Sunday 4 February 2018

Review Drama Wise Prison Life "Geng Napi Hobi Lawak"


Yess! Akhirnya selesai juga nonton drama Wise Prison Life/ Prison Playbook. Setelah nonton drama dengan durasi waktu 1,5 jam per episode full tanpa diskip adalah pengalaman gue yang sangat luar biasa karna gue sebenernya gak betah nonton drama satu episode yang lama banget tapi ini drama bagus banget! Ternyata writer-nimnya adalah Jung Bo Hoon yang juga menggarap Reply series dan sutradaraya pun yang juga menggarap Reply series yaitu Shin Won Ho PD-nim. Kalau diperhatikan sih drama Wise Prison Life ini kental banget keliatan ada ciri khas yang sama kayak Reply 1988, cara pemaparan ceritanya, ada alur maju mundur bahkan di drama ini ada scene dimana karakternya mengalami flash back dalam flash back. Penasaran kayak gimana? Silakan tonton sendiri ya hihi, rasakan bagaimana bahagianya ketemu geng lawak avengers ini.
Pertama kali mau nonton drama ini sampe mikir 2 kali, karna settingnya di jeruji besi (penjara), dan drama/film yang gue tonton yang settingnya adalah penjara maka filmnya penuh air mata, lo berasa lagi ngiris bawang bombaylah sedih banget, setidaknya kalau gak nangis bawang bombay pasti ngerasa pedih liat kehidupan tokohnya macam Park Jung Woo di defendant. Dan pada  kenyataan Kdramaland ada aja karakter yang masuk penjara bukan karena kesalahan yang dia buat melainkan jebakan, betapa mirisnya hidup ini. Tapi untuk drama ini, bener-benar beda! Drama ini bakalan bikin lo terpingkal-pingkal karna banyak ketawa. Kok bisa? Yaiyalah gimana gak ketawa coba kalau ketemu geng napi avengers tukang ngelawak. Btw drama ini diakhiri dengan rating 11,2 % dan rating ini cukup tinggi apalagi untuk ukuran TV Kabel.

1. Plot
Drama ini bercerita tentang kehidupan di jeruji besi dan menceritakan penyebab masuk penjara pada setiap karaktenya. Wise Prison Life juga memfokuskan cerita pada seorang atlet Baseball, Kim Je Hyeok yang harus dijebloskan ke penjara karena telah melakukan penyerangan pada pelaku yang ingin memperkosa adiknya, sehingga menyebabkan pelaku tersebut koma dan di rawat di rumah sakit. Meskipun harus mendekam di penjara, tapi Kim Je Hyeok bertemu dengan Geng Napi ajaib yang bisa bikin jatuh cinta. 

2. Karakter
Park Hae So sebagai Kim Je Hyeok

Seorang atlet baseball handal dan terkenal, sangat dikagumi oleh semua orang, tapi sayangnya dia ini bodohnya keterlaluan. Je Hyeok cuma pintar di baseball tapi untuk hal lain dia jinjja jeongmal babo cheorom heol (re: bodoh). Seorang atlet baseball yang tersohor kok bisa masuk penjara? Je Hyeok masuk penjara karena memukuli seseorang yang ingin memperkosa adiknya, dan alat yang digunakan adalah plakat sehingga menyebabkan sang pelaku pelecehan tersebut harus dirawat di rumah sakit dan mengalami mati otak (koma). Jadi Je Hyeok harus mendekam di penjara selama 1 tahun. Sebenarnya Je Hyeok ini bermaksud melakukan perlindungan diri karena korban tersebut bermaksud untuk melukai Je Hyeok terlebih dahulu, tapi sayangnya ada plakat di sebelah Je Hyeok yaudah deh itu jadi alat untuk menjauhkan si pelaku tapi justru malah membuat pelaku dilarikan dirumah sakit dan Je Hyeok terkena kasus pidana. Meskipun dia dipenjara tapi penggemarnya justru masih ada untuk dia, bahkan di penjara pun dia punya banyak penggemar.
Sayangnya ada beberapa kasus yang harus Je Hyeok alami selama dipenjara, yaitu bahunya kirinya cedera karena ditusuk sama Ddolmani sampai membuat dia gak bisa main baseball dengan baik. Belum lagi diincer sama Ddolmani mau dibunuh dari penyerangan di toilet sampai dibakar hidup-hidup di tempat sampah. Diperas sama sipir Jo yang minta duit biar Je Hyeok diperlakukan beda dengan napi lain. Ada juga ketua pabrik Kayu (tempat Je hyeok bekerja membuat furniture) yang ngefans sama Je Hyeok tapi makin lama makin melakukan tindakan asusila, pokoknya gak banget deh. Ketika semua sudah damai tentram dan semua hubungan kembali membaik termasuk kembali balikan sama Ji Ho sayangnya dia harus terkena penyakit psikologis Steve Blass yang membuat dia gak bisa melakukan pelemparan bola secara strike, alias karir baseballnya akan hancur kalau penyakit psikologisnya gak bisa disembuhkan.
Lee Joon Ho melihat Je Hyeok yang terkena Steve Blass mencoba berbagai cara agar Je Hyeok sembuh dari mulai hipnotis (Je Hyeok disuruh membayangkan kecap asin sebagai cola, tapi sayang emang dasarnya Je Hyeok ini babonya kebangetan makanya dia gak bisa dihipnotis dan muntahin kecap asinnya ke wajah psikolognya. Ini adegan kocak banget), pake pskiater terkenal, Je Hyeok disuruh menggambarkan grafik kehidupannya dari dia lahir sampai titik dia berada saat ini, kemudian dia gambar garis kehidupannya dari lahir yang flat sampai tahun 2005 kemudian meningkat di tahun 2010 dan turun di tahun 2016 tapi emang dasarnya bodoh dia gambar garisnya melewati batas sampai ngelewatin meja dan lantai kemudian dia bilang “ aku belum selesai posisiku saat ini lebih rendah karena aku berada di penjara” seketika pskiater bingung dan membuat Joon Ho frustasi sekaligus malu akhirnya dia marah-marah (Joon Ho emosinya lucu jadi kayak emaknya Je Hyeok) , bahkan dia menunjukkan video kemenangan baseball Je Hyeok tapi semua sia-sia karena dia bilang itu hari dia putus sama Ji Ho. Hae So sangat apik memerankan atlet dengan tubuh bugarnya dan muka bodohnya. 

Jung Kyeong Ho sebagai Lee Joon Ho

Lee Joon Ho bertugas sebagai Sipir di penjara yang ditempati Kim Je Hyeok. Dia menyamar jadi penggemar gilanya Je Hyeok di depan semua petugas sipir dan para napi bahkan gak ada yang tahu kalau Joon Ho ini teman Sdnya Je Hyeok bahkan mereka pernah menjadi satu team baseball saat SMA. Joon Ho ini tipe namja chingu (pacar) idaman banget, manisnya kebangetan, cakepnya gausah ditanya deh terlalu cakep untuk sekedar jadi sipir ahaha, care banget sama Je Hyeok maupun Je Hee sang adik Je Hyeok yang akhirnya dipacarin juga. Tapi lucunya adalah, hobi Joon Ho marah-marah entah sama adiknya yang seorang fans fanatik Je Hyeok yang lebih mengangap Je Hyeok kakaknya daripada kakak kandungnya sendiri atau malah marah-marah sama Je Hyeok karena menganggap Je Hyeok ini bodoh dan terlalu gila. Bromance dengan Je hyeoknya dapet banget, terlalu jelas terlihat kalau Je Hyeok ini sayang banget sama sahabatnya dan rela ngapain aja buat sahabatnya termasuk nungguin Je Hyeok latihan baseball, diem-diam ngambil HP Je Hyeok di penyimpanan barang, manggil pskiater terkenal biar Je Hyeok sembuh dari Steve Blassnya, tapi ketika di ending Je Hyeok harus keluar penjara dan diwawancara oleh reporter sayangnya nama sahabatnya ini dia lupain.
Lucunya, Je Hyeok selalu menganggap sahabatnya ini seorang playboy sehingga pas Joon Ho pacaran sama Je Hee dia harus backstreet di belakang Je Hyeok dan baru mengaku ketika Je Hyeok melupakan nama dia saat interview.

Lee Kyu Hyung sebagai Hanyang aka Haerong aka Looney


Hanyang ini karakter favorit gue banget karena karakternya ini yang paling unik, paling minta dikarungin banget. Di episode awal udah digambarin dia ini karakter yang sangat cerewet yang minta ditimpuk. Hanyang masuk penjara karena kepergok pakai narkoba. Yup dia ini tukang nyimeng, kalau lagi sadar tingkah lakunya ini lucu banget, kayak lekong dan dia ini hombreng alias gay (pecinta sesama jenis, cinlok sama sahabat SMPnya) gayanya kemayu banget, dan kalau lagi pake obat, dia macho, pinter banget karena emang doi lulusan jurusan Farmasi di Universitas Nasional Seoul dan pernah belajar ke Jepang dan penuh wibawa. Hobi banget menjadikan paha satu selnya jadi bantalnya, karna lagi sakau maka dia mengalami muntah-muntah dan pusing sering banget meriang dan kedinginan. Tapi gayanya imut banget apalagi kalau bilang lagi sakit, ini kode banget minta diselimutin. Hanyang ini berantem sama semua orang di dalam selnya, siapapun jadi incaran dia komen atau membuat semua orang dalam sel kesel entah itu Kapten Yoo, Kaist ahjussi, atau Kim Min Chul ahjussi. Dia ini hobi banget nyolong makanan orang atau ngoprek barang orang, termasuk makanan dan barang-barang pribadinya Kapten Yoo. Dia pun sering kena timpukan Kaist ahjussi karena komen apapun termasuk cara pengucapan yang cadel, Min Chul ahjussi pun kena komen sampe dikatain perutnya yang membesar karena udah jomblo seumur hidup, Sipir ppaeng pun dibikin kesel karena tingkahnya yang imut nan nyebelin ini. Hanyang ini bener-bener kayak Tom and jerry kalau sama Kapten Yoo berantem mulu kerjaannya, apapun yang dilakukan Hanyang selalu salah dimata kapten.
Meskipun tingkahnya nyebelin ini, tapi semuanya merasa sepi tanpa hanyang apalagi kalau hanyang udah sakau dan dirawat di klinik. Dan Cuma Je Hyeok yang merelakan pahanya jadi bantal pribadi Hanyang bahkan rela menggendong Hanyang ke tempat tidur sampai dijailin Hanyang. Gue merasa hidupnya Hanyang itu terlalu miris, dari kecil karena terlahir miskin dan kurang kasih sayang orang tua karena orang tuanya yang sibuk bekerja, bahkan dia dari kecil harus pakai baju jelek dan bau yang membuat dia dijauhin semua teman-temannya. Karena terbiasa berteman dengan sepi dan salah satu teman SMPnya, Song Ji Won (pacar Hanyang) mulai mendekati dan ingin berteman membuat dia menganggap satu-satunya temannya menjadi orang yang special. Ketika tempat bergantungnya hanya Ji Won dan sekalinya berantem membuat dia masuk ke dunia kelam dan mencoba narkoba sampai akhirnya dia kecanduan barang terlarang. Tapi semenjak dia dipenjara, Hanyang udah gak pernah lagi makan obat (bukan Cuma narkoba tapi obat apapun karna kecanduannya itu), di episode 14 aja Joon ho bilang bahwa Pemakai obat terlarang emang sering melakukan kesalahan, sering jatuh ke lubang yang sama.
Sayangnya ending Nahas berakhir untuk Hanyang. Ketika Hanyang keluar dari penjara dan bertekad untuk rehabilitasi dan sembuh total, tidak mau lagi terjerat narkoba tapi ternyata seorang temannya dari Jepang justru datang menjebak Hanyang agar ditangkep polisi karena kepergok pakai narkoba, aih kesel gak sih. Ketika semua orang berharap Hanyang berubah bahkan orang tuanya dan Ji Won lagi nungguin dia di tempat makan tapi orang yang ditunggu justru lagi dibawa polisi. Sad ending untuk uri hanyang, writer-nim tega nian dikau.

Jung Hae In sebagai Kapten Yoo
Sebagai kapten di pasukan tentaranya ternyata membuat dia harus mendekam di penjara atas kesalahan yang bukan dia lakukan. Kapten Yoo dituduh melakukan penyiksaan hingga berujung kematian kepada salah satu bawahannya. Karena dituduh melakukan pembunuhan secara sengaja itu membuat dia harus bersikap dingin kepada teman satu selnya. Tapi lama kelamaan sikapnya luluh juga dan mau terbuka sama teman satu selnya. Kapten Yoo ini pemilik senyum manis, wajahnya tampan banget apapun yang dia lakukan gak pernah terlihat jelek.
Kapten Yoo ini selalu berantem sama hanyang kayak Tom and Jerry, tapi setiap mereka berantem ini selalu bikin penonton ketawa kesemsem gitu (eh itu gue deng wkwk). Walaupun Kapten Yoo ini masuk penjara karena fitnah akhirnya kebenaran menang dan kapten Yoo dibolehkan mengadakan sidang ulang karena adanya saksi dan bukti yang menunjukkan bukan kapten Yoo pembunuhnya (Lah wong muka baik-baik gini masa ya jadi pembunuh, yang bener aja dong wkwk)

Park Ho San sebagai Kaist Ahjussi
 Kaist Ahjussi yang masuk penjara karena  melakukan penipuan akhirnya dapet ending yang masih menggantung. Kaist ahjussi pernah menikah 6 kali bahkan istri ke 6nya pun selingkuh dari dia, kemudian istri lamanya datang lagi minta tolong buat Kaist Ahjussi mendonorkan hatinya untuk anaknya karena anaknya mengalami gagal hati. Kalau dilihat dari flashbacknya Kaist Ahjussi, dia ini tipe orang pecinta wanita, jadi hidupnya kalau tanpa wanita terasa hampa. Tapi dia sayang banget sama anaknya, bahkan ketika anaknya kelaperan pulang sekola, dia rela bangun tidur untuk masak ramyun. Sayangnya ending dia sangat amat menggantung, ga ada yang tau lagi setelah operasi pendonoran hati bagaimana kisahnya di penjara karena penjaranya dipindah huft
 
Choi Moo Sung sebagai Kim Min Chul

Ahjussi satu ini bener-bener terlihat wibawanya bagaikan ayah yang ada di balik jeruji besi. Udah dipenjara selama 22 tahun dan Ia dijatuhi hukuman 25 tahun penjara karena terlibat membunuh orang di klab malam. Sedangkan dia udah punya pasangan bahkan ternyata lagi mengandung, sehingga ketika si anak udah besar akhirnya mau ketemu ahjussi ini berpura-pura sebagai mahasiswa yang mau wawancara ternyata Cuma mau tau ayahnya seperti apa. Akhirnya Min Chul ahjussi menemukan happy ending yang membuat dia bisa keluar penjara dengan pembebasan bersyarat, tapi bahagia banget liat endingnya ahjussi ini. Karena Min Chul ahjussi terlalu baik dan gak banyak tingkah sebagai seorang pembunuh, makanya bisa dapet pembebasan bersyaratnya. 

Jung Woong In sebagai Sipir Ppaeng


Ketika di episode awal-awal ada sipir Jo yang mata duitan dan nyebelin banget, lain halnya dengan Sipir Ppaeng, dia ini mulutnya emang jahat bener sering mencaci maki tapi hatinya bener-bener lembut selembut sutera. Bawain chicken buat Je hyeok CS, menyelamatkan semua tahanan karena adanya indikasi kebakaran (karna traumanya), ikut sedih karena Kim Min Chul ahjussi yang gak dapet kesempatan pembebasan bersyarat pertama pokoknya semua tingkah laku dia berbanding terbalik dengan apa yang diucapkan.

Kim Sung cheol sebagai Kim Young Cheol aka Beobja

Beobja ini cerewet banget, dan emang tahu seluk beluk penjara sampe ngajarin apa aja yang harus dilakuin pas baru masuk penjara. Mungkin karena emang udah sering keluar masuk penjara ya sampe-sampe setiap orang di sel penjaranya kenal sama dia haha. Meskipun di episode hampir akhir dia di fitnah dan harus masuk penjara isolasi, tapi akhirnya dia bisa keluar dan jadi supir pribadinya Je Hyeok, daebak! Je Hyeok sayang sama Beobja begitupun beobja, ku terharu.
Jung Min Sung sebagai Dr Go

Korban ketidakadilan hukum juga ada pada Dr Go. Dr Go harus masuk penjara karna korupsi atas apa yang gak dia lakukan. Meskipun keluarganya dikasih jaminan gaji per bulan asal Dr Go bisa masuk penjara demi perusahaan, tapi karena ingin dipandang dan dianggap oleh partner kerjanya lah yang membuat dia menjalani kehidupan tidak adil ini. Tapi sayangnya, Dr Go gak dikasih gambaran apapun setelah dia melakukan operasi dan harus dipindah penjaranya, waee jakka nim waeeyoo?

Other Cast

Wise prison life tidak akan hidup kalau tanpa peran-peran lainnya yang kadang bikin penonton senyum-senyum sendiri, terbawa emosi dan sedih ataupun ketawa sampai mau pingsan haha. Pasti penonton gak akan pernah lupa sama manis galak dan cantiknya krystal sebagai Ji Ho pacar sang atlet baseball, Je Hyeok. Kim Je Hee si chef yang kalau masak selalu hambar, pacarnya Lee Joon Ho sekaligus adik Kim Je Hyeok yang suka malu-malu kucing naksir Joon Ho. Lee Joon Dol seorang reporter dan fans fanatik Je hyeok, adik lee Joon Ho yang lebih sayang dan menganggap Je Hyeok kakaknya dibanding kakak kandungnya, mungkin kalau Joon Ho dan Je hyeok berenang dan tenggelam Joon Dol lebih milih menyelamatkan Je Hyeok dibandingkan kakaknya sendiri, kocak emang reporter satu ini. Lee Joo hyung aka Jean Valjean dengan logat kentalnya yang memanggil Min Chul ahjussi “ayah”. Ddolmani si preman pesuruh yang selalu jadi nomer 2 dan bingung harus ngapain karena gak pernah punya tujuan, suka pura-pura sangar karna disuruh benci sama Je Hyeok eh pas diajak baikan malah bikin ngakak gak ketulungan. Dan cast lainnya yang bikin Wise prison life sangat berwarna.

Ending

Sayangnya gak semua tahanan dikasih happy ending, happy ending hanya berlaku bagi Je hyeok, Kim Min cheol ahjussi, Kapten Yoo dan Beobja. Sedangkan Dr Go dan Kaist gak dikasih bocoran sedikit pun tentang kehidupannya pasca pindah penjara, bahkan sad ending untuk uri Hanyang yang harus ditangkep polisi karena penggunaan narkoba sesaat dia keluar dari penjara. Ending untuk Hanyang sih yang paling mengesalkan. Emang sih, kehidupan manusia gak selalu manis ya, dan penggambaran kehidupan Dr Go dan Kaist pasca pindah penjara masih sebuah misteri, penonton diminta menerka-nerka kira-kira apa yang mereka lakukan dipenjara barunya. Dan tentunya kisah hidup mirisnya Hanyang, pada dasarnya seorang pengguna narkoba pastinya akan sulit lepas dari jeratan narkoba karena ada keinginan ingin lagi ingin lagi, dan kenapa si pengedar narkoba itu menjebak Hanyang? Karena memang, pengedar itu pasti akan mendapatkan hukuman lebih ringan jika barang bukti berupa narkobanya berkurang dan bisa tawar menawar dengan polisi memberikan nama pengguna narkoba. Serem juga ya, Hanyang ini salah pergaulan jadi dia masuk ke lubang yang sama. Yang gue suka adalah  Writer nim memberikan sebuah penggambaran yang sangat realita terjadi di sekitar kita bukan khayalan semata untuk sekedar menjadi pemuas hasrat penonton.
Over all, gue sangat terhibur dengan tingkah laku geng avengers lawak ini.

Rating : 9,2/10

4 comments:

  1. thank you banget buat bikin review drama ini wkwk, gara-gara ini gw jadi langsung nonton, dan emang seru sama enggak mengecewakan bgt sumpah drama nya ^^..

    ReplyDelete
  2. Setuju dramanya bagus banget! Senang baca reviewnya juga detail bgt

    ReplyDelete
  3. Bagus banget drakor nya.. Lucu juga haru uy .. Saekki..haha..kamshamida

    ReplyDelete
  4. Bagus drakornya lucu dan haru aktingnya juga bagus natural heh
    ..saekki..hahaha..kamshamida

    ReplyDelete