Sunday 18 December 2016

Dunia Si Tingkat Akhir

Desember adalah bulan akhir tahun 2016 sekaligus early warning yang menandakan kalau saat ini saya udah memasuki dunia tingkat akhir dimana akan ada seminar proposal yang segera tiba, penelitian di awal tahun, skripsi, seminar akhir, sidang, dan wisuda. kalau dibayang-bayang kayaknya gampang gitu tapi kenyataannya sih yaa emm nikmati ajalah. Langkah demi langkah harus dilalui, padahal baru langkah awal>>> Seminar proposal penelitian.

Berhubung saat ini saya udah demisioner dari jabatan pimpinan produksi cetak Koran Kampus (yeyeye, tapi sedih rada hampa gitu huff), jadi jadwal saya lumayan lenggang (eh gak juga sih), kegiatan saya cuma kuliah, project praktikum, ngajar privat, ngeblog, deadline gensindo (tulisan terakhir di akhir tahun), dan proposal beserta revisian revisiannya.

Karena saat ini masih langkah awal banget menuju dunia tingkat akhir dimana tugas kuliah dan project praktikum yang harus juga diselesaikan tepat waktu, maka sebisa mungkin harus kudu wajib dong manfaatkan waktu sebaik-baiknya? dan ketika banyaknya tugas kuliah beserta project praktikum, tiba-tiba dapet kabar kalau mahasiswa di Laboratorium Klimatologi harus seminar proposal sebelum tanggal 20 Desember, what???

Shock dong? tentu aja, dan terlebih lagi dosen bimbingan skripsi saya sedang ada kegiatan sampai tanggal 21 Desember jadi gak bisa bimbingan hiks :(
Dan proposal belum diperiksa oleh beliau, jadi kami anak bimbingannya memutuskan untuk minta saran dan kritik dari proposal yang telah dibuat melalui online by Whatsapp (suka deh sama media sosial satu ini, memudahkan saya komunikasi dengan dospem ❤❤)

ternyata, proposal yang udah dibuat gak sempurna, ya tentu aja mana ada yang sempurna dalam satu kali percobaan haha. Akhirnya proses revisian pun dimulai, yup revisian dimana bacaan jurnal dan buku full bahasa inggris, bukan bahasa inggris yang kayak lirik lagu atau novel atau translate drama korea yang gampang dimengerti, karena bahasanya pun ilmiah jadi banyak kata dan kalimat yang bikin gagal paham 😥, tapi karena sebagai manusia kita seharusnya gak boleh menyerah dong? masa udah MEA masih aja mau bacaan bahasa Indonesia, masa mau yang gampang-gampang ketika dengan 1 kata aja bisa memunculkan jutaan informasi di internet. 

Keep fighting
kalau kata justin Bieber sih I won't give up nah nah nah
jadi, bacaan bahasa inggris itu mau gak mau harus dibaca layaknya novel yang biasa dibaca haha. Setelah proses revisian, maka saya kasih proposal hasil revisian 1 kepada dospem ternyata beliau bilang masih kurang baca, oke jadi saya tambah bacaan saya, saya searching dengan keyword berbeda dan menambahlah bacaan saya yang kudu wajib harus dibaca, kemudian saya baca dan saya revisi ulang, dan ternyata masih ada yang kurang. Kalau ada pertanyaan, lebih capek mana ngerevisi atau nulis berita saya akan jawab revisi ahaha, alasannya? karena kalau nulis berita saya tahu selama berita memuat 5W+1H, segitiga terbalik, bukan berita omong kosong, dan lead dan judul yang baik maka berita itu aman, tapi dalam menulis proposal saya merasa abstrak (I just can't explain it wkwk) haha, dududu.

Jadi, sebenernya ini masih titik awal dunia tingkat akhir, dimana pasti didepan sana masih ada jalan berbatu, terjal yang bisa bikin lelah, sedih, dan cuapek, tapi harus tetap semangat, gak boleh menyerah (di caci maki wawancara politik aja tahan kan sha padahal berita itu bukan buat konsumsi pribadi tapi publik, maka yang ini harus lebih tahan banting toh demi masa depan diri sendiri bukan publik). Ini masih proposal belum skripsi sha. Maka si Kdramalovers pecinta lee min ho yang sedang memasuki tingkat akhir ini sedang memberi semangat kepada diri sendiri, sedang meyakinkan diri untuk menjadi manusia yang gak gampang menyerah, menyerah itu haram hukumnya sha. Semangat, harus lulus 2017, aminnnnn.

No comments:

Post a Comment