Sunday 17 December 2023

Goresan Mother's Journal #16

 beberapa hari ini dengan kerjaan yang full, capek fisik tubuh renda, fisioterapi belum mulai2 lagi tapi terus maksa tangan takketikketik, pumping ASI jadi sedikit dan dedek yang suka nempel mulu dan dikit-dikit digendong tuh bikin gue entah kenapa jadi rese, jadi kesel mulu sama paksu, jadi butuh affirmasi, butuh istirahat. ASI jadi lebih seret dan kemarin gue coba buat pijat laktasi, gue tanya ke temen2 kenapa kok gue kerja ASI gue seret. dan temen gue pun sama. gue makin kepikiran makin sedih makin bikin produksi ASI turun. dan pilihan yg tepat buat pijat laktasi untuk ibu baru kayak gue karena, bukan soal bikin ASI melimpahnya tapi bikin guenya kayak dikasih suport. bu bidannya bilang "ga perlu dipikirin teh ASI jadi turun, toh anaknya juga gendut dan naiknya jg tercapai kan berarti ASInya ada dan sesuai kebutuhan si anak. bahkan didukung sufor berarti ada rejekinya. bersyukur aja teh. gausah mikirin aneh2, insya allah ASInya banyak lagi. ini karena teteh stress dan kecapean aja"

Dan memang iya sih akhir akhir ini bner2 kecapean dan pikiran tuh kayak saling niban. bahkan dalam seminggu udh 2x gue dehidrasi. pertamapas malem ada paksu dan yang kedua tadi siang. lagi makan tiba2 mual mau muntah, ulu hati sakit, pusing kleyengan kepala sakit, badan gaenak. dan gue rasa emang kelelahan + dehidrasi. 

tadi malem aja baru tutup laptop jam set 12an sampe ngantuk2 dan paksu nemenin sambil nonton. dalem hati tuh sedih aja rasanya karena gue merasakan yang erin rasakan, yang zia rasakan. frustasi terhadap kerjaan dan kehidupan plus badan ringsek. dan pantesan itu yang membuat ASI gue seret. kecapean sama status yang gue hadapi saat ini, momworking. ketika ASI seret, saat itu juga gue merasa gagal jadi ibu yang niatnya mau kasih ASI eksklusif dan gue takut malah ketika ASI seret, dedek jadi ga achieve BB bulannanya. pokoknya isi kepala tuh banyak bgt yg dipikirin. 

No comments:

Post a Comment