Sunday 17 December 2023

Goresan Mother's Journal #17

 setelah menghabiskan waktu diluar seharian kemarin, makan di mall dan juga anter kucing berobat. untuk pertama kalinya dalam hidup gue untuk satu mobil bareng kucing, dan sialnya itu kitten pake pup dan bikin gue mabok dimobil, sambil mual2 gue bilang gamau tau itu mobil kudu dicuci. jangankan ke kitten, ke ochi aja klo adek minta ochi naik mobil dianter ke petshop, gue udh ngomel2 harus bgt pokoknya itu mobil di cuci. gue nganter ke dokter hewan sambil speechless sendiri "why iam here" dan dokter hewannya itu temen sekelas chairmate pula dan dia tau banget betapa gue ga suka binatang dan kaget ketika paksu piara kucing. gue rasa Allah lagi menguji tingkat stres gue ga cuma dihantem dari satu dua pintu deh, ini ada tambahan stres karena kucing.

lalu pergi ke mall dan makan kimukatsu, kenyang banget dan dedek teriak2 yang gue kira dia mau mimi, eh taunya pup brutal sampe ke punggung, mana kena tangan gue dulu. dikasih tatapan gemes dari dedek yang bikin pengen cium brutal. sepulang dari mall, kaki tangan rasanya lelah banget. alhamdulillahnya masih ada enin dan enin mau mandiin dedek, jadi gue punya waktu buat mandi dulu sebelum akhirnya ke dedek lagi.

aniwei waktu berlalu begitu cepat sampe gue kelelahan sendiri, ketika weekday tau2 udah sore aja dan kerjaan belum kelar tapi tante yg ngasuh dedek udah waktunya pulang, atau ketika dedek udah bobo dan mamah kembali ke kamar buat tiktokan. gak sekali dua kali gue pegang laptop disamping dedek, CTS gue kambuh? apa itu CTS, bablas terabas coy. makanya gue suka sedih aja ketika paksu sekarang ga banyak gantian pegang dedek, soalnya tulang2 gue aja keropos sampe bangun dari duduk atau tiduran tuh susah banget, hari hari gue aja buru2 dan WFO itu kayak bentuk refreshing gue melepaskan diri dari rutinitas seorang ibu buat fully mengisi diri gue. tapi gue di tahap lelah kalau harus kasih tau paksu apa yang gue rasain, apa yang bikin gue capek, apa yang gue inginkan dari dia. 

disaat pagi2 mata masih sepet karena masih ngantuk, dedek bangun karena ganti pampers dan minta mimi. rasanya pengen tidur lagi tapi ga sempet. lalu karena gue masih punya ayam, gue ingin masak soto ayam lumayan daripada beli makan keluar. dan soto juga paksu kan suka jadi bukan masakan yang cuma dimakan gue sesuai kalimat protes paksu yang bilang "menu masakannya mah yg kamu makan doang, bukan yg aku suka". kadang suka bingung, dia tuh tau ga sih banyak yg dipikirin, kalau masak double dan ga dimakan kan rugi juga buang2 uang doang. dan spend buat masak juga ga sedikit, 1 juta gakan cukup sebenernya, tapi gue bilang iya iya aja karena gamau ribet menjelaskan yang mana cowo gatau soal dapur.

disaat mau masak, salam sereh dan kara belum gue beli alhasil nitip ke mamah. tapi ketika barang2 lengkap, dedek minta nen dan bikin gue sempet ketiduran sebentar. dan ternyata mamah yang akhirnya masak. disaat gue gaenak sama mamah mau coba bantuin masak, mamah bilang gapapa biar mamah aja, karena mamah tau kalau si dedek butuh gue ibunya. lalu paksu ke dapur dan protes "loh kok jadi mamah yang masak?". mamah ngejawab "gaapap itu kan si dedek nangis pengen sama ibunya". trus gue kesel dengan kalimat dia entah kenapa gue bener2 kesel gue bilang "ya kan si dedek nangis dan gada yg jagain jadinya mamah yg masak" dalem ati gue "karena si mamah kasian liat gue, anak nangis bapaknya sibuk sama kucing dan main hp, tapi masih gue yang mandiin, ganti pampers, bikin susu, nenin dia, gendong dia. jadi mamah ambil alih dapur buat masak soto". trus dia ngejawab aja lagi dia bilang "ya kalau aku punya nenen juga aku yg nenenin". disitu langsung deg pengen nangis rasanya sakit hati, cowo yang mengklaim dirinya orang yang paling PEKA ga liat apa kalau daritadi juga gue banyak kasih sufor, gue bikin sufor, dia bilang botol abis alias pada kotor gue cuci gue steril. trus hanya karena mamah ambil alih dapur dan gue gajadi bikin soto karena ngurusin anak kita, dia membalas kalimat gue dengan kalimat tidak empati. gue langsung diem tapi hati gue dongkol, sedih, marah kecewa jadi satu. 

disaat gue selalu mikirin dia, bahkan soal ide bikin soto tapi kondisinya ga terlaksana, dia ngomong ga disortir ga mikirin perasaan orang lain. sampe mamah bilang ke gue "garem itu ga pernah larut ke atas pasti ke bawah" yang maksudnya itu peribahasa kalau buah ga jatuh jauh dari pohonnnya, ya paksu ga jauh2 dari bapaknya gitu maksud mamah. makanya kenapa mamah bantuin bikin soto karena mamah ngerti capeknya gue. 

Karena hal tadi bikin gue bener-bener ditahap ketawa sendiri karena paksu waktu liat status kakanya yang bilang kalau istri pengen ada inisiatif bantuin ngurus anak karena jadi stres. lalu paksu narsis bilang untung dia ikut andil ngurusin dedek bukan yg angkat tangan bodo amat. oke dia memang masih ikut andil, tapi ga bisa dipungkiri, dia juga sering angkat tangan, mengatasnamakan "kayaknya dedek mau nen". tanpa liat gue capek, gue sibuk, gue kurang me time, asi gue lagi seret, bahkan tanpa menyadari gue jadi lebih sering murung, nangis sendirian dan kesepian. 

Paksu ngerasa dedek jadi lebih rely on ke gue, jelas karena gue lebih banyak menghabiskan waktu dengan dia. bahkan disaat banyak kerjaan pun gue tetep menahan diri kewarasan gue buat tetep sama dedek. paksu ngerasa tatapan dedek selalu ke gue even lagi digendong dia, karena gue bisa menyingkirkan banyak hal termasuk hp saat sama dedek. dedek selalu no 1 bahkan untuk gue yang selfish dan mengutamakan diri gue dulu dibanding orang lain, ketika dedek lahir, dedek bahkan no 1 dibanding diri gue. so ya makanya gue makan cepet, mandi cepet, kerja cepet, jalan cepet. semuanyaa cepet. sekarang ketika punya kitten, tentu fokus paksu kebagi, dan itu ga cuma gue rasakan, mamah pun merasakan itu dan sayangnya ga dia rasakan. lalu apakah gue harus komplain depan muka dia? gue ditahap capek. coba kapan terakhir kali dia mandiin dedek di weekend. bahkan sebelum operasi aja yang dia sakit bokong, dia masih mau mandiiin dedek. ketika dulu kita merasa mandiin dedek itu kayak me time kita sama dedek.

No comments:

Post a Comment