Wednesday 14 February 2024

Finding The Answer Part 1

Gak pernah terbayangkan di benak gue untuk menjalani hari seperti ibu/mamah yang merawat orang lain sakit. Dan tahun inu gue alami. Rasanya complicated. Capeknya fisik tentu gabisa dijelaskan lagi. Beneran lelah banget. Yang bikin lelah adalah kewajiban lo sebagai karyawqn tentu ga hilang. 

Awal tahun jadi awal bulan dimana gue menghadapi 2 orang yang gue sayang sakit, suami dan anak. Masuk RS Gantian. Gue sangat tau namanya hidup apalagi dalam pernikahan yang notabenenya tempat mencari ladang pahala pasti diuji dan ujiannya beraneka ragam. Dan gue tipe yg flight ini memang dari dulu takut masuk pernikahan karena gamau merasakan ujiannya, kayak mau selow2 aja guetuh hidup. Gue sangat ingat ketika kaka kelas gue udh punya anak eh taunya dia kena kanker tulang sampe harus jadi disabilitas dan pake kaki palsu. Gue juga ingat dimana temen gue dah punya anak, tapi suami dan dianya gapunya uang bahkan ga kerja. Dan masih banyak lagi cerita2 yang mana gue takut. Gue bahkan meragukan diri gue kuat menghadapi badai2 dalam pernikahan. Karena masalah gue itu flight dan issue itu ga pernah kelar walaupun gue sempet ke psikiater. 

Gue takut dalam pernikahan ujian gue itu tidak sanggup gue hadapi dan membuat gue malah kabur. Gue sering membayangkan ujian apa yang akan Allah kasih ke gue biar gue ada prepare gitu. Tapi clueless gada coy. Tahun lalu gue hamil sampe maboknya parah dan gue rasa itu ujian pertama gue buat ke tahap lulus sebagai manusia yang sabar.fak sabar. Lalu gue sempat takut ga dikasih anak cepet, but allah titipkan amanah ini ke gue dan gue feeling bless! Gue juga takut soal ekonomi dan keuangan, dan tahun lalu pun diuji itu karena adik ipar tapi perlahan solved! Trus gue kembali takut "ini bisa bisa dikasih lagi biar terus naik kelas" dan bener aja voila. Ujiannya gabungan ekonomu, kesabaran, kesehatan bahkan fisik.

Di awal january, suami gue yang udah operasi abses di bokong mengalami sakit lagi dan ternyata bekas operasi itu komplikasi jadi fistula ani. Yang awalnya cuma satu jadi ada 2. Ya kayak jerawat pecah satu muncul satu lagi. Dan itu bikin frustasi dan tentunya untuk gue yang udah mulai bekerja, alhamdulillah dapet circle yang baik bgt. Bener2 support gue yang baru nyemplung jadi istri & ibu tapi dihadapkan suami opwrasi besar lagi. Bahkan kaka ipar gue yang nyemangatin gue yang bikin gue barunsadar ternyata gue ga nangis bukan karena kuat, tapi gue terlalu sibuk sana sini sampe gue ga liat ke dalam diri. Di benak gue ga pernah gue merasakan pengen ga peduli sama paksu, gue cuma pengen dia sembuh. Gue temani ke dokter, gue bulak balik rs rumah, pulang kehujanan gue terjang demi anak karena gue tau dedek pasti nungguin gue. Pas paksu di ruang operasi gue nunggu sampe dia keluar karena gue takut dia kenapa2 dan operasinya lama, itupunn gue sambil kerja. Kebayang ga sih pusingnya. Gue jadi lebih sering ijin WFH (work from hospital). 
Gue pas bqca chat kaka ipar cuma bisa berdoa "ya Allah ini aku lagi diuji ya? Karena Allah tau aku ga sabaran ya? Tapi gapapa deh yq Allah kalau emamg buat nguji kesabaran, tqpi pliss sembuhin suami aku". Dan pas keluar ruang operasi masuk kamar ternyata paksu gadibolehin minum dulu. Klopun makan aja cuma susu. Bayangin betapa lapernya dia. Dan twntu lapernya jadi cranky. Dia marah dan ngebentak mamah dan bilang dia mungkin akan operasi lagi karna ga pake rekaman MRI. Gue yg awalnya baik2 jadi males dan balik ngebentak. Pas pulang pun gue ga ngabarin tapi cuma update status wa dimana basah kuyup kehujanan demi ketemu anak. Dan membuat dia bales dan chatnya penuh kehangatan, dia yang gue kenal dan gue pilih karena perilakunya yg ini, dia yg selalu minta gue update kalau udah sampe buat ngabarin dia. Seketika rasa marah gue yg menggebu hilang setelah dia chat.

Gue tau betapa frustasinya dia, betapa lelahnya dia harus menjalani operasi, makanya gue ingin selalu ada buat dia tau kalau dia walaupun kepala keluarga, dia bisa berbagi beban, ada orang yang nunggu dan peluk dia kalau dia kesakitan, ada orang yang mau taking care dia. Tapi sifat toxic masculinity itu bikin dia jadi uring uringan marah2 ga jelas dan jadinyq toxic. Dia bahkan marah ketika gue minta dia ditungguin mamah dan dirawat di rs itu gabisa bulak balik itu melelahkan bgt buat kita belum lagi ongkosnya.tapi gue rasa di saat dia begitu dia tetep mikirin orang lain dan kesel "why dia harus sakit. Bikin mamah nginep. Bikin gue bulqk balik. Dwn tentunya bikin dia jauh dr pucu". Gue ingin dia sebagai pasien udh duduk diem nurut gausah pengen ABCD, gausah ga disiplin, gausah marah2 gajelas. Tapi syusah. Alhasil gue yang kalau dibentqk bisa bentak balik saking emosinya. Jadi ya ributlaah.


No comments:

Post a Comment