Wednesday 22 November 2023

Goresan Mother's Journal #12

Setelah menimbang2 akhirnya bisa ngomong ke mamah. Dan ya ketika udah ga kesel lagi rasanya lebih mudah buat ngomong ya. Soal ibu baper kayak gaboleh ke cucu sendiri. Dan soal salah paham. Ketika manah berpikir kalau itu tanggung jawab mamah ketika tante pulang, ibu sedih karena dedek ga digendong sama ibu. Well manusia itu ribet yaa. Dan gue pub manusia jadi gue ikutan ribet wkwk. Tapi gue tipe yang gamau dibikin pusing sama hal2 begini tapi paksu selalu ngomong itu PR kita sebagai anak.

Dan gue pun bilang notes gue kalau dedek jangan diajak tiktokan, karena mamah nyanyi di kamar aja dedek tidur di depan pintu kita tutup biar ga keberisikan apalagi ini dedek sebelahnyaa. Dan alhamdulillah mamah mengerti dan gakan ngulanginnya lagi. Mamah malah bilang "malah kalau ibu mau kesini pas neng ke kantor dan malem2 gapapa kok kesini aja. Jd mamah bisa tiktokan".

Mamah ini tipe yang jujur ketika ngobrol sama gue dan sebagai menantu dan posisi anak gue iba, kasian dan support mamah tiktokan karna kayak orang yang kehilangan masa mudanya buat bebas. Nikah muda dan menikah dan hidup dengan tuntutan, larangan yaa akhirnya bikin jadi kayak burung lepas ketika status anak dan istri udah hilang ga sih? Gue jadi melihat diri gue yang berkebalikan sama mamah. Mungkin mamah ketika jadi anak bukan tipe yang ketika dilarang trus tetep keukeuh. Kalau gue kan pas masih kuliah aja ada yang demo ke jakarta dan gue ikut ngeliput sampe masuk ke jaring2 besi gitu, gue baru bilang sama ibu pas udah sampe jakarta. Gue jadi anak yang "kalau gue merasa gue ingin melakukan A gue akan melakukan A. Karena gue ingin ibu trust and see". Jadi inget pas dulu debat sampe marah sama ibu segitu ga dibolehinnya kerja di jakarta, gaboleh terima tawaran wartawan di tVOne padahal tesnya aja panjang. Gue tipe yang keukeuh sedangkan mamah tipe manut. So sebagai posisi anak jadi lebih simpati. 

Tapi ketika dedek lahir, support gue ke mamah berkurang karena gue ga lagi memandang posisi gue tapi kenyamanan dedek dan lebih ribet lagi. So jadi kayak banyak ngebatasin mamah. 
Kayak kemarin pas WFH gue feeling guilty kayaknya udah sempet kesel sama mamah, mamah lagi sariawan gue ke indomaret buat beliin larutan rasa jerul dan alhamdulillah ngaruh udh sembuh sariawannya. 

Kadang kalau curhatin mamah ke paksu tanggapan paksu suka jd boomerang ke gue yang kayak dianggap cuma pro ke ibu bukan ke mamah. Padahal sama aja, dua2nya kalau bikin kesel ya gue pasti ngomong. Bedanya klo kesel ke ibu lebih banyak ceritanya ke duti. Kalau ke mamah ya paksu. Di mata gue gada yg beda. Mamah sama ibu sama2 orang tua yang ga pernah gue bedain. Bahkan gue sering berkali2 ngomong soal baju cuciin aja ke tante rini, makan jangan ngasal masak sendiri apa aja, makan aja lauk yh dimasak, buah yg dikulkas makan makan aja. Sampe kripik tempe dr bandung si mamah mau, ibu yg bilang ke gue karna mamah mau nunggu gue buka. Gue bukan tipe perhitungan apalagi ke ortu cuma karena selfcentria gue lebih besar jadi terkesan ga peduli sama mamah kali ya di mata paksu. Padahal klo mo ngomong mah banyak hal2 yg paksu gatau dan gue juga bukan tipe yg hal kecil diomongin gue abis ngasih apa. Abis beliin apa. 

Dan hopefully kedepannya mamah bisa tau waktu dan tempat ketika tiktokan. Karena kalau emang udah jadi habit ditambah personalitynya gaenak nolak. Jadi agak sulit tapi term & condition udh gue kasih tau. Biar sama2 enak juga. Karena sebagai anak gue ga pengen mamah hidup buat pembuktian mamah bsa jagain dedek ke gue ataupun paksu tapi hatinya ada keingina  gantian jaga sama orang lain. Tp cuma buat gitu doang. Gue jadi keselnya mending gue yg ngomong ke mamah dibanding paksu yang kalau ngomong suka nyelekit sampe kalimat jujur mamah ke gue adalah takut sama paksu. 

No comments:

Post a Comment