Wednesday 26 June 2013

Pengalaman hidup dari Drama Korea Bachelor vegetable Store


Untuk menjalani kehidupan yang sesuai dengan impian kita tentu saja tidak semudah membalikan telapak tangan. Karena pasti ada hambatan yang justu menguji kita seperti layaknya kita sekolah, ujian akan terus ada didepan kita untuk menguji seberapa sabarnya kita sebagai makhluk Tuhan. Dan ada dua kemungkinan, yaitu kita dapat melewati ujian tersebut atau gagal. Namun gagal bukan berarti membuat kita pasrah dan menyerah. Kegagalan ini akan menjadi pengalaman hidup yang justru akan berguna di masa yang akan datang. Adanya kegagalan harus membuat tindakan kita menuju masa depan menjadi lebih baik lagi. karena sebagai manusia kita memang tidak sempurna namun kita harus bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi dan lebih baik lagi.

Sesuai tema yang saya angkat dalam tulisan saya kali ini yaitu pengalaman hidup. Pengalaman akan hidup tidak semuanya berasal dari diri kita sendiri, kita bisa memetik hikmah dari pengalaman hidup seseorang. Banyak soal dalam text Narative yang akan mengajukan pertanyaan moral value dalam text tersebut. Kita dapat memetik hikmah dalam text Narative tersebut. Sebagai contoh, Film, novel, kisah seseorang dan sebagainya yang bermanfaat dan dapat kita petik hikmahnya dapat membuat kita belajar akan pengalaman hidup.

Ada moral value yang sebaiknya kita petik dan kita renungkan tentang arti pengalaman hidup dari Drama Korea Bachelor’s Vegetable Store. Saya sangat menyukai Drama ini karena Drama ini tidak hanya bercerita tentang Kisah cinta, namun arti persahabatan dan Kegigihan seseorang untuk menggapai impian mereka. Drama Korea yang pernah ditayangkan di ANTV, bisa jadi santapan kita untuk memetik hikmah dari kegigihan seseorang menggapai impiannya.  Sebenarnya Drama Korea ini merupakan kisah nyata dari Lee Young Suk yang memulai bisnisnya dengan berjualan sayuran di toko kecil tahun 1998 dan kini telah memiliki 33 toko franchise di seluruh Korea. Kisah nyata itu lalu dibukukan yang menceritakan tentang kisah perjuangannya telah diterbitkan tahun 2003, dan kini kisahnya dituangkan ke dalam sebuah drama Korea yaitu bachelor’s Vegetable Store.

Moral Value yang pertama yaitu persahabatan. Sahabat itu akan ada disaat kita suka maupun duka. Sebenarnya dalam Drama ini lebih dominan tentang persahabatannya.  Sebagai contoh, Saat Tae Yang harus mengalami kesulitan ketika Truknya di ambil alih oleh Tosa Jung dan akhirnya membuat dia harus kehilangan mimpinya menjadi Bisnisman dengan berjualan sayur. Karena merasa telah kehilangan mimpinya itu, Tae Yang dan teman-temannya akhirnya berpisah hingga suatu hari ada iklan dalam Koran mengenai kompetisi yang diadakan Group Mok Young dan pemenangnya akan mendapatkan Toko di daerah pusat kota. Tae yang sangat antusias untuk mengikuti kompetisi itu dan hendak menghubungi teman-temannya, namun tanpa disangkanya ternyata teman-temannya pun ingin bertemu dengannya dan memberitahukan mengenai iklan kompetisi itu. Disini terlihat dengan jelas, mereka benar-benar menjaga arti persahabatannya sehingga mereka ingin menikmati rasa kebahagiaan dan kedukaan mereka bersama, itulah yang namanya sahabat.

Moral Value yang kedua yaitu Mimpi. Setiap orang pasti memiliki mimpi, dan  sudah pasti ingin menggapai mimpi tersebut. Mimpi yang sangat ingin kita capai tentu saja tidak akan bergerak dengan sendirinya mendekati kita tapi kita perlu ikhtiar untuk menggapai mimpi itu dan tentu saja kita jangan pernah lupa untuk berdoa kepada yang Maha Kuasa. Dalam drama ini Tae yang bermimpi ingin memiliki toko sayur yang besar namun Ia tetap berusaha bahkan dari titik nol yang pada awalnya Ia harus bekerja di pasar, di jalanan hingga akhirnya Ia dapat mempunyai toko sayur yang besar. Semua berawal dari mimpi. Walaupun setiap orang mengejek kita dengan mimpi kita dan berkata bahwa itu tidak mungkin bukankah bagi Sang Maha Pencipta mungkin?tidak ada yang tidak mungkin. Setinggi apapun mimpi kita, selama kita berusaha dan berdoa semua bisa saja terwujud.

Pada Intinya, pengalaman adalah teman berharga dalam hidup dan pengalaman bukan hanya kita dapat dari pengalaman diri sendiri melainkan dari mana saja. Karena kita dapat belajar arti hidup dari manapun.

Terima kasih telah membaca maaf jika ada kekurangan dari tulisan ini
Sekian

Salam penulis

Shalsa 

No comments:

Post a Comment