Sunday 10 April 2016

Spotlight, Bicara Ketika Dunia Bungkam



Rating : 8.2/10
Genre : Biografi, Drama
Sutradara/ Penulis : Tom McCarthy/ Josh Singer
Pemain : Rachel McAdams, Liev Schreiber, Liev Schreiber, Michael Keaton, Stanley Tuccim , Billy Crudup, John Slattery
Durasi  : 128 Menit
Rilis : 6 November 2015


Kali ini Tom McCarthy menyuguhkan kisah nyata mengenai tim investigasi spotlight di Koran Boston yang merupakan koran harian lokal Amerika Serikat. Tim ini mendapat tugas dari editor baru - Marty Baron (Liev Schreiber) untuk melakukan penyelidikan mengenai pelecehan seksual yang dilakukan Pastur Gereja Katolik kepada anak di bawah umur. Penyelidikan yang dilakukan selama setahun ini menyingkap fakta setelah selama bertahun-tahun lamanya ditutupi oleh media, polisi, sistem hukum pemerintahan Boston, hingga tingkat tertinggi gereja katolik.
Film yang diarahkan oleh Tom McCarthy ini menunjukkan bagaimana cara kerja sesungguhnya di dunia jurnalistik. Salah satunya yaitu dengan kerja tim yang solid untuk mendapatkan hasil pencapaian yang maksimal. Upaya tim investigasi spotlight berisikan editor dan wartawan Walter V. Robinson (Michael Keaton), Michael Rezendes (Mark Ruffalo), Sacha Pfeiffer (Rachel McAdams), dan Matty Carroll (Brian d'Arcy James), yang mencoba melihat, menggali, dan mengungkapkan informasi dari tuduhan pelecehan tersebut. 
Tom ingin menyampaikan bahwa seorang jurnalis pun juga harus dituntut berani menyuarakan kebenaran dan mengungkapkan fakta ke publik. Meskipun dalam proses kinerja Tim Spotlight yang kuat tidak jarang banyak menghadapi kesulitan. Namun pada akhirnya kerja keras mereka dalam mempublikasikan kasus itu dalam headline Koran Boston Globe yang bertuliskan “Church allowed abuse by priest for years.” membuahkan Pulitzer Prize for Public Service pada tahun 2003. 
Film ini dikemas dengan sederhana, namun menjelang konflik dalam isi cerita pemain dihadapkan pada satu masalah karena tidak dapat menemukan dokumen yang menjadi kunci kasus tersebut mengenai pelecehan yang dilakukan pastur serta beberapa pihak yang tidak ingin mengungkapkan kebenaran dari kasus tersebut.
Meskipun isi informasi dari topik cerita terkesan sangat berat, namun film ini berakhir dengan kesan yang apik dan cocok untuk ditonton oleh untuk pecinta film drama dan biografi.

No comments:

Post a Comment