Friday 25 June 2021

Learn About Self Love

Setelah nonton Hospital Playlist 2, rasanya hati tuh adem dan sekaligus dibikin bahagia terutama atas kehadiran Ikjun yang gak pernah berhenti menghibur. Tapi kali ini ada perasaan yang beda ketika nonton drama itu. Sosok Song Hwa bener-bener terlihat jelas kalau dia menguasai tahap Self love. Song Hwa yang capek hampir seharian di ruang operasi, Song hwa yang koyoan, Song Hwa yang istirahat sebentar di sofa, dan Song Hwa yang bahagia kayak anak kecil setelah makan sepotong kue. Lalu aku menemukan thread dari Season 1 yang bilang Song Hwa dan Pentingnya Self Love. Tahun lalu, aku ga ngeh kalau yang dia lakukan itu full of service buat dirinya sendiri, bentuk dari cara self care dan self love.


Song Hwa yang kalem dan emosi stabil saat menghadapi jadwalnya yang padet itu karena dia udah menguasai Self love. Orang yang bisa menerima orang lain dengan baik karena dia pun sudah menerima dirinya sendiri. Kita diperlihatkan kalau Song Hwa punya kegiatan lain selain kerja, dia bahkan di gereja dan happy dengan jadi penari latar dengan semangatnya. Song Hwa bahkan suka camping sendiri buat menikmati hidup, sekedar pelarian dari penatnya sehari-hari, dan bahkan dia suka bikin kopi untuk dirinya sendiri- sebuah treatment ketika kita mencintai seseorang kita rela memberikan waktu kita untuk orang tersebut melayani dengan penuh hati. Song Hwa bahkan rela beli barang yang menurut orang lain gak penting, tapi dia beli buat hadiah atas dirinya yang udah kerja keras, ketika dia beli barang buat dirinya sendiri, dia jadi bahagia. Song hwa bahkan gak malu koyoan ketemu pasien sampe dikomen sama temen-temennya buat copot koyonya yang nempel di leher, tapi dia memilih bilang anggap aja koyo yang dia pake itu kayak tatoo. Dia gak peduli orang lain berpikir apa tentang dirinya, yang penting dia udah menunjukkan sisi dia yang baik tulus dan balik lagi ke orang lain kalau memang gak suka. Kita gak akan bisa bikin semua orang suka sama kita kan?

Sekarang aku jadi mikir bahagia itu bukan berasal dari hal besar, tapi hal kecil yang bahkan gak pernah kita sadari kalau itu bikin bahagia.

Song hwa tau caranya memperlakukan dirinya dengan baik, tau caranya untuk sekedar dating dengan dirinya sendiri dengan camping dan menyatu dengan alam, atau sekedar istirahat karena lelahnya bekerja, tapi hal yang terjadi di sekitarnya gak membuat mood dia gak stabil atau jadi mudah marah/jengkel. The power of self love!

Lalu aku menemukan foto capture-an dari book judulnya An Apology Letter to My Self. Setelah baca ini, tiba-tiba air mata jatuh dan merasa jahat banget ke diri sendiri. Mungkin aku kesepian, karena aku gak pernah menghidupkan diriku, aku kira aku independent tapi secara emosi aku bergantung, aku terngiang akan janji kebahagiaan yang dikasih orang lain terhadap aku- yang mana itu adalah salah karena gada satupun orang yang bisa membuat kita bahagia kalau diri kita gak bahagia duluan. Atau moment mendahuluan orang lain, memperhatikan orang lain padahal diri ini pun butuh perhatian. Kalimat yang paling membekas "Life isn't about pleasing other people. Life is about living. Doing makes me happy".



No comments:

Post a Comment