Monday 26 March 2018

Review Drama Korea Radio Romance "Cinta Pertama Yang Bersemi Kembali"


Setelah menjadi cameo di While You Were Sleeping dan first lead female di Ruler : Master of the mask, Dede Kim So Hyun akhirnya ngedrama lagi bareng oppa tampan Yoon Doo joon (Highlight). Gue sangat amat penasaran nonton dramanya mereka, karena pasti semua drama Kim So Hyun tuh gue suka. Secara keseluruhan drama ini jelas ingin menceritakan kisah percintaan di dalam stasiun radio. 

1. Plot
Drama ini menceritakan kisah seorang selebriti populer yang menjadi DJ Radio, Ji Soo Ho (Yoon Doo Joon). Ia mengalami luka di masa kecil sehingga menyebabkan dia sama sekali tidak pernah menunjukkan dirinya yang sebenarnya, dia trauma akan masa kecilnya sehingga mengalami depresi dan insomnia. Namun setelah bekerja di stasiun radio, lama-lama lukanya terobati dan Ia bisa terbuka tentang perasaannya. Ji Soo Ho akan bekerja sama dengan seorang penulis program radio bernama Song Geu rim (Kim So Hyun). Song Geurim sudah bekerja di stasiun radio selama 5 tahun namun masih saja menjadi asisten penulis, dan hanya menjadi suruhan senior untuk mengerjakan tugas yang tidak berkaitan dengan script. Padahal impiannya adalah menjadi penulis utama program radio, Ia ingin menggambarkan keindahan dunia untuk orang-orang yang mendengarkan melalui radio. Ia sangat menyukai radio, bahkan baginya radio sangat berharga karena setelah ibunya mengalami kebutaan saat Ia kecil, Geurim dan ibunya menikmati waktu berdua sambil mendengarkan radio. Meskipun Geurim berhasil merekrut bintang papan atas Ji Soo Ho menjadi DJ, bekerja sama dengan Soo Ho bukanlah hal yang mudah. Geurim sering merasa kecewa sampai akhirnya ada benih-benih cinta yang muncul diantara keduanya.

2. Karakter

Yoon Do Joon Sebagai Ji Soo Ho
Sebagai idol sekaligus leader Highlight (dulunya Beast), Do Joon ini udah lama terjun ke dunia akting dan aktingnya bagus banget udah sangat amat natural. Drama terkenal yang diperanin Do Joon adalah Let's Eat dan Let's Eat 2. Meskipun perannya di Radio romance berbanding terbalik dari perannya di Let's Eat tapi akting Do Joon luar biasa banget! Do Joon berperan sebagai Ji Soo Ho, aktor terkenal yang mengalami trauma masa kecil karena saat ulang tahunnya ibu yang dianggapnya kandung ternyata mengatakan bahwa Ia bukan ibu kandungnya. Ayahnya seorang playboy yang main belakang dengan aktris-aktris muda bahkan lawan mainnya Soo Ho pun diembat. Keluarganya sangat berantakan, tapi mereka harus berpura-pura menjadi keluarga yang harmonis untuk mendapat simpati dan cinta dari masyarakat, bahkan keluarga Ji Soo Ho disebut-sebut sebagai keluarga ideal yang diimpikan oleh semua orang. Selain masalah keluarga, ternyata Soo Ho juga punya trauma kehilangan teman masa kecilnya yang harus meninggal tertabrak mobil karena dirinya. Sehingga trauma tersebut membuat dia depresi, insomnia bahkan lebih sering tersenyum meskipun sedang marah (mungkin karena terbiasa pakai topeng ya), ji soo ho tumbuh tanpa cinta, jadi membuatnya bersikap dingin terhadap semua orang, Ia juga menjadi boneka ibunya agar menuruti kemauan ibunya.


Kim So Hyun Sebagai Song Geu Rim
Kim So Hyun dalam drama ini berperan sebagai asisten penulis yang tidak diakui bakat menulisnya, hanya bakat menggaet DJ saja. Bahkan Song Geu Rim disuruh-suruh oleh penulis utama untuk membeli makanan, bagi-bagi hadiah pokoknya diluar tugas asisten penulis. Tapi karena Geu Rim baik hati, makanya dia gabisa nolak apalagi yang nyuruh atasannya sendiri alias sunbaenya. Song Geu rim ini digambarin dengan gadis yang pantang menyerah, periang, dan tangguh. Geu rim bahkan rela menjadi pemeran pengganti wanita untuk masuk kedalam air agar di notice Soo Ho sehingga Soo Ho mau jadi DJ di program radionya. Kim So Hyun bagi gue adalah dede unyu dan setelah puber jadi gadis cantik dan di semua film maupun dramanya, So Hyun ini cantik banget. Tapi kecantikan dia di Radio Romance entah kenapa gak muncul ya di mata gue. Gue lebih merasa dia jadi lebih tembem gitu (mianhae), gue terganggu sama visual dia entah mungkin karna rambutnya atau emang dia jadi tembem jadi muka dia berisi gitu, tapi aktingnya luar biasa, bagus banget! gak heran toh dia dari kecil udah nyemplung ke dunia akting. 


 Yoon Park Sebagai Lee Gang
 
 Pertama kali gue liat dia di drama Come Back Mister kemudian di drama Introvert Boss dan akting disana jadi pria yang penuh wibawa tapi ketika di drama ini berperan jadi Lee Gang yang absurd banget, pakaiannya gak pernah rapi, cara ngomongnya anti mainstream apalagi sering bilang "namaste", berkesan banget sih. Apalagi setelah adegan di tolak cintanya, ikut sakit cetit-cetit pemirsa di rumah. Lee Gang ini tipikal orang yang gak pernah mendengarkan orang lain, cuek, acuh. Dia selalu menganggap Song Geu rim punya potensi sebagai seorang penulis dan setelah pulang dari India, dia mewujudkannya, dia membuat Geu Rim jadi penulis utama yang tugasnya adalah menulis script. Sangat disayangkan, Lee Gang yang perhatian sama Geu Rim tapi gak ditunjukkin perhatiannya justru akhirnya membuat pernyataan cintanya telat banget *kayak scene drama sebelah kepentok lampu merah, If you know what I mean *. Jadi kalau suka sama seseorang, kalau si cewek lagi sakit jangan kayak Lee Gang pura-pura minta ditaroin jaketnya padahal niatnya biar si cewek pake, atau pura-pura dia minum obat flu padahal mah care biar si cewek minum obat, dan masih banyak lainnya. Menggemaskan sekali emang Lee Gang ini.

Yura Sebagai Jin Tae Ri
Terkenal sebagai idol, gak membuat akting Yura ini jelek. Justru akting dia sebagai cewek nyebelin dapet banget feelnya. Gue sebagai penonton kesel sendiri kalau ngeliat dia haha. Jin Tae Ri ini gue kira akan jadi second lead female yang merebut cinta first lead dengan berbagai cara, eh ternyata diriku salah sangka. Dia cuma mau orang-orang gak melupakan dia sebagai aktris, dia cuma mau terkenal dengan berbagai cara salah satunya mengancam Soo Ho. Padahal dia hatinya rapuh, penuh luka juga karna merupakan korban broken home. Meskipun caranya salah, untuk ada Kim Joon Woo oppa yang menenangkan dan selalu ada untuk Tae Ri. Meskipun gue bingung kenapa si Tae Ri ini keukeuh manggil ahjussi bukannya oppa, Soo Ho aja manggil doi hyung kok *aku kan jadi penasaran berapa umurnya doi*


Ha Joon Sebagai Kim Joon Woo
 
pria satu ini emang memanggil naluri wanita-wanita diluar sana untuk kepo sedalam-dalamnya tentang oppa ini, menarik perhatian banget soalnya. Scene awal sih emang jarang ngomong bahkan hampir ga pernah ngomong cuma ngangguk, nunduk terus pergi, tipe-tipe bodyguard alias manajer yang tunduk banget apa kata bosslah. Tapi setelah banyak scene dengan Jin Tae Ri dan bahkan scene membela Tae Ri di depan producer playboy bikin pemirsa *gue maksudnya* tertarik banget sama dia. Eh taunya lama-lama cinlok juga sama Tae Ri. Dan gue kira, dia ini jahat gitu kaitannya sama Soo Ho eh ternyata dia ada di sisi Soo Ho dan selalu ada buat Soo Ho bukan lagi suruhan ibunya Soo Ho *prokprokprok*
Scene ngajak putus gajadi eh taunya scene lamaran romantis ^^



Kwak Dong Yeon Sebagai Jason
 
Lagi-lagi gue negatif thinking tentang dia, gue kira Jason ini jahat abis dia ternyata dalang yang mengirim surat "Ji Soo Ho membunuh Woo Ji Woo". Tapi ternyata dia adalah orang suruhan ibunya Soo Ho *again*, dan tugasnya adalah membuat laporan terkait perkembangan psikologis Soo Ho. Bahkan dia juga membuat masalah psikologis Soo Ho jadi bahan study dia loh, jahat sih padahal dianggap temen sama Soo Ho. Pertanyaan gue, kok bisa ya tiba-tiba mereka berteman? apakah mereka Temen SD?atau SMP? atau SMA? tapi bukannya Soo Ho gak ikut sekolah umum ya? terus nemu di mana tuh Jason haha, kenapa Soo Ho langsung percaya ya dan mempersilakan Jason tinggal dirumahnya. 

Other Cast
Orang Tua Soo Ho 




Nam Joo Ha meskipun bukan ibu kandung Soo Ho gue merasa dia ada perasaan tulus sayang sama Soo Ho, apalagi ketika bapaknya selalu nyalahin Soo Ho pasti ibunya membela, dan bapaknya Ji Yoon Seok ini nyebelin banget. Udah ngasih luka sama istrinya, ngasih luka pula ke anak kandungnya, hobinya main cewek terus. Tapi mereka harus akting di depan kamera bahwa keluarganya baik-baik aja padahal sama sekali gak baik.

Ibunya Song Geu Rim, Jo Ae Ran
tipe ibu yang luar biasa sih, selalu mendukung anaknya apapun jalan yang anaknya tempuh. Salah satu alasan Song Geu rim ingin menjadi penulis di radio adalah ingin menggambarkan kondisi yang ada untuk ornag-orang yang tidak bisa melihat, seperti kondisi ibunya. 


Couple Writer-PDnim, Lala dan Lee Seung Soo
 
Mereka ini tipe couple yang cocok banget, lala hobi banget menekan Geu rim dan selalu bilang kalau dia gak cocok jadi penulis padahal Lala belum pernah sekalipun baca tulisan Geu rim. Dan Lee Seung Soo selalu saingan sama Lee Gang dan juga temen sekolahnya Lee gang. Lucunya adalah mereka pernah menikah tapi udah cerai, masih ada getaran cinta tapi pada egois jadi gak mau bilang satu sama lain kalau masih sama-sama peduli dan sayang. 

Ji Soo Ho Muda (Nam Da Reum)
 Siapa yang gak tertarik sama dedek gemes nan mempesona ini? Nam Da Reum meski umur baru 16 tahun tapi akting dia luar biasa, luar biasa bikin nagih, bikin kesemsem, bikin ingin menyayangi dia sepenuh hati, noona-noona diluar sana pasti berebut ingin memiliki dongsaeng seperti Nam Da Reum. Apalagi kalau scene flashback Ji Soo Ho, meskipun cuma scene Nam Da Reum lagi senyum atau menatap sedih, noona ikutan merasakan itu. Daya tarik pertama drama ini memang ada di Nam Da Reum ^^. Aktingnya luar biasa emang dedek Nam Da Reum ini, tahun kemarin aja dapet best child actor, semoga tahun ini dia kembali menyambet penghargaan lagi ya. 

Song Geu Rim muda ( Lee Re)
Umur masih 12 tapi udah jago akting, gue kira dia seumuran sama Nam Da Reum atau setidaknya cuma beda satu atau dua tahunlah ternyata beda 4 tahun. Dan dia ini adalah anak kecil yang juga pernah akting bareng Yoon Park dan dijoget-in Me Gustas Tu sama Yoon Park dan Rain. Pangling deh, ngeliat dia cantik banget gitu. Akting sama Nam Da Reumnya juga oke banget.
3. Ending
 Kalau secara subjektif, gue bilang drama ini tergolong biasa aja karena gak membekas di hati gue sama sekali. Justru drama ini kuat di episode awal dan akhir yang mengiris hati, karna membuat penonton berempati sama tokoh Ji Soo Ho. Apalagi ketika scene flashback Ji Soo Ho atas trauma masa kecilnya, kemudian bentukan Ji Soo Ho saat ini. Dan Scene di ending ketika Ji Soo Ho konferensi pers untuk menyatakan bahwa emang bener keluarganya selama ini pakai topeng, menunjukkan keharmonisan keluarganya sehingga orang-orang merasa mendambakan keluarga Ji Soo Ho, dan dambaan orang-orang tersebut dipergunakan agar Ji Soo Ho makin terkenal. Meskipun Ji Soo Ho disini hanyalah korban atasnya jahatnya ayahnya dan keegoisan ibunya. Drama ini lebih menekankan ada cinlok antara DJ dan penulis scripnya, tapi ternyata mereka bukan cinlok biasa, mereka adalah 2 insan manusia yang menemukan kembali cinta pertamanya. Dan tentu saja akan banyak sekali adegan romantis bikin ngiri di posisi Geu rim. Dan gue paling suka ketika Ji Soo Ho bilang "kenapa aku harus minta maaf karena menyukai seseorang. Kamu mungkin berpikir aku egois, tapi ini kali pertama dalam hidupku. jadi aku memutuskan untuk menyukainya saja" setelah ada seorang penggemar yang gak suka atas skandal hubungan percintaan Soo Ho dengan Geu rim. Seorang penggemar emang sangat dibutuhkan oleh idol, aktor maupun aktris dan beberapa orang terkenal lainnya, tapi bukan berarti bisa ikut campur dan menekan hak pribadi setiap orang dong? Ji Soo Ho punya hak untuk milih siapa yang dia suka, dan meskipun sebagai seorang fans merasa patah hati, lebih baik dukung saja bukannya mengancam. kan kasian Ji Soo Ho masa udah jatuh ketimpa tangga pula *pukpukpuk*. 

Dan drama ini erat pesan moral tentang kegagalan adalah awal keberhasilan. Seperti kutipan dari DJ Moon Sung Woo " Sebenernya Post it adalah produk gagal selagi mencoba membuat perekat kuat. Itu adalah kegagalan yang menjadi keberhasilan. Teruslah berkecimpung di dalam hal yang menurutmu kegagalan, agar kamu bisa mengubah kegagalan itu menjadi keberhasilan". Kalau untuk hiburan, drama ini tergolong biasa aja, tapi kalau untuk menyiratkan pesan moral yang dalam, drama ini patut dicoba. Terutama bisa liat akting Doo Joon yang minta dilimpahi kasih sayang, karena aktingnya beda banget dari Let's Eat. Apalagi kalau akting Doo Joon lagi cemburu gitu menggemaskan. Ini hanya dilihat dari kacamata penulis ya teman-teman, setiap orang punya pandangan masing-masing, karena balik lagi ke selera ^^. Annyeong!

Rate : 7.5/10 
 

No comments:

Post a Comment