Sunday 3 December 2023

tumbang

Beberapa hari ini ngerasa badan lebih gampang capek dan tangan sering sakit. Gue sampe mikir apakah ga ngaruh fisioterapi. Setelah menyusui juga sering tiba tiba muter isi kepala kayak vertigo. Pertanda dehidrasi dan kelelahan. Tp walau dedek sekarang tidur malamnya lebih lama tapi ternyata memang menjalani rutinitasnya ini sungguh melelahkan. 

Minggu lalu pun ada momen abis pergi jemput kitten dan pulang pulang langsung buka laptop. Kayak ga dikasih jeda. Mana perjalanan jauh gendong dedek pula panas panasan.

Tapi setelah jadi ibu gue ternyata jadi quote n quote menyepelekan tubuh. Sinyalnya udah lama. Kalau gue kurang zat besi, sering mual dan pusing kleyengan. Tapi bablas terabas aja terus. Kaki sering tremor juga lutut jg sakit sampe terapis fisioterapi bilang jangan banyak jalan dan naik turun tangga. Tapi gendong anak ga sambil jalan kek ga mungkin.

Alhasil hari ini secara tiba2 mual pas banget abis nyusuin dede sebelumnya badan greges dan pusing kleyengan kayak darah rendah. Gue rasa memang drhidrasi karena tenggorokan cepet kering dan bawaannya pengen minum. 

Kalau kata ibu sih, seorang ibu suka kalau sakit ga dirasa. Dan gue pun begitu sekarang...
Kalau ditanya apa yang dirasa? Semuaa 
Fisik, pikiran dan hati semuaa mua mua. Ingin rasanya meliburkan diri. Ingin rasanya dipijit tanpa diminta, diperhatiin. Tapi cuma bisa membisu bukan berarti paksu gakan ngelakuin itukalau gue mihta di beberapa part ada hal yang bikin gue males untuk meminta, kayak pijatan oksitosin salah satunya. Jadi gue cuma bisa meremin mata dan berharap jangan sakit. Dan berharap dedek mau dipegang orang lain dulu selain gue.

Tapi setelah searching gejala gue ini mengarah ke dehidrasi untuk busui. Sedihnya, ternyata ga cuma drama hamil dan melahirkan yang gue rasakan. Drama menyusui pun ada. Walau bukan bikin gue masuk rs karna mastitis atau pembengkakan kelenjar susu. Tapi dehidrasi parah. Kalau lagi kayak gini emang pengennya dimanja, cuddling dipukpukin dikasih kata semangat dan diapresiasi karena udah bertahan, belajar dan terus berusaha kasih yang terbaik buat anak terutama lewat ASI. 

No comments:

Post a Comment