Friday 17 November 2023

Goresan Mother's Journal #9

Udah mulai kerja tapi hati ini berat rasanya ninggalin anak. Kayak sakit banget. Dikantor pun diajak jajan udah ga senikmat dulu lagi, my baby boy udah ga didalem perut jadi gabisa ikut2n kemana2. Kerjaan gue jadi ngapain kemarin ngantor? Membiarkan orangw cerita tapi tatapan gue ke cctv hahaha. I miss my baby so much. Padahal ngashh bayi capek. Apalagi dia kalau minta nen rusuh bgt wkwk. Tp tanpa itu hampa aja gue gitu. Tanpa dia diperut gue hampa padahal jdnya gue lebih ringan bergerak.

Menjadi ibu bener2 mengubah gue, tapi gue enjoy menikmati momen ini. Gue bahagia dengan ada paksu disamping gue dan ada baby pula. Dengan melihat mereka aja sehat gue bahagia. Jadi ya kebahagiaan gue bikin gue malah suka skrolling shopee lazada buat beliin paksu dan dedek printilan wkwk. Kayak kmrn celana buat paksu, kek hepi aja gitu. Paksu yang apa2 harus lauk walau udh budgetin dan rasanya kurang tetep muter otak buat nyetok lauk even ayam goreng buat paksu. 

Keberadaan mereka bikin gue hepi, tapi namanya hidup ya ada aja yg bikin sad. My mom. Disat gue kerja kemarin, dan gue menitipkan dedek ke mamah karena percaya pasti dijagain dan lepasin tiktok. Tapi disaat yang sama namanya cucu pertama, ibu dan adek gloomy bgt kasian sama dedek yang ditinggal ibunya kerja ke jakarta. Sampe ibu datenglah ke rumah karena seharian ibu ngejait karna ada pesanan jahitan. Baru dateng jam set 6 sampe rumah dan disusul adik. Buat gue silakan aja main toh ibu juga sekarang udab berkurang datengnya kesini. Seperti dulu obrolan sampe paksu nadanya tinggi soal bahasan "kasih waktu dedek main sama mamah". Gue tak pernah melarang dedek main sama siapapun selama ga disambi hal yg gue ga suka. Gue jg bilang ke ibu dan nyatanya rasa gaenak ibu yg sering dateng kesini bikin ibu jd jarang kesini yang gue sering becandain ibu punya abi. Padahal mah ya ibu bukan yg dilarang ini itu, abi bener2 treat ibu dg baik bahkan suka ngebolehin ibu silakan berjam2 di rumah dedek main soalnya ibu dikit2 update status dedek. Selalu nanya dedek. Selalu kangen dedek. Disaat yang sama buat bawa dedek ke rumah ibu pun rada susah karena kasian jg paksu gamau klo dedek angin2 terus. 

Gue kayak diposisi serba salah dan rasanya jengah. Pernah suatu ketika paksu nanya "kok ibu jarang kesinu". Dalem ati tuh kayak "ya kan katanya membiarkan ibu dg rasa gaenaknya yaudah jgn dilarang" gue kasih morfin tp malah bikin ibu jarang kesini. 

Sampe pas hari gue kerja, ibu dateng malemnya ibu chat "sha dimana. Ibu pulang tunggu kamu atau ibu plg skrg". Lagi2 gue jawab "terserah ibu. Mau tunggu sok. Mau pulang jg gapapa". Akhirnya ibu memutuskan pulang. Ternyata kata ibu "mamah bilang ntar kemaleman. Kayak nyuruh ibu pukang mulu. Padahal ibu pengen sama ghava sampe kamu pulang. Dan duti juga kan masih kangen dia baru datenf". Dan pas ibu dateng memang mamah ngiranya gue yg nyuruh ibu dateng padahal pure gue ga nyuruh apapun, gue seperti kata paksu membiarkan dan mulai kasih kepercayaan ke mamah. Sampe pas ibu dateng ditanya apakah disuruh gue "ibu jawab ibu kepikrian aja sama dedek. Tiap hari kangen terus. Pengen selalu deket apalagi ini hari pertama shalsa kerja". Sampe akhirnya ibu pulang karena kata mamah udah malem dan ini bukan pertama kalinya, sebelumnya sama abi. Padahal abi ga ngeburu2in juga. Tp disuruh pulang juga. Sampe ibu sedih harus buru2 pulang. Sampe gue bilang ke ibu, yaudah kalau ibu mau lama dirumah gausah sama abi. Padahal abi itu pengen nganterin dan nemenin ibu sekaligus mau ketemu dedek. 

Gue kayak teeng pala tuh nyutnyutaaan, tak suka drama begini cuy.

Dan gue membiarkan kesalahpahaman tentang gue minta ibu dateng pas gue kerja berlanjut yang ternyata bikin ibu tambah sedih at the end gue feeling guilty sampw ibu bikin status begini.
Ibu sempet bilang kemarin pun pas gue kerja, dedek lagi di kamar mamah sambil mamah pake headset liat hp pake tongsis sambil tiktokan. Gue tanya apakah live tiktok? Karena kalau dede dibawa live tiktok gue ga suka dan akan gue bilangin. Gue udah berkali2 bilang, gue mah ga suka dede terpapar begitu sejak dini, kenapa gue bener2 getol tiap hari bacain dia buku, capek2 nyanyi karena gue mau dia ga addict gadget. Gue ingin dia belajar konsentrasi, bukan yg mudah ke distract dan hidupnya terpatok gadget jadi itu2 mulu povnya ga banyak.

Ibu jadi sering curhat sekarang ke rumah jadi ga enak, ibu sering bilang ibu kangen dedek tapi ibu ga serumah. Bisa ga dedek dibawa ke rumah ibu pas gue kerja. Meanwhile paksu gabolehin. Kebayang ga sih pusingnya gue. Kayak ihh anak gue mending ama gue ajalaah kenapa jadi kayak rebutan.

Pas ibu mau pulang, mamah bilang kalau jam 5 ketika tante pulang waktunya mamah. Trus ibu bales "iya mah kalau saya serumah pun akan begitu. Kalau kata temen2 mah disebutnya MC momong cucu". Ibu mutuain buat pulang karena sedih karena kayak gaboleh pegang dedek. Dedek ditaroh dikamar dan ternyata kebangun tapi langsung ngobrol sama ibu dan lg ketawa diajakin ngobrol. Kemudian langsung digendong sama mamah. Ibu ngerasa kalau memang merasa tugas mamah jaga dedek setelah tante pulang pas ada ibu biarin dedek sama ibu karena ibu kan ga serumah. Gaperlu garasak grusuk ngambil cepet dedek. Ibu bilang "ibu ngapain disitu kalau kayak gaboleh pegang dedek. Yaudah ibu pulang. Padahal ibu kan kangen. Kalau ibu disitu ya sama ibu dulu gitu. Toh ibu ga lama2 kan disana".

Gue gabisa marah yg gimana2, dan ketika mau cerita sama paksu rasanya khawatir aja paksu kayak waktu itu yang bikkn gue sakit hati sampe gue bilang "apa perlu gue larang ibu dateng ke rumah?". Karena gue diminta ngejaga 2 hati. Paksu satu2nya yg bsa gue curhatin, tapi gue khawatir jadinya malah tambah sakit hati curhat begini kedia. Jadi rasanya sedih. Pengen nangia gitu. Liat dedek pun kadang suka bikin nangis kayak lagi2 nyalahin diri sendiri "bunda salah apa yaa dulu mengiyakan gapapa tinggal bareng mertua. Toh mamah jg seru orangnya baik. Tp ternyata dedek malah kok jadi rwbutan. Seandainya bunda banyak uang bunda mau beli rumah biar sama2 enak. Ibu maupun mamah gada owning atas dedek, biar sama2 dateng aja ke rumah gue dan paksu". Tiap solat tuh kayak selalu doa banyakin rejeki kita biar cepet kebeli rumah. Gue gamau dedek jadi rebutan dan kayak sengketa dijam berapa2 milik siapa :( kalau milik siapa ya dedek milik gue dan paksu dan allah.

Cuma dalam pov gue, toh ibu udh jarang kesini karena gaenak..kalau kesini pun ga pernah lama dengan alasan ibu padahal mah karena gaenak, orang gaenakan kek ibu alasan jait, masak, nyuci mah bsa ntar2 tp semua karena gaenak. Gue juga ya berharap ga perlulah ketika ibu atau adek kesini diburu2n pulang kayak diusir baik2. Dan ini kan soal manajemen waktu. Karena 1 rumah, mamah punya banyak waktu luang buat main sama dedek. Ketika siang bisa jd mata kedua gue mantau dedek kayak gue ketika wfh. Bukan malah tiktokan dan baru keluar sore pas si tante udah pulang. Bahkan ketika gue mau kerja pun kayak seneng bisa main sama dedek, padahal gue ga pernah melarang siapappun main sama dede, asal term & condition sesuai. Itu doang. Teteh & adek paksu aja mau gendong dedek ga pernah gue larang. Waktu gue ke rumah teteh pun, teteh mau ngobrol sama dedek gue tinggalin. Gue seneng banyak yg sayang dedek tapi plis term & condition. 

Gue sampe pas sebelum kerja minta kalau lg jaga dedek plis fokus jangan main tiktok. Apalagi kalau sampe dibawa live sih nono gue akan marah. 

So hari ini dedek gue minta taruh dikamar aja. Dan gue tutup laptop gue padahal kerjaan belum kelar. Tp yaudah gue terima, karena pada akhirnya anak gue bukan barang yang istilah kasarnya "kalau lo udah mainin bisa gue gantian yg mainin". He's mine.


No comments:

Post a Comment