Wednesday 14 September 2011

AREA BEBAS ROKOK???

Tentunya kita sering melihat poster-poster atau papan reklame yang berisi larangan mengenai merokok. Kita juga sering melihat larangan merokok di bungkus rokok tersebut. Tapi tetap saja hal tersebut digubris oleh penikmat rokok. Mungkin tempat yang bebas rokok hanya ada satu. Yaitu POM BENSIN. Karena mana mungkin sih orang mau merokok ditempat itu. That’s impossible.
Mungkin saat ini merokok menjadi hal yang biasa dilakukan oleh sebagian besar orang. Tapi apakah kalian tahu bahaya rokok itu sendiri? Sebagian penikmat rokok bahkan sudah tahu bahaya rokok, tapi mereka tetap saja menggubrisnya seolah-olah mereka tidak tahu mengenai hal tersebut.
Saat ini penikmat rokok tidak hanya dinikmati oleh pria dewasa saja tapi juga wanita, para remaja, bahkan anak-anak!. Hal yang dialami oleh para remaja tersebut bisa jadi beberapa factor, yaitu:
- Keinginan ingin mencoba hal baru
- Ajakan teman-teman
- Pergaulan bebas
- Kurangnya perhatian keluarga(orang tua)
- Rendahnya tingkat keimanan
Merokok itu bisa merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Merugikan diri sendiri? Of course karena dia bisa jadi perokok aktif. Dan agak sulit untuk menghentikan seorang perokok aktif. Merugikan orang lain? Karena secara tidak sengaja kita juga menghirup asap rokok dari para perokok sehingga dapat menyebabkan kita menjadi perokok pasif. Dan itu juga berbahaya bagi tubuh kita.
Pernah suatu ketika, saat gue berada didalam angkot. Ada dua orang pria dewasa sedang merokok. Sebenarnya gue anti banget sama rokok. Karena asapnya itu membuat gue batuk bahkan sesak napas. Tapi gue harus berbuat apa? Toh angkot itu bukan punya gue jadi gue gak punya hak buat melarang mereka. Akhirnya ada dua pengamen anak kecil yang naik di angkot itu tapi dua pria dewasa itu malah memberikan dua batang rokok ke dua anak kecil itu. Oh my god Mereka gak mikir apa? Itu bisa merusak masa depan penerus bangsa kita! Anak kecil dikasih rokok? Dimana sih hati mereka saat memberikan rokok itu ke bocah pengamen itu? Tapi anehnya dua bocah pengamen itu girang banget di kasing rokok..
Gue juga sering banget lihat anak remaja SMP&SMA merokok di pinggiran jalan dengan memakai pakaian sekolah! Apa mereka pikir dengan mereka merokok dengan memakai pakaian sekolah itu terlihat keren? Gentle? Jelas gaklah! Mereka bahkan bisa membuat malu sekolah mereka, orang tua mereka yang sudah susah payah cari uang buat sekolah mereka. Mereka bisa membuat orang yang menyayangi mereka itu kecewa.
So, please jangan buat rusak diri kalian terutama buat para remaja dan anak-anak. Karena jalan kalian masih panjang. Masih banyak mimpi yang harus kalian raih. Dan gue sangat yakin masih banyak hal yang ingin kalian lakukan. Bukan bermaksud menggurui dan sok tahu.Gue sih berharap dengan ditulisnya note ini bisa bermanfaat bagi orang banyak. Tapi persepsi orang berbeda-beda. So gue gak tahu apa yang akan terjadi setelah gue tulis note ini. Gue yakin kalian lebih mengerti mengenai merokok itu sendiri.
Sorry jika dalam note ini ada salah-salah kata atau ada kata bahkan kalimat yang menyinggung.. gue minta maaf.. karena alasan gue tulis note ini bukan bermaksud menggurui tapi gue Cuma mau mengutarakan unek-unek gue.. thanks

No comments:

Post a Comment