Friday 26 April 2024

Dark Side Working Mom

Pagi ini ada satu pesan singkat dari adik yang bilang apakah tante yang jaga ghava itu emang ijin hari ini ga masuk? Seketika baru bangun tidur dan kaget kek "WTF?". Karena semalem ibu dikabarin uwa yang akan ke bandung hari ini pagi ini. Which mean gakan pergi sendiri dong? pasti naik mobil barengan. Dan jam 6 kurang 8 menit baru ngabarin kalau ijin otw bandung karena salah satunya suaminya weekend gabisa? fak ga sih? anjir!! rasanya gue pengen maki2 marah2 depan mukanya! "gue bayar lu anjir, dan elu lebih milih pergi ke bandung?". 

Again masalah gue ke orang orang adalah gue gajadi prioritas. at the end ya gue tuh jadi males banget bergantung sama orang dan gue jadi lebih milih bergantung pada duniawi alias duit. Dan setelah hati panas banget marah, yang gue lakukan apa? bawa laptop ke depan buat kerja. kebayang ga sih? pelarian gue bahkan sampe saat ini selalu kerja. Gue bahkan ke kamar dedek buat regulasi emosi biar ga marah2 gajelas. PErtama disaat gue kek dikhianatin gini, gue udah kebayang respon paksu yang akan "gimana sih si tante, dan blablabla" udah kebayang nambah beban gue dan berakhir gue ngomong sambil keluar air mata. Fak niat tegar gakan pake emosional ini malah bukan marah2 malah nangis. Shit gue kenapa kek hae in juga pada akhirnya. dan respon paksu justru tenang dan diluar ekspektasi. Lalu dia meluk gue dan nanya apa yang gue mau. Seketika emosi gue yang udah mendidih nyampe ubun2 malah jadi reda karna dipeluk. Emang ya apapun masalahnya pelukan solusinya. wkwk

Aniwei,gue bener2 ditahap kesel karena jadi orang terakhir yang tau dengan alasan HP rusak. dikata gue orang goblok terima alasan aneh. toh bisa kan vn, bisa kan ke rumah toh deket juga rumah. bukan udah dimobil trus lu ijin, itu sih sama aja goblok. huft namaste. gue rasa gue emang ditahap bener2 ngamuk kesel banget ama idup. kurang meditasi rasanya dalem diri gue bener2 ngamuk. Gue bahkan bilang ke temen kantor buat spa massage karena kepala gue udah mau meledak. Gue bener2 capek.

Yang bikin gue tambah emosi adalah disaat dia ijin dadakan, dan gue bilang soal prioritas. Terucap "mamah kemana?". gue saking keselnya gue bilang kalau prioritas jaga ghava itu tante yang emang gue bayar. Kedua tentu ibu karena rela jauh dari hp demi dedek. ketiga baru orang lain. gue paling ga suka sama orang yang ga totalitas dan ga profesional. karena gue totalitas dan profesional. gue sampe bilang karena dia ke bandung apa harus gue yang berkorban gak kerja? fak banget lu anjir!

Beberapa hari lalu gue dapet project freelance dari temen dan gue bilang ke paksu kalau ini tuh EOD deadlinenya, kalimat dia nyepelein karena ini kerjaan dari temen dan bisa disubmit bahkan jam 1 malem. disitu gue ga suka dan gue ngomel2. Bagi gue ketika deadline itu EOD gue harus bisa submit bahkan jam 10 malem. gabisa akhirnya mundur, itu bukan gue banget dan gue ga suka track record gue buruk. gue aja di rs masih submit report padahal dirawat karna gerd dan lagi hamil. Again, gue lagi2 kayak melihat gambaran hae in yang idupnya kerja kerja kerja. Dan setiap project kalau paksu ikut, tentu jamnya harus ikut gue, deadline tugas dan detailnya. gue gabisa kerja sama orang yang leyeh-leyeh dan nyepelein. That's why gue selalu ngajarin ke adik2 gue soal time management. duti jadi berubah dan jadi tangan kanan bosnya, skrg adek bungsu gue juga jadi aktif di kampus dan cari freelance dengan edit2 video. dan gue sangat hepi bukan karna adik gue bisa mandiri dan cari uang sendiri, tapi gue seneng karena apa yang gue ajarin soal time management, soal lu gabisa ngandelin orang lain buat dapetin apa yg lo mau, gabisa bergantung ke orang lain dan soal explore banyak hal soal networking soal nambah uang dengan membuka opportunity. Dan karena gue tipe yang saklek, emosional, keukeuh kerasa kepala dan galak, gue terbalut dengan diri gue yang keras padahal mah butuh juga sandaran. 

beberapa hari ini bahkan jadi terbuka obrolan dengan temen kantor gue, dari curhatan temen yang marah soal pacarnya dan salah satu temen gue bilang "duh kamu bersyukurlah masih pacaran belum menikah, kalau pacaran mah masih bisa putus. kalau nikah udah susah". dan membuka curhatan ibu2 bekerja yang sungguh capek sekali. Capek ngadepin anak, capek juga karena ngurus rumah. kayak gada kerjaan yang abis2. ya lo tanggung jawab sama bos dikantor lalu juga anak. Dan keluarlah jurus curhatan gue yang bilang kalau dulu paksu pas gue hamil bilang kalau gue ya ibu yang bekerja. status ibu itu gakan lepas dari gue, even paksu ga banyak nuntut buat dia.

Dan memang rasanya melelahkan, karena ya gue masak mpasi, ya gue kerja juga cari duit, ya gue juga ngurus suami, weekend juga masak apalagi suka menyenangkan suami. Sampe di titik gue capek dan ingin rehat. gue bahkan ambil freelance juga buat tambahan rumah kan. biaya anak bukan hal yang kecil toh? yang mana paksu tentu tau soal itu. biaya harian tentu ga sedikit. Apa yang gue lakukan pun ga kecil. Gue kerja iya, ngurus anak iya, ngurus suami juga. Dan meminta dijemput kayak yang gue minta waktu itu kan bukan hal yang berat sebagai feedback right? Karena rasanya melelahkan juggling satu dengan yang lain. Sampe dititik otak gue rasanya bilang "anjirlah ini gue kuat banget ada diposisi begini". gue bahkan me time nonton cuma QoT di weekend, gue ga kaya paksu yang bisa sekrol2 sosmed, gue sekrol sosmed buat kerja. Semua yang gue lakukan kerja tiada henti. Sampe gue saking gue capeknya sama idup gue sendiri "gaes kita sepertinya butuh spa". 

gue gatau apakah hormon yang bikin gue sedih karena status gue mom working dengan pekerjaan tiada henti. atau gue sedih karena bahkan gue buat cerita unek2 gue aja berat ke paksu karena dia sibuk main hp dikasur dan gue merindukan kita ngobrol lagi sebelum tidur. atau gue sedih karena bahkan gue kekurangan waktu buat diri gue? atau gue kesepiankah ditambah capek kerja cari uang juga. inginnya tentu gue bisa duduk manis dapet uang dari suami yang banyak bisa beli ini itu bisa dianter jemput bukan gue yang juga bekerja keras. That's why gue kesel sama paksu saat dia menyepelekan soal submit kerjaan lewat EOD karena ini dari temen gue. kayak dia yang pengen dicariin freelance, tapi effort dia masa gabisa seeffort gue sih, memulai duluan. karena dikantor aja gue meeting sambil buka deck, sambil explore buat nyari ide. hanya karena dia terbiasa procrastination, ya gue gabisa kayak gitu. so that's why gue mengusir dia dari kamar yang lagi sekrol2 hp. gue bahkan ga punya privillige itu. Jadi tentunya gue ingin di benak dia "dia kepala keluarga, pencari nafkah utama yang mana itu kewahiban dia dan setiap opportunity harus dia ambil dan gabisa dia sia-siain. hanya karena istrinya juga membantu bekerja, apalagi membantukan dia buat dapetin e-wallet dari activity, membantu buat ada project, so ya effort dia tentu harus setara sama gue yang mana memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin"

kantor tuh jadi tempat gue release setiap emosi terhadap kehidupan gue, endingnya adalah membentuk diri gue yang kayak dulu lagi, coping mechanism gue adalah bekerja. dan tentu ini ga bagus kan? jangan sampe gue jadi lebih betah bekerja dan ke kantor kan hanya karena copy mechanism gue ini.

tapi yaa, gue akuin memang IRT sibuk ngurus rumah dan anak dan stres gada peralihan lain dan cuma suaminya. Cuma yang namanya suami yakan, apalagi di soicety kita ini lebih senengnya main sama hp dibanding sama istrinya. jadi emang sebagai istri harus punya kebahagiaan lain, jadi banyak istri2 dan ibu2 diluar sana stres banget ama kehidupannya. ditambah ibu bekerja juga, kerja buat membantu suami. aniwei bahkan gue gaboleh niat kayak gitu kalau kata ustad2, bisa bikin rejeki suami seret. Tapi paksu kan ga percaya bahkan, di dunia ini bahkan banyak suami2 ga percaya kalau ngasih lebih ke istri, nyenengin istri, banyak jajanin, beliin ini itu bikin rejeki suami lancar. Apalagi kalau istrinya kerja pasti di otaknya para2 suami itu mikirnya "bisa beli skin care sendiri, bisa beli jajan sendiri, bisa kemana2 sendiri". dan ya gewees dah. daripada berdebat karena ga percaya ustad2 di dunia ini yakan, mending sekalian ga percaya surga neraka atau pahala dah. gewees.

buat gue.

karena gue rasa gue otw gila 

No comments:

Post a Comment