Thursday 29 December 2022

I am doing Good Not Because...

Akhir akhir ini lagi seneng masak, karena gue tipikal seneng belajar dan masak ternyata jadi salah satu yang memberikan support hormon kebahagiaan. Apalagi kalau masakannya enak dan dipuji suami. Suatu hari masak sop dan masakannya enak bikin suami lahap, perasaan tuh bahagia banget. Di satu sisi selalu khawatir kalau dia laper dan gak ada makanan. Tapi gue selalu ingin memasak makanan dengan perasaan tulus karena ingin memasak buat dia karena perasaan cinta bukan kewajiban yang bikin gue terbebani terutama gue yang seorang pekerja juga. 

Selama ini menjalani kehidupan dengan dia dengan perasaan tulus dan rasa khawatir. Khawatir dia telat makanya pasang alarm jam set 5, khawatir dia ga makan makanya masak, khawatir dia gak mandi makanya masak air. Bukan soal seorang istri harus melakukan ABCDZ biar suami ga selingkuh, biar suami ga lirik sana sini, biar suami betah di rumah, biar dapet pahala. I mean I am not ibu rumah tangga yang ga kerja. Gue bahkan mengeluh gue sakit punggung dan itu jadi percakapan kita tentang gue pun manusia yang bisa lelah. Dan alhamdulillahnya suami pun tipe yang saling. Gue gabisa dong ngontrol pasangan gue supaya dia ga lirik sana sini atau selingkuh, dan ngerasa baik2 aja padahal gue lelah? We need to fill our cup to fill other cup. 

Beberapa hari lalu kantor ngadain event seminar hari ibu yang bilang kenapa seorang ibu stres dan mudah marah karena dia gak punya waktu mengisi tangki cinta dirinya. Yang perku dilakukan ibu adalah mengisi tangki cintanya dulu sehingga dia bisa mengisi tangki cinta pasangan dan keluarganya. Yea We need fill our cup first, tapi bukan egois. 
Lalu disaat sering upload lagi seneng masak, my aunt reply want try my food. Its about food right? Then I ask her to wait and if we meet I will trying cook for her. But then he reply "semoga seterusnya meladeni suami. Yang ikhlas kalau ladeni suami biar berkah terus".
Maksud gue apa korelasi ingin coba masakan dengan kasih wejangan ladeni suami ? Tau sih memang itu hanya sekedar omongan orang tua tapi gue kesel. Seolah jadi istri bagaimanapun caranya gaboleh capek harus terus ladeni suami karena ganjarannya pahala, surga dsb. Menurut gue pola pikir kayak gini yang selalu menempatkan perempuan untuk terpaksa feeling good padahal lagi gak baik baik aja. Then marah2 stres karena tangki cintanya gak keisi. Lalu si suami lirik sana sini dan yang disalahin si cewek karena gabisa urus suami dengan bener. 

Bukannya peluang selingkuh dan lirik sana sini itu bukan cuma punya suami ya tapi istri pun? Bukannya mencari keberkahan pun juga milik suami kan ga cuma istri? Kenapa ga hidup saling bukan hanya menuntut seorang wanita harus blablabla. Keberkahan hadir atas dua orang yang kerjasama bukan? Rumah tangga yang samawa pun atas 2 orang yang bareng2 kerjasama bukan timpang sebelah.

Dan gue mencari pasangan yang bisa diajak bareng bareng. Kalau istirahat ya istirahat bareng, kalau kerjq ya kerja bareng, cari berkah ya berkah bareng. 

Dan kalimat kalimat ini yang seringkali muncul di society "wanita cepetan nikah deh nikah enak, jangan terlalu ngejar karir. Jadi istri jangan banyaj ngeluh jadi istri jangan gak dandan di rumah nanti suaminya berpaling" seolah nikah the end of life, seolah istri adalah robot. Dari awal gue kenal gue bilang bahwa gue suka bekerja so gue akan bekerja setelah menikah pun. Dan pasangan gue mengerti akan itu dia bahkan minta gue karirnya bagus. 

Dan yaa gue melakukan pekerjaan istri yang mengurus suami bukan karena ngejar pahala atau biar berkah gaboleh ngeluh tapi karena gue mencintai pasangan gue dan gue selalu khawatir dengan dia terutana karena gue ingin melakukan itu semua karena gue ingin.

I am doing Good Not Because What people ask to me but It because I want to 

No comments:

Post a Comment