keteteran bu karena aku sibuk banget minggu lalu :( aku bolak balik rs, aku ke kantor. Nyampe rumah aku jadi ibunya ghava yang tentunya lebih clingy ketika abis ditinggal hari sebelumnya. Rasanya kaki dsn badan aku pada sakit, aku bahkan belum sempet me time bu buat nonton film yg aku suka, makan pun aku cari yg cepet. Minggu lalu pun aku ngerasa hidup aku kayak flat, mungkin karena ibu sakit. 

Aku sedih banget. Aku capek banget. Aku bahkan skip sarapan, disaat ibu pasti ga suka kan aku skip sarapan ibu selalu takut aku kambuh maagnya. 

Aku td di donder kerjaan kan trus gatau kayak lg kesel bgt sama riyan yg hari ini banyak tidur. Disaat aku banyak ngajakin ghava main. Aku tau riyan pun lg sakit tapi kayaknya aku juga lg sedih banget. Aku bahkan pas di rs kesel karena dia fokus chatan ngurusin kucingnya yg di pacak sambil jalan. Sampe aku suruh dia buat nanya dimana kamar jenazah. Aku tau dia pun sampe sakit jalan terus, mobilitasnya tinggi. Tapi entah kenapa aku kesel kalau disaat aku lagi griefing, aku lagi capek fisik mental batin tapi dia masih fokus ke hal lain, ke kucingnya. 

Tapi aku hari ini masak bu, buat ghava dna juga riyan. Seperti yang ibu selalu ajarin aku. Aku lagi2 akan nanya "bersrti yang aku lakuin sekarang dapet pahala kan ya bu?" Padahal aku capek dan aku pengen banget rasanya spa massage.

Disaat kayak gini, aku dari jam 5 akhirnya memutuskan di waktu cuti kedukaan aku yg 3 hari aku pake buat buka laptop dan minta riyan bangun bukan cuma males malesan. Aku juga laper bu sekarang. Gada yg backup kerjaan aku. Tapi kerja bikin aku lupa sama sedih aku. Tapi ghava nangis terus bu. Dia liat aku disampingnya sampe jambak2 rambut aku. Dia clingy banget sama aku. Dia pengen aku nemenin dia. Tapi aku gabisa. Aku pengen data di report dah kelar, dan bsa tinggal dianalisa sama temen2 kantor aku. Tp temen2 kantor aku baik banget bu alhamdulillah. Makasih ya bu, aku selalu dideketin orang baik, karena ibu.

Lalu disaat aku akhirnya buka laptop dan riyan bawa ghava keluar kamar, tiba2 ada chat dari nomor ibu yang sekilas aku baca " jangan kerja terus". Aku kaget bu, kayak lagi ditegur karena aku di saat waktu seperti ini pun masih kerja. Dan aku bales chat duti "gue kira itu ibu yg ngechat buat ingetin istirahat dan jangan banyak kerja". 

Trus aku skrol chat kita bu ke atas. Dan ada chatan kita yang ibu bilang "insya Allah suatu saat apa yang kita inginkan akan tersampekan sa. Sabar aja..hari masih panjang". Ibu bales itu karna aku curhat "riyan dikasih ujiannsakit disaat aku pengen bgt ajak ghava jalan, sedangkan ghava udh bsa jalan". Trus ibu jawab "ibu harap tumornya hilang sebebelum operasi. Kun fayakun". Trus aku jawab "semoga ibu bisa sehat lagi". 

Ibu inget ga ketika aku bilang "aku kepikiran riyan sakit karna lg dirawat, ibu juga sakit, abi juga sakit, duti juga sakit. Allah selalu nguji kesabaran aku bu. Kayaknya Allah tau aku ga sabaran ya ". Ibu justru bilang "selain sabar apalagi. Masa sakit harus marah2. Gabolehlah. Allah kasih ujian pasti hambaNya kuat dan insya Allah semuanya akannbaik2 aja sa. Haqulyajin aja sama Allah". Ibu juga bilang "saat sakit gini ibu selalu berdoa ibu sembuh sehat lagi. Anak anak ibu masih butuh ibu. Cucu ibu masih butuh ibu".

Tiba2 aku langsung nangis bu. Aku natap ghava tadi "ghava ketika bunda sibuk, dan rasanya frustasi, bunda selalu bergantung sama mimih. Karna mimih satu2nya yg ga pernah kedistract hp. Mimih selalu jagain ghava. Tapi mimih udah ga ada. Siapa yg akan jagain ghava?"

Ibu pergi dengan berat kemarin karena isi kepala ibu selalu ini kan bu? Anak2 ibu selalu butuh ibu? Aku masih suka jadiin ibu pilihan pertama untuk jagain ghava atau nemenin ghava disaat akunya sibuk. Maaf ya bu sering ngerepotin :(
Maaf bikin capek karna nitip ghava. Memang udah saatnya ibu istirahat karena selama hidup ini ibu selalu kelelahan kan bu :( walau leci yang ibu mau belum kesampean bu, aku belum beliin itu buat ibu, ibu bahkan harus nunggu bulan juni buat punya HP baru. Semoga ibu bahagia walau aku cuma bsa kasih sedikit rejeki aku ya bu. Apalagi setelah nikah, aku udah gabisa ngajak jalan2 dan kulineran tiap bulan :(
Aku sellau pemgen pindah kantor dan bsa punya gaji puluhan juta biar aku ga perlu lagi minim ngasih ibu. Tp ibu selalu ga bolehin kan bu? Ibu gamau aku kecapean kerja? :(

No comments:

Post a Comment