Tuesday 17 January 2023

I am being more sensitive

1 hal lagi yang muncul di tahap kehamilan anak pertama ini, jadi lebih lebih sensitif! Apapun bisa bikin baper, bikin sedih, bikin nangis. Kayak orang paling menderita sedunia. Omaygad hormon 😢

Ketika morning sickness yang menguras isi perut dan energi, yang paling diinginkan tentu saja pukpukan sambil bilang everythings gonna be okay. Atau ambil air panas karena semua bagian tubuh tremor seketika mulut pait dan seret. Atau dipijitin dibagian tengkuk leher. 

Iya selebay itu dan serapuh itu. Padahal sebenernya at the end ngambil air panas pun bisa sendiri. Cuma ada part emosi yang bikin sedih aja gitu. Pokoknya sedih no matter what. Lalu muncul bayangan lagi lemes aja masih bisa ke dapur dan masak air sambil nahan ingin pipis. Tapi dibales dengan ambilin air anget buat tenangin tenggorokan setelah morning sickness gak bisa. Ada loh pikiran dan sensitifitas kayak gini.

Untungnyaa, di saat sensitif dan jadi manusia super baper ini, terus regulasi emosi dan liat bright side. Kalau pasangan ini bukan lagi nyantai tapi lagi siap2 ke kantor, kalau dia baru skip 2x, kalau dia bahkan masakin roti dan nasi goreng. Jadi walaupun baper setidaknya gak yang sampe bikin nangis karena kayak ga dipeduliin.

Lalu sebuah pikiran negatif nan sensitif muncul, apa orang orang bosen dengan segala keluhan gue yang sama tiap harinya. Kayak sebuah rutinitas muntah sakit perut lemes mual dsb. Tapi kan kalau dibilang bosen, gue yang paling bosen gak sih? Bosen nahan diri gak muntah tapi ujung ujungnya muntah, bosen nongkrong di toilet lama sambil bawa hp karena ada keinginan mau bab tapi ga keluar keluar, bosen bulak balik toilet karena keinginan pipis yang terus menerus dan rasanya gaenak, bosen mual karena bau bauan aneh bahkan yang keluar dari tubuh sendiri, bosen buat cuma rebahan karena lemes tapi pikiran ke kerjaan, bosen buat terus ada di rumah padahal ingin keluar rumah tapi sayangnya ga mampu. Bahkan bosen sama suhu yang naik turun ga jelas, sebentar sebentar merasa gerah panas sampe keringetan, lalu 5 menit kemudian merasa kedinginan sampe menggigil. 

Bahkan sensitivitas ini gak cuma muncul dari pasangan ataupun keluarga tapi juga dari orang lain kayak partner kerja. Info ijin cuti 3 hari dengan bilang "disuruh cuti" aja pake ditanya "disuruh siapa?". Bahkan bilang kalau dia pun ada rencana cuti di tanggal segitu, seolah emang gue gak boleh cuti di tanggal yang sama. Tapi untungnya gue udah submit duluan. 

Sensitivitas ini pun bikin gue mudah kesal sama diri sendiri. Karena gatau kayak ga punya kontrol atas diri sendiri, jadi makan susah, jadi bulak balik ke toilet yang bikin sensi karena cuma wasting time, jadi boros karena gamau makan nasi dan banyak pengen naninuneno, jadi kesel liat kulit wajah karena butek banget, kesel sama kaki sendiri karena terus ada gerakan mendadak kayak tremor dan kesentak, bahkan gue kesel ketika mata gue merem karena ngantuk yang tak tertahankan. Gue juga kesel karena ketika perut sakit dan dikompres tapi ternyata kepanasan dan kalau didiemin taunya dingin dan ga ngaruh apapun. Gue juga kesel naik turun kursi buat mati nyalain kipas karena suhu yang naik turun gatau maunya apa. Dan semua bergejolak bikin gue makin hari makin lelah

Ingin bilang fck hormone, tapi hormone ini membantu si dedek bayi untuk bertumbuh. Omaygad rasanya emang butuh kekuatan penuh secara fisik, mentally dan spiritually. Karena jujur semua lagi dihajar habis habisan. Tingkat stres gue pun lagi diuji

No comments:

Post a Comment