Thursday 1 June 2023

Big choices In Life

Kemarin wfh dan dengerin temen 4 taun pacaran tapi masih mudah bilang putus. Bahkan jadinya ga sakral sampe dia curhat di grup kabar duka yang kata putus itu keluar dari mulut si cowo ketika biasanya keluar dari mulut dia. Kita kita yang denger dan udh masuk ke kehidupan pernikahan, cuma bisa ketawa dan ngasih tau untuk ga dikit dikit minta putus ketika berantem. Sampai akhirnya dia nanya ke salah satu temen(cowo) apakah sampai detik ini pernah ngucap putus? Dia jawab engga. Trus gue juga jawab guepun ga pernah ngucapin putus duluan mending diputusin deh, bahkan sama suami sekarang pas pacaran cuma sekali bilang putus. Seketika dia bilang " ya kamu mah kan putusnya hampir batal nikah ka".

Kalau throwback tahun lalu, berat banget rasanya. Persis kayak curhatan di fanbess ini. Sebelum nikah ada aja ragunya, ada aja marah keselnya, ada aja kecewanya, ada aja yang bikin pikiran mau mundur aja kayaknya nikah tuh ga cocok buat gue. Dan ya memang berat bahkan banyak loh kejadian cerita cerita orang orang yang batal nikah karena si cewek/cowo ketauan check in, karena si cewek/cowo ketauan jalan sama orang lain, alhasil bikin bakar undangan. Saudara gue salah satunya, tunangannya udah, tapi taunya malah gagal nikah, padahal pas pacaran udah sering dibawa ke keluarga besar. Ya diluar konsep Tuhan emang bukan jodohnya ya. Tapi ujian pernikahan tuh berat banget. Karena pada dasarnya nikah itu ibadah seumur hidup, setan mana mau kan liat manusia panen pahala apalagi lewat pernikahan gitu ya kek easy money banget. Kmvrt emang setan. Ketika menikah pun, akan berusaha sebesar itu untuk menggagalkan pernikahan dan akhirnya cerai. 

Bahkan tahun lalu rasanya pengen kabur dari semua orang, kalau ditanya persiapan sampe mana. Gue kalau ga ada pegangan sodara, temen2 yang care bisa bisa kabur saking ga kuatnya dengan ketakutan menikah. Ketakutan akan banyaknya ujian yang muncul dalam pernikahan, ribetnya hidup antara 2 keluarga karena udah bukan tentang 2 orang yang menikah tapi 2 keluarga ngebayanginnya aja pening pala. Tapi tahun lalu jadi pengalaman berharga, kalau ga melewati itu mungkin gakan pernah tau kalau ternyata mempertahankan hubungan itu perlu usaha, gabisa cuma jalanin aja deh kayak air mengalir.

Bener kata pepatah, lo gakan pernah tau seberapa berharga seseorang sampai dia memilih pergi dari hidup lo. Dan pernikahan itu salah satu pilihan yang sulit dan terbesar buat gue so far. Kayak suatu yang bisa membawa kita ke neraka atau ke surga gitu deh. Gue berharapnya semoga hubungan pernikahan gue inu salah satu cara yang bisa membawa gue ke kedamaian, ketenangan dan bawa gue ke surga ceilah

No comments:

Post a Comment