Monday 5 February 2018

Jomblo, Terlalu Idealis atau Kebanyakan Halu?



Pagi yang dingin menusuk seluruh tubuh gue, rasanya masih mau narik selimut, yup pagi ini suhunya 23'C dan Bogor diguyur hujan, gimana coba rasanya dingin udaranya? Tapi karna hujanlah, ide-ide terus muncul di otak dan jadi lebih banyak hal-hal yang minta dikomentarin. Ditambah lagi, gue lagi halu karena ngeliat Hanyang aka Haerong (Lee Kyu hyung ahjussi) yang tampan banget, dan usianya pun 35 tahun, usia idaman gue banget buat gue jadikan suami haha *abaikan*
Tadi malem gue dan teman-teman gue memulai chat lagi setelah sekian lama ga ketemu dan gak saling bersapa kabar karena kesibukan masing-masing, mungkin karena udah lulus kuliah juga kali ya jadi hal yang kita bahas adalah masalah kerjaan atau pernikahan bukan lagi ngegosip tentang teman sekelas hihi.

Dengan banyaknya curhatan sama mereka sampai tengah malem, dan dilanjut pagi ini membuat gue  secara tiba-tiba sekelebat berpikir apakah halu berbanding lurus dengan tingkat kejombloan seseorang? Karena gue udah ngejomblo cukup lama jadi berpikir keras, apakah karena gue yang memiliki intensitas ngedrama korea yang tinggi mempengaruhi status jomblo gue? tapi rasanya engga ah. Engga jugalah ya. Terkadang hidup itu kudu selektif, ibaratnya mah beli sayur dan buah kudu milih apalagi mencari pasangan hidup. Lain halnya kalau emang cuma butuh pacar biar dikira bukan jomblo menyedihkan atau biar gak kesepian dan bisa diajak foto saat ngedate terus update Insta story deh. Terkadang kita pun harus idealis, karena masa sih semua orang yang datang cuma memberikan bunga satu tangkai doang minta diijinin masuk ke dalam rumah, terus langsung deh kita suruh masuk menempati tempat duduk kosong yang udah lama ga ditempati gitu?  Idealis itu perlu karna cinta takkan salah kalau udah membutakan. Kita gak akan pernah tahu kan kalau cinta udah buta bisa-bisa kita rela memetik bintang yang gak mungkin dipetik, sampai sana aja ga mungkin apalagi dipetik, emang dikira buah apa. Belum lagi kalau sudut hati kita udah terlalu lama kosong, dan butuh diisi kemudian ada yang masuk dan langsung kita persilahkan masuk, hati-hati aja yang ada hanya menyisakan luka.

Terus gimana dong? Haruskah kita menjadi dingin seperti dinginnya kutub utara dan selatan? Gak gitu juga kok, jadi kalau ada yang mendekat secara sopan, berniat untuk menjadikan kita teman dekat kemudian menjadikan kita orang yang special, silakan liat dulu orangnya seperti apa. kalau ibarat hati tuh kayak rumah, dan kita belum siap bukain pintunya buat orang tersebut karena curiga dan bersikap hati-hati, silakan intip dulu lewat jendela, sosoknya seperti apa. Kalau terlihat baik baru deh boleh diijinkan masuk ke rumah tapi jangan percaya sepenuhnya dulu, apalagi sampai kasih kunci rumahnya ya. Dulu juga kita diajarin sama orang tua kan kalau mau buka pintu buat orang asing harus diintip dulu lewat jendela, takutnya penculik gimana hayo. Nah itulah fungsinya jendela, bukan sekedar untuk melihat pemandangan atau hiasan semata, tapi berfungsi untuk berhati-hati melihat dulu tamu yang datang sebelum membukakan pintu apalagi mempersilakan masuk.  Meskipun don't judges people by cover ya tapi first impression itu perlu. Maksudnya gimana?

Kalau ada yang mendekat ke rumah tapi pakaiannya gak pake peci sorban atau sarung dan baju koko, diijinkan masuk gak? *gak gitu juga kali emang lebaran apa pake baju koko segala* selama pakaiannya masih sopan silakan ijinkan masuk, berlaku juga ya di hati, gak mau dong kita bukain pintu buat orang yang pake tutupan kepala seperti penjahat di TV. Kalau ada yang mendekat dan dia cukup sopan cara mendekatinya, silakan aja balas juga dengan sopan santun. Kemudian ke tahap berikutnya yaitu mengajak ketemu, bertemu itu juga hal penting dalam menjalin sebuah hubungan apalagi yang serius ya termasuk memberikan kunci hati kita kepada dia. Coba lihat gimana caranya bertutur kata, atau cara dia memperlakukan kamu sesopan perkataannya gak? ini yang patut dilihat dari seseorang. Dan manusia itu punya daya sense yang kuat macam punya indra keenam kalau udah ga sreg karena vibesnya udah beda, silakan berhenti dengan alasan yang jelas karna apanya, silakan langsung tolak dengan baik-baik. Attitude musti kudu banget dijaga.

Jadi jangan sembarangan mempersilahkan masuk seseorang ke dalam rumah kemudian dengan terpedaya rayuan mautnya rela deh kasih kunci hati ke dia. NO! Andwae! Jangan sampai belum tau sosoknya seperti apa eh tiba-tiba malah disuruh masuk ke rumah kita, kan gatau ya kalau ternyata dia macem-macem di dalem rumah entah itu mencuri dan lain sebagainya, udah dikasih tempat tinggal di dalem rumah (alias hati) eh taunya selingkuh. kan sakit. atau kalau gak selingkuh, hobi banget nyakitin hati kita, miris banget jadinya hidup kita, galau mulu kerjaannya, galau jadi kayak makanan sehari-hari. Terus rasanya hati tuh kayak permainan roller coaster diajak naik turun mulu. Terus  menerbangkan kita ke langit dengan kata-kata manisnya, eh taunya dilemparin deh ke jurang dari langit tersebut. Remuk deh itu badan, mati baru tau rasa.

Jadi lebih baik kenali dulu kan. Makanya ada pepatah yang bilang "tak kenal maka tak sayang" so  kalau tak kenal jangan mau sayang duluan, gamau kan hati sakit kayak di lempar ke jurang pas diajak melayang ke langit. Masa rela ngasih tempat buat orang yang kita sendiri gatau wujudnya seperti apa. dunia nyata aja banyak tipu daya apalagi dunia maya, jangan rela ngasih kunci hati kita sama orang yang belum jelas terlihat wujudnya, yang terlihat wujudnya aja suka bikin sakit kan apalagi yang belum jelas. Jadi jangan mau jadi orang yang digantung kayak jemuran sampe kering pas keujanan baru tau rasa deh. kalau status mau jelas, jalan dab tujuannya mau jelas orangnya pun harus jelas. Hidup terlalu indah kalau untuk sekedar bergalau ria karena terlanjur sayang pada orang yang salah. Mending daripada sibuk ngegalau dan sedih lebih baik banyak-banyak bahagiain diri sendiri dulu sama orang tua serta keluarga sebelum ke fase ingin minta diseriusin sama orang yang belum tentu mau serius. Atau coba deh geluti hobi atau ngehalu bersama bias karena kebanyakan nonton drama korea atau jadi anak kpop pasti hilang keinginan pengen punya pacar karena kesepian. Karena Kdrama dijamin membuat hidup lo lebih berwarna dan ga akan kesepian. 

Tapi ga bisa hidup sendirian? gimana dong?
Mungkin ada beberapa orang yang merasa dia gak bisa hidup sendirian, dan hidupnya harus diisi dengan dekat dengan beberapa cowok. katanya anonim sih kalau mau melupakan seseorang harus ada penggantinya dulu. Tapi bisa salah juga loh kata anonim itu, gak harus ada seseorang dulu biar kita move on. Cinta itu hadir gak harus dari lawan jenis ya, bisa dari sahabat, orang tua, saudara, atau hobi dan pekerjaan yang kita geluti. Ketika pikiran tercurahkan untuk satu hal, perasaan sedih karena gak bisa hidup sendirian dijamin hilang deh, karena kita menemukan kebahagian yang beda. Jangan sampai bilang gak mau pacaran karena mau berhijrah tapi masih deket Hubungan Tanpa Status (HTSan) sama lawan jenis, sama aja kan. toh dosanya gak beda jauh sama yang bilang terang-terangan kalau mereka pacaran. 

Udah kepala 2 nih, mau banget nikah. Gimana dong?
Pernikahan itu suatu hal yang sakral, dimana tentunya kita hanya mau nikah satu kali seumur hidup, ya dong? makanya harus menemukan pasangan yang tepat, dan selektif serta idealis itu perlu. Tentunya kita yang menginginkan pernikahan butuh cowok yang siap mengakadkan dan berani mengucapkan"saya terima nikahnya...." ya kan? bukan "saya terima kamu apa apadanya kekurangan kamu, saya bisa mengerti kamu...." tapi status cuma jadi pacar. Gak tau deh dia jodoh saya atau bukan, galau sendiri deh akhirnya. Jadi dari pada wasting time mikirin orang yang belum tentu jodoh kita mending tunggu waktu aja. kita gak bisa maksa, pacar kita jadi suami kita kan kalau emang bukan jodoh, jodoh itu rahasia Tuhan biar aja tetep jadi rahasia yang indah pada waktunya. Jangan sampai pacaran lama eh taunya cuma jagain jodoh orang doang. Jadi, kita tuh butuh orang yang dari segi umur udah mateng, pikirannya juga financialnya pun udah, bukan sekedar temen chatan apalagi temen jalan karena kesepian. Emang nikah cuma makan cinta doang? kan engga. sholeh tentunya, harus jadi imam yang baik, bisa dewasa dan mengayomi kita dengan baik, teman hidup sekaligus teman berbagi cerita, untuk financial pastinya dong kita butuh duit untuk hidup, butuh tempat tinggal juga belum lagi biaya kalau punya anak. Masih panjang untuk kita pikirin, jangan mikirin yang enaknya aja.

Mikirin masa depan tuh harus berdua gak cukup sendirian nanti mumet ngejelimet sendiri. Jangan terlalu nyaman kayak berasa di kasur sampe bikin gamau bangun dan ga sadar real life itu kayak apa, banyakin merenung, kalau emang mau nikah cepet karena hidup itu tidak seindah drama korea shay, ada kenyataan pahit dan pastinya akan banyak cobaan yang lebih besar lagi yang akan datang. Semakin bertambahnya umur seseorang, maka banyak-banyakin merenung tentang hidup, meskipun sok berpikir filosofis tapi setidaknya akan ada hal dari pengalaman orang lain yang kita petik dan kita belajar bagaimana harus bersikap.
So, kalau mau menikah, berarti harus berjalanan beriringan, Gabisa cuma salah satu aja yang jalan, burung aja butuh kedua sayapnya buat terbang, jadi kalau yang satu udah jalan duluan satu lagi masih di belakang belum siap menuju akad, berarti dia bukan calon yang tepat, masih ada waktu silakan cari lagi banyakin minta sama Allah biar didekatkan jodohnya. 
So, kalau ada yang penasaran gue jomblo karna idealis atau kebanyakan Halu? Gue lagi menanti orang yang tepat yang siap dari segi semuanya. Karna gue tahu Allah tahu yang terbaik buat gue, biar aja indah pada waktunya, jangan sampai nambah list mantan dan jagain jodoh orang.

Love
Shalsa

No comments:

Post a Comment