Wednesday 22 November 2023

Goresan Mother's Journal #11

Hari kedua kerja dan berat hati masih sama.
Sampai dikantor siang pun langsung fokus kerja bukan ngobrol. Sedangkan headset dipasang di telinga buat denger cctv takut dedek nangis. Plus pake apron nyambi pumping. Definisi multitask sesungguhnya.

Jam ser 7 kurang langsung turun ke bawah, mana bawa kado dari temen dan cukup ribet. Alhamdulillah ga macet ke cawang jd lebih cepet cuma banyak yg berubah, pintu masuk cawang sekarang beda. Jadi harus jalan lagi ke depan dari titik pemberhentian. Pas nunggu paksu, sambil cek lokasi paksu. Tiba2 lokasinya eror dan tau2 kereta yg hampir ketutup ada paksunya. Sampe mikir duh paksu hampir aja kereta kelewat. Masuk kereta dg bawaan 2 gembolan ribet banget mana kereta penuh kaki gemeteran karena bener2 masuk pas pintu di tutup. 

Chatan sama adik dan dia bilang hati2 karena bogor hujan petir. Gue dan paksu memilih buat beli doclang dulu buat makan sambil telp mamah apakah ada yg mau dititip. Itupun mamah ngomongnya berbisik gue pikir oh iya mamah kayak gitu pasti dede bobo dan takut dedek kebangun. Tau2 pas gue sampe rumah, liat dedek gada di ruang tengah. Dan bener aja dedrk dikamar mamah plus mamah lagi pake sound car sama headphonenya dan sambil nyanyi. Sebelahnya dedek tidur nyenyak. Gue saat itu speechless. Dari yang seharian seneng karena gue liat cctv mamah banyak ngobrol sama dedek, ga ninggalin dede di ruang tengah ke kamar buat cek hp, ga tiktokan, kayak tiba2 rubuh semua karena liat mamah nyanyi disaat dedek tidur. I mean, dedek di ruang tengah mamah nyanyi aja pintu selalu di tutup. Kok ini nekad nyanyi sebelahmya dedek lagi bobo. Kenapa gitu ga sabar berapa menit lg juga gue dan paksu sampe rumah. Gakan lama ga sampe set jam. 

Walau alasannya diundang sekarang sama temennya jadi mikir emamg susah ya orang yang susah bilang engga. Nolak ke temen buat ga join sekarang kenapa susah banget? Gue jadi mikir kalau diundangnya jam 7 apa jam 7 mamah mau langsung nyanyi? Disaat gue ga suka loh mamah tiktokan deket dedek. Disaat udah mulai percaya mamah bisa jagain tinggalin tiktok sebentar, jadi takut percaya lagi. Jadi lebih milih mending dedek di ibu/ibu kesini dulu nunggu sampe gue pulang. 

Drfinisi hp toxic tuh beneran. Kayak capek gitu. Yg awalnya support mamah as personally. Sekarang jadi memudar karena mamah gabisa mengkondisikan waktu dan tempat apalagi ada bayi disini. Ketika sama paksu bahas soal ibu di hari pertama gue kerja yang dateng tanpa gue minta pure inisiatif melang ke dedek, dan paksu kasih different pov kekecewaan mamah yg ga gue percaya dg highlight ibu dateng disaat hari pertama gue kerja. Ini hal yang sama, hari kedua gue ngantor dan mamah tiktokan live nyanyi2 disaat dedek bobo disebelahnya. Read : disebelahnya. 

Gimana gue bisa percaya? Gimana gue bisa mempeecayakan dedek disaat mamah aja gabisa nolak temen tiktoknya yg ngundang. Disaat mamah gabisa bersabar nunggu gue dan paksu pulang, padahal gue mandi buru2 loh makan aja gue entarin. Disaat mamah gabisa lepas dari layar tiktok. Gue bisa percaya ke mamah aja dg catatan ga nyambi tiktokan. Gak nempel mulu headset sampe ketiduran. Sekarang kalau ibaratnya level yg gue ga suka ini 2 teratas, yang paling pertama ngajak dedek live tiktok yang kedua live tiktok sebelah dedek.

Kenapa mamah harus pembuktian bisa jaga dedek ke gue terutama paksu. Sampe bilang ga anter dedej ke rs aja takut paksu marah. Kenapa semua buat pembuktian. Mamah harusnta pembuktian itu ke dedek bukan ke kita. Bener2 fokus ke dedek. Bukan demi gue dan paksu liat. Karena gue ga percaya sama definisi berubah demi orang lain. Walau paksu membuat komparasi saat dia dulu yang melakukan pembuktian dengan ngasih ABCD, pengen gue balesnya kayak "tapi berapa kali disaat gue udah percaya jatoh lagi bohong lagi sampe ditahap bikin gue muak". Berubah demi orang lain hanya menghasilkan yang sifatnya sementara. Gue selalu bilang ke paksu kalau berubah demi gue, disaat gue gak ada dia akan belok lagi ke jalan ga bener lagi. Berubah demu pengen hidup lebih baik, karena gue gakan selalu bisa ada bareng dia kan. At the end paksu berubah, yang dulu dia lakukan ga dia lakukan lagi karena konsekuensinya berat kalau ngelakuin lagi kan. Jadi yaa ada beberapa orang harus dapet tamparan dan konsekuensi berat dulu baru bisa berubah jadi kayak boomerang. Ketika lo doing A lo akan dapet hal buruk B loh, emang mau?

Dan yaa Gue jadi ditahap ke kantor ga se excited dulu lagi, ga setenang dulu lagi. Kecuali dedek dijagain ibu yg rela lepas hp kalau jagain dedek. Disaat momen kantor tuh momen menyenangkan buat gue. Disaat kerja jadi hal menyenqngkan buat gue. Tapi hati gue ga tenang disana. Hati gue berat. Rasanya ingin terus bawa dedek kemanapun gue pergi.

No comments:

Post a Comment