Thursday 9 February 2023

Makin Takut, Makin Agresif?

Sangat setuju sama mas adjie, karena saat dulu menjalani hidup dengan pemikiran gamau nikah mending punya anak tanpa menikah, gue pun takut. Rasa takut menghantui gue sampai gue benci banget sama orang orang yang memilih menikah. Gue punua temen deket waktu itu yang selalu nyodorin cowo buat deketin gue sampe dia bilang "ini cowo cari yang serius. Pengen cepet nikah. Gamau pake pacaran. Gih udah tua juga lu". Gue bales "maaf gue mencari pacar dulu karena gue gamau terburu buru menikah karena udah tua. Dan umur gue pun ga tua kok. Hanya karena lu menikah 23 tahun bukan berarti umur gue 25 taun dibilang perawan tua bukan?"

Lalu dengan orang yang sama ketika gue punya pacar dia pasti komen "jangan lama lama, mending langsung cus nikah aja". Lagi lagi gue bales dengan cruel "gue malah pengen pacaran yang lama, daripada langsung nikah dan pusing ini itu. Mending pacaranlah. Enak". Trus dia tanpa menyerah sampai akhirnya gue tanya "knapa sih ngebet banget nyuruh gue menikah?" Lalu dia jawab "gue pengen makan prasmanan di nikahan lu". Jawaban yang sangat sangat menyebalkan ga sih? Jadi gue dulu berpikir fuck menikah. Ngapain pusing loh menikah lu diatur ini itu, stres banget ntar ga bebas main, gabisa jadi diri lu sendiri dsb. Tapi sekarang dia mengakui katanya dia kena karmanya karna nyuruh gue nikah muli, justru dia gabisa dateng ke nikahan gue. 

Lalu gue juga punya temen kuliah dulu, bagi undangan online dan dia dikasih doa sama temen sekelas. Apa yang dia bales ? "Makasih temen temen, semoga kalian juga segera menyusul?"
Wow kenapa menikah jadi ajang buru buru ya? Dan doa ini tuh selalu gue denger dimanapun. Entah pas dateng kondangan, atau ketika temen bagi undangan online bahkan sodara pun kayak gitu. Semakin disuruh gue semakin phobia sama menikah.

Gue pernah ditahap agresif menjawab pertanyaan orang atas suruhan menikah, padahal deep down gue merasa gue belum bisa menikah karena belum siap financial juga, gue masih jadi support financial secara keseluruhan keluarga gue saat ini. Jadi saat itu kalau pasangan gue milih pergi dengan apa yang udah gue jabarin kalau gue gabisa support dia secara financial full ya mending gausah nikah. Selain itu ketakutan akan perselingkuhan. Tapi sebelum nikah pun gue pernah merasakan sakitnya, jadi well phobia nikah mungkin memudar perlahan. Tapi gue menyadari penuh bahwa gue penuh ketakutan saat itu, isi otak gue acak acakan dna kusut.

Sahabat gue, namanya ayu dia sangat support gue punya pacar dan menikah. Tapi dia bahkan merasa gamau punya pacar, belum mau menikah. Gue jawab "take your time ayu. Punya pacar tuh nano nano rasanya. Kecewanya ada, bahagianya ada. Tapi stau hal yang aku pelajari, aku menemukan part aku yg ga aku temukan saat single. Karena mungkin masuk ke dalam masalah. Tapi alasan kamu karena belum mau punya pacar dan menikah itu hal wajar. Jadi jangan terburu buru sama waktunya orang. Do what u want". Gue menghargai keinginan dia untuk ga punya pacar apalagi menikah karena dia bilang belum siap secara keuangan. Gue fully support. 

Bahkan saat ini gue kalau diskusi sama ibu sama adik cewek yang ibu gue dengan pemikiran kolotnya "kalau kakamya nikah biasanya adeknya ikutan cepet nikah". Gue doktrin adek gue dengan bilang "engga, pacaran dulu aja. Pacaran aja bisa kecele apalagi nikah. Jangan terburu buru nikah. Karena pacaran aja capek. Inget umur lu ga tua. 24 taun itu belum tua. Bahkan 30 taun dna baru nikah pun ga tua kok. Jadi stop compare waktu kita sama orang lain. Fokus aja sama apa yang di mau. Tapi gue aja pacaran dulu 2 taun lebih baru nikah. Bagi gue pacaran tuh penting. Jadi daripada tergiur sama orang yang dateng ke rumah ngajak nikah buru buru, mending kenal deket sebagai temen main temen jalan aja dulu kalau cocok bisa pacaran dan menikah kalau engga yaudah bubar. As simple as that"

Balik ke gitsav, kalau dipikir pikir cruel statement dia bisa jadi karena ada rasa takut yang bikin dia kayak gitu. Bukan benci anak kecil, tapi takut ga sih jadi orang tua yang gak siap dikasih amanah besar gitu? Gue lebih suka penuturan jenn im yang awalnya dia memilih menunda punya anak taunya kebobolan dan dia cerita ketakutan ketakutan dia yang muncul kalau punya anak. Sekarang dia bahagia punya anak. Kalau liat iceberg anger, emang puncak emosi adanya di kemarahan, tapi kalau menyelami lebih dalam ada perasaan lain yang sesungguhnya itu yang lebih tepat.
Tapi menyadari emosi lain dibalik kemarahan itu PR banget karena otak kita terbiasa automatic pilot dan kita yang justru kebawa atas keputusan dan pemikiran pemikiran itu. Belum lagi kita terbiasa hidup ga enakan dan memilih berbohong bahkan sama diri sendiri. 

No comments:

Post a Comment