Tuesday 29 November 2016

Belajar jadi Guru

Jadi akhir-akhir ini gue dapet tawaran jadi guru privat anak SMA kelas 11. Tawaran ini datang dari mantan tetangga (dulu tetangga sebelah rumah, tapi sekarang karena udah pindah dan beda blok jadi ini sebutan baru ya). Sewaktu jaman gue SMA dulu tetangga gue yang notabenenya keduanya seorang guru SD sering minta bantuan buat ngajar matematika anaknya, pernah pula diminta bantuan input data, buat email dll. Jadi beberapa minggu lalu dateng ke rumah karena balikin buku adek, dan nanya ke gue masih inget tentang Kimia atau engga, so gue jawab inget dikit karena suka bantu adek ngerjain tugas. Akhirnya mereka minta gue buat ngajar anaknya (ngajar privat), sekitar dua minggu kemudian dapet kabar kalau jadwal privat itu di weekend, karena jadwal kuliah pun libur so gue mengiyakan. Sebenernya antara gak PD gitu ngajar karena udah beberapa tahun kan gak nyentuh pelajaran SMA wkwk. Apalagi di bangku kuliah gue gak pernah sekalipun ikut seleksi jadi Asisten Dosen ataupun Asisten Praktikum (Asprak), karena emang gak minat. Rasanya mengajar satu kelas full dengan mahasiswa sebanyak lebih dari 70 orang tuhh berat harus punya rasa sabar tingkat tinggi, belum lagi kalau kelas udah berisik dan gak konsen dengerin Asisten saat menerangkan huff. Jadi ketika banyak teman-teman gue jadi Asprak, gue memilih untuk cari kegiatan yang lain haha.

Hari pertama ngajar yaitu Kimia tentang Laju Reaksi, sebagai seorang guru otomatis harus kudu wajib hukumnya ngerti sama materi, harus matenglah intinya saat ngajar. jadi semaleman gue buka buku catatan adek [karena catatan SMA gue yang berwarna warni yang rapih lucu itu ilang sama adek, sad :( ], buku paket, dan belajar menjawab soal-soal. Tibalah saatnya belajar, well alhamdulillah akhirnya lancar, gak sia-sia belajar di SMA, fokus saat guru menerangkan di kelas, jadwal padet karena les di luar, belajar giat saat menuju UN dan SBMPTN. akhirnya cukup belajar sedikit pun masih ada yang nempel di otak sisa sisa SMA. Jadi, karena gue ini ambisius pake banget, moto hidup gue semasa SMA adalah "Jangan pernah menyerah, ingatlah ketika kau menyerah ada orang lain yang sedang belajar keras mendahuluimu" Pokoknya ketika kalian lelah belajar dan pengen menyerah, gue saranin jangan deh, insya allah gak rugi ilmunya, siapa tau bisa berguna bagi nusa dan bangsa beberapa tahun lagi wkwk.

Well selesai ngajar, akhirnya gue berbincang dengan ibunda dari anak private gue, dan beliau minta gue nyantai aja kayak dulu waktu gue SMA sering bantuin ngerjain PR anaknya. Terus beliau pula bilang sama gue kalau dulu pun gue pernah ngajar tetangga depan rumah gue yang notabenenya seangkatan sama gue cuma beda sekolah aja, sebenernya gue tuh gak inget dan gak ngerasa pernah ngajarin alias lupa ingatan -_- haha dan otomatis gue mengelak kalau gue pernah ngajarin tetangga gue, soalnya seorang Shalsa yang biasa aja masa sih pernah ngajarin orang yang seangkatan sama gue, kan gue gak pinter-pinter amat haha, tapi tetangga gue ini keukeuh bilang gue pernah ngajar tetangga gue itu. Akhirnya sepulang dari ngajar privat, gue cerita sama ibu dan ibu juga meyakinkan gue kalau gue emang pernah ngajar tetangga gue itu, kemudian gue merenung ( masa iya sih orang lain yang gak ngalamin lebih inget dibanding gue sendiri -_-, emang dasar ya lupa ingatan ini sih namanya, akhirnya gue cari-cari ingatan gue di folder otak gue #ceilah dan menemukan kenyataan kalau gue emang pernah ngajar tetangga gue itu #plak, BTW curiga gue lulus SMA dan ikut ujian SBMPT trus jatuh kejedot apa gitu ampe lupa ingatan wkwk -_-).

Seminggu kemudian, tibalah hari sabtu dimana jadwal gue ngajar tiba. Dan gue kira gue cuma ngajar kimia, jadi malem sebelumnya gue belajar Kimia dan buat rangkuman buat gue kasih ke anak privat gue. Eh jengjeng pas ketemu, ternyata doi minta diajarin Fisika. Rasanya beku seketika, rasanya perasaan gue kayak saat-saat ujian dimana gue belajar apa eh soal yang keluar tentang apa haha. Tapi tenang tetep pasang muka biasa tanpa adanya masalah, gue baca dulu buku paketnya dan coba menerangkan sedikit dan materinya itu tentang momentum impuls, tapi yey alhamdulillah bisa lancar ngajarnya, tapi kan tetep ya karena gak belajar dulu jadi gak PD. Kemudian selesai ngajar, gue nanya alias meyakinkan anak privat gue "kita mau belajar apa aja? Kimia fisika doang atau sama matematika? " dan doi jawab matematika mah masih lumayan ngerti jadi kimia fisika aja, jadi minggu berikutnya gue cuma belajar fisika sama kimia biar jaga-jaga aja sih haha, eh ternyata doi ngeluarin buku matematika jengjengjeng haha. entah kenapa kocak banget ini, baru aja pas berangkat gue nyeloteh sama adek, " gue malem belajar kimia, fisika eh ntar malah ngajar matematika lagi wkwk " eh celoteh gue jadi kenyataan ternyata ommomo wkwk. Tapi tetap dong, harus pasang muka tenang dan cool, gue baca buku paketnya bentar dan langsung mulai menerangkan, jadi materi yang gue terangin ini tentang Trigonometri yang banyak rumus cos sin tan gitu dimana sewaktu SMA gue sampe harus ngapalin ini rumus mati-matian dan masih aja ngapalin rumus sekalipun di angkot wkwk, kalau inget perjuangan menuju UN dan SBMPT tuh kocak, otak rasanya ngebul belajar mulu wkwk. So, gue belajar soalnya pun sekalian nerangin brow. Pulang-pulang ke rumah, antara gak kuat nahan ketawa karena kejadian itu. Akhirnya ibu bilang yang namanya guru harus bisa semuanya dong? so bener juga deh. Jadi inget sama guru-guru gue di SD, SMP dan SMA mungkin tanpa mereka gue gak akan bisa duduk di bangku kuliah di salah satu Universitas favorit di Indonesia yaitu IPB.

Tanpa guru SD gue gak akan bisa hafal tabel perkalian, tanpa guru SMP gue gak akan ngerti tentang hukum Newton, tanpa guru SMA gue gak akan ngerti tentang momentum impuls dan tanpa mereka gue gak akan ada di IPB. Dan dari mereka gue belajar gimana rasanya berusaha jadi orang bermanfaat dengan cara berbagi ilmu tanpa menggurui, dan akhirnya setelah sekian lama cita-cita menjadi guru gue pupus ditengah jalan akhirnya gue saat ini belajar jadi guru. Semoga kedepannya, gue tetep bisa jadi manusia yang bermanfaat, amin. Rasanya nano-nano ya manis asem asin gitu ternyata jadi guru, tapi gue menikmati kok. Well semangat shalsa! Keep fighting ^^

No comments:

Post a Comment