Monday 20 March 2023

What Are You Looking For From Validation?

Lagi trending topik RA selingkuh sama pekerja di andara sampe bikin netizen kesel, misuh misuh dan ngatain fuck u lu Raffi awas bikin cipung lucu nan gemas2 dan rafathar yang ganteng dan hepi di jepang ini sedih. Lalu bermunculan teori tentang perselingkuhan sampai ke statement yang dimana isu perselimgkuhan muncul, stetement ini selalu muncul "Once cheater always cheater. Jadi kalau ketemu pasangan udh red flag selingkuh diawal ya tinggalin karna pasti akan diulangin lagi".

Wow untung yang punya trauma infidelity tentu triggering yaa dan kayak langsung bagian otak mikir "ah serius? Masa sih?" Lalu jadi overthinking. Sampe ketemu kalimat tadi yang bilang selingkuh itu mencari 5% buat melengkapi kekurangan padahal 5% itu sebenernya bisa dengan cara ngomong baik baik. Kebetulan banget pernah selewat nontonin podcast onad yang narsumnya bahas soal "selingkuh karna sex". Si narsum itu bilang seringkali ada pemikiran dari cowo yang mau vanilla sex aja gamau nuntut istri macem2 tapi selingkuh buat cari how si selingkuhan bisa memperlakukan yang dia mau misal mau jadi koboylah etc. Dan kebetulan si narsum ini pernah juga ada pembicaran sama suaminya kalau mau explore sex biar ga monoton, tapi si suami malah ngomong "kok kayak cewek nakal sih ngomongnya". Well disini gue jadi paham kalau konsep cewek baik untuk dinikahin dan cewek nakal untuk diajak main main itu common bgt di pemikiran cowo2. Jadi pengennya ya menikah menjalani pernikahan sama istri dan cewek yang punya B3 baik semua, tapi untuk menyalurkan fantasi downgrade. Padahal semua bisa terselesaikan dengan ngomong. Istri pun bisa loh jadi nackal.

Jadi inget tontonan Sex Life, pemeran cewek ini selingkuh karena ngerasa Sex lyfe sama suaminya monoton, ditambah dia udh lahiran dan insecurity muncul gitu aja, bayangin aja pengen bayangin yang enaena tapi malah keluarnya ASI atau bocah nangis dsb. Suaminya yang ngerasa baik2 aja dan monoton bikin dia akhirnya melampiaskan diri dengan selingkuh, dia nulis pengalaman menyenangkan dengan mantannya yang mana pas dibaca suaminya bikin hubungan gonjang ganjing. Sampai di Season 2 ini, di ending bikin nyes ketika suaminya bilang "you are my love..you are my true love" tapi sampe keputusan cerai ini ternyata bikin si suami setrauma itu karena cinta bgt sama istri tapi dia gabisa komunikasi yang baik, istrinya udah ngegoda kayak gimana pun tetep flat bgt. Padahal si suami karirnya bagus bgt. So complicatedlah intinya.


Balik lagi ke isu perselingkuhan tadi, gue pernah baca dari buku kelas cinta kalau perselingkuhan itu akibat bukan penyebab, sebenernya hubungqnnya udah rusak
.entah karena saling memendam dan ga saling jujur dan sembumyi dibalik "aku mengerti kamu maka aku gamau maksa kamu" tapi dibalin itu ada beban yang disimpan di hati yang lama lama itu yang ngerusak hubungan. Dan kalau dari sisi psikologi kenyataannya banyak yang akhirnya nyari validasi ke luar. Validasi ini penyebabnya karena insecure, ada dalam diri yang ngerasa hebat kalau dapet validasi. Well di kelas cinta pun diajarin kenapa kita harus kasih validasi ke pasangan, karena sebagai human being validasi kalau kadarnya ga berlebihan memang perlu bahkan di dalam hubungan bikin keseimbangan dan makin lekat.
Aniwei soal validasi, gue selalu bilang ke pasangan untuk berhenti mencari validasi dari orang lain. Kalau terus mencari validasi ke orang lain pada akhirnya akan "gue keren kan udah nikah, karir gue bagus. Lo nyesel kan udh nolak gue. Sedangkan hidup lo begitu begitu aja" contoh ke orang yang pernah nolak dia misal. Nikah, karir bagus bukan sebagai tolok ukur dan membuat lo akhirnya disegani sama orang lain atau dipuja puji sama orang lain. Karena pada akhirmya peple come and go, mmisal udah dapet validasi, then what? Misal udah punya fans, lalu apa selanjutnya? Gak ada. Kadang kita perlu feel enough dan validasi muncul dari dalam diri. Mencari validasi dari orang lain buat jadi utuh itu problem akhirnya ya hidupnya insecure aja terus.

Bahkan gue selalu bilang kalaupun pasangan gue lebih lebih dari gue dari segi karir, uang, atau ilmu. Im fine with that karena memang gue mencari pria yang kayak gitu bukan yang dibawah gue. Dan gue tidak menjadikan dia lantas kompetitor, karena gue akan ada jalan yang gue kejar dan gue jalani tanpa harus liat kiri kanan. Tapi gue disamping dia buat fully support as long as dia on track dan menunjukan kesetiaan. 

Ada lagi cerita dari menfess yang intinya si cowo itu ngerasa kesel pacarnya ngomong bahasa inggris terus sedangkan dia ga paham. Kalau gue punya pasangan kayak gitu yang selalu jalan di tempat, pasti Im sorry goodbye karena gue ini anaknya ambisius dan selalu ingin lebih untuk diri gue. Jadi kalau buat sekedar masalah bahasa inggris dan lo ngerasa kesel pasangan lo ngomong itu mulu karna lo ga paham tanpa usaha belajar, wow tanpanya ga apple to apple. Ga sebanding. Sedangkan gue pas lempar statement ini ke pasangan justru dia langsung ngomong pake bahasa inggris dan gue bales b.indo. pasangan gue dalam perjalanan hidupnya sekitar 3 tahunan banyak belajar, dan itu yang membuat gue bangga. Sekalipun belum bisa selancar orang bule ngomongnya atau apapun, gue sangat menghargai dia karena dia mau belajar. Gue percaya pada kesungguhan menghasilkan keberhasilan, belajar menghasilkan kesuksesan. Gue ingin kesuksesan dia itu bukan untuk mencari validasi orang lain melainkan dari diri sendiri. 

Ada lagi cerita kalau si cowo pacaran tapi ceweknya tipe yang karir dan generasi sandwich dan dia minta saran di menfess dia bilang "apa dia terima aja keputusan si cewek yang kerja ini saat ini tapi pas udha nikah gue suruh berenti buat jadi IRT aja". Tentu pria jenis ini langsung diserang sama netijen. Karena pertama ceweknya generasi sandwich, otomatis dia aja udah struggling wey sama hidupnya harus menafkahi keluarganya trus lo seenak jidat ngeiyain sekarang sedangkan pas udah nikah mau lo suruh berenti. Minta dikelepak palanya emang! Padahal kalau memang dia gabisa terima cewek bekerja yaudah silakan walk away dibanding lo iyain sekarang tapi pas nikah ingjar janji. Gue pun pas pacaran ngomong kalau gue suka bekerja, gue suka berkarya, dan gue suka fangirling. Jadi pas nikah pun tetap suka. Tapi kadar fangirling pasti berkurang cuma jangan larang hanya karwna pas pacaran oke boleh kerja boleh fangirling tapi pas udh nikah dilarang kerja dan harus dirumah doang nurut sama suami. Tipe begini sih mending dari awal balik badan jalan kan daripada terbelenggu..ceilah.
Alhamdulillahnya pasangan gue ini tipe yang support selama gue menjalani kewajiban jadi istri. Ya ga mungkin kan gue sibuk kerja sedangkan laki gue kelaparan trus gue bodo amatan.

No comments:

Post a Comment