Sunday 23 October 2022

Birthday Wishes


Sounds like cheezy. Tapi ulang tahun kita jadi hari yang selalu dinanti buat dirayakan bareng. Karena kita ga punya tanggal jadian, jadi ga pernah rayain anniversary dan bukan anak remaja baru jadian juga sampe terlalu fokus sama anniversary. Cuma ulang tahun beneran jadi "our time". Tapi entah kenapa dari awal tahun sejak gue ulang tahun, itu jadi hari mengecewakan dan penuh sesak, cinta kecewa benci jadi satu yang jadi sadar tentang jangan terlalu berharap. Begitupun di hari spesial daynya dia. There's no surprise, love letter, or gift at all. Aku hanya datang bawa sekotak pizza naik busway dan bawa segenggam hati yang kecewa dan marah. Tahun ini bener bener jadi tamparan keras tentang hadirnya kekecewaan dan cinta satu sama lain. Kayak mau pergi tapi cinta, cinta tapi terluka satu sama lain sampai mikir apakah ini toxic? I hope we are not.

Menjalin hubungan bertahun tahun tentunya jadi tau kebiasaan satu sama lain dan lagi lagi perasaan gue selalu terpancar di raut wajah, he knows it, he always know. Harsh things terucap karena rasa kecewa, kayak jadi mikir "berhenti berharap seseorang berubah. You cannot change people", yang terlihat adalah kata maaf dan klarifikasi yang gak bisa gue percaya. Just because you said he/she is your friend doesn't mean you can doing flirt with him/her right? He said its because my overthinking, but I said its because he doing wrong again and it sucks. Kayak level kesabaran udah habis dan mampu mengikis rasa. Bahkan mati rasa jadi kata menyakitkan yang terucap untuk menggambarkan bertapa kecewanya gue. Entah kenapa gue jadi merasa kelabu akan masa depan. Gada jalan putar balik untuk mundur karena itu terlalu jahat dan udah banyak melibatkan orang lain. Tapi maju dengan perasaan setengah mati pun ga baik. Sampai akhirnya berpikir "kalau memang ditakdirkan berpisah, kita akan berpisah. Sekarang maju aja dulu"

Dulu di setiap love letter dia, gue selalu bilang "you are always be great man even with your vulnerability. There's moment tough days. But never lose hope". Untuk pria yang selalu gak menunjukkan sisi lemahnya, i know sometimes he tired. Dan hari harinya gelap karena kehilangan sesosok cahaya dari sang ayah dan pada akhirnya dia kehilangan dirinya. Melarikan diri dari masalah melalui kesenangan fana dan menyebabkan kehancuran gak bikin masalah hilang bukan? Justru menimbulkan masalah baru yang gak pernah hilang. But he done. Sampai gue selalu bilang "stop rely on to somebody, berubahlah jadi baik untuk diri sendiri. Not for me. Because someday Maybe I will go. Karena kenyataannya adalah people come and go. Bukan berniat meninggalkan dia, tapi kenyataan pahit semua orang akan pergi meninggalkan kita itu harus diterima. Jadi ketika orang itu pergi. Kepergiannya ga bikin kita ikut terbawa sebagian jati diri". 

Tapi kalimat dia entag kenapa bikin lebih bersyukur bukan kecewa, dia bilang "kalaupun kamu pergi, aku gakan kembali ke masa kelam. Karena aku sekarang berubah bukan buat kamu tapi buat diri aku seperti yang kamu bilang. Dan aku bangga akan itu. Aku menikmati perubahan itu". Such blessing? Can I feel bless about his statement? Aku harap benar, dia menikmati perubahan baiknya dan terus membuat dirinya membaik seiring berjalannya waktu. Aku ingin dia bercahaya dan menerangi diri dia. Aku juga ingin dia bisa lebih taking care and love his self sehingga membuat hubungan jadi secure. Karena seseorang yang punya self awareness, terbiasa taking care they self akan bisa memberikan hal baik kepada pasangannya dan aplikasi "saling" pun akan lebih terealisasi. Akupun masih belajar taking care and my self untuk lebih bisa memberikan rasa aman kepada hubungan terutama dia.

Tahun ini, ternyata kita menjadi 2 manusia yang saling menyakiti, saling ga pernah puas dan saling menyalahkan. Muaranya kekecewaan. Dari sisiku, aku kecewa atas hal yang dia lakukan. Dari sisinya, dia kecewa atas perbuatan yang aku lakukan. 

Doaku tahun ini tetep sama "Tuhan, ya Allah tolong lindungi dia selalu dari apapun yang buruk yang bisa terjadi kepadanya. Beri dia self awareness yang tinggi untuk lebih bisa memilah hal baik buruk secara sadar tanpa akhirnya menemukan penyesalan. Jangan biarkan dia memilih hal buruk yang bisa menghancurkan diri dia di masa depan. Jangan biarkan dia membuang waktunya secara percuma untuk hal tidak berguna yang bisa memberikan dampak buruk. Biarkan dia bersinar dengan terang dan menggapai mimpinya. Bantu dia menemukan jalan menuju masa depan indah, jangan biarkan dia tersesat. Tolong bantu dia jadi imam yang baik, tolong bantu dia jadi suami dan ayah yang baik. Aku ingin mencintainya sambil tak henti menghormatinya. Aku ingin menghabiskan waktu dengannya tanpa rasa membenci. Jangan biarkan dia menghadapi penyesalan dan berulang kali ucap maaf atas kelalaian, kekhilafan dan kesalahan. Tolong bantu dia menyeimbangkan pikiran, hati, perilaku dan ucapannya. Tolong jaga pria ini untuk menjadi versi terbaik dalam hidupnya. Tolong jangan biarkan lisannya terbiasa berbohong dan membuatku ingin menyerah"

Dear you, kamu sangat amat menguji batas sabar dan kamu yang membuat aku ingin membunuh sisi baik yang telah ku berikan selama ini. Entah berapa kali pikiran ingin menyerah itu hadir. Tapi banyak tempat yang ingin kukunjungi bersama, banyak film yang ingin kutonton dan banyak makanan yang ingin dirasakan bareng. Kamu lebih dari diri kamu dan masalalu kelam, jangan biarkan hal itu merenggut jati diri kamu. Kamu tau betapa aku percaya intuisi aku betapa baiknya kamu. Berhenti membuang waktu percuma untuk hal tidak berguna yang pada akhirnya menyengsarakan kamu. Kejar mimpi kamu, bulatkan tekad kamu, jadi yang terbaik yang membuat diri kamu bangga. Aku bangga dan tau perubahan kamu sejauh apa. Tapi aku manusia biasa yang punya batas sabar, jangan menguji aku dan membuat aku mati rasa hingga menghentikan paksa cinta. Suatu hari nanti, kamu akan menemukan titik satu persatu mimpi kamu jadi nyata as if kamu menjalani masa kini dengan benar. Maaf atas semua kalimat menyakitkan yang seringkali terlontar. Tapi kamu begitu berarti buat aku, buat keluarga kamu terlebih buat diri kamu sendiri. Yuk bisa sejak 2023 jadi pribadi lebih baik lagi. Im here always untuk kamu yang berubah jadi baik ❤

No comments:

Post a Comment