Friday 23 June 2023

Preggos Diary 31

Di usia kehamilan 29 week ini badan makin berat. Yang biasa jalan dengan mudah, selain sekarang jalan kayak pinguin, punggung sakit banget kayak nahan beban hidup hahaha. Belum lagi ketika paksu udah nyenyak, ada aja rusuh dikasur. Untung paksu bukan tipe yang jadi susah tidur karena gue rusuh dikasur. Ada aja gitu kegiatan, ya pengen pipislaah, ya pengen minumlah, posisi kanan kiri salahlah, s3ndawa tanpa hentilah. Bahkan baru bisa tidur jam 2an. Alhasil, udh 4 harian ini ga denger alarm dan ga masak air buat paksu omg, feeling guilty. Alhamdulillah paksu baik banget, pengertian kalau gue begitu bukan emang gamau bangun tapi secara alamiah aja gitu. 

Belum lagi meski udah makan siang, suka tiba tiba lemes. Suka tiba tiba sesek napas. Suka tiba tiba mual dan bawannya ingin muntah. Semua tiba tiba.
Kadang suka mikir gue pengen cepet kelar semuaa yang gue rasain, kerja dengan kondisi fisik ga stabil tuh capek banget. Ingin makan, tapi abis makan sendawa lama. Makan banyak muntah, makan dikit muntah, telat makan mual, abis makan mual. Gitu aja terus. Samoe kadang suka ngitung kayak nyenengin hati "oke sabar. 2 minggu lagi. TM1 aja berhasil dilalui masa gini aja gabisa ya kan?". Kadang suka gloomy "ko egois sih pengennya cepet udahan hamil. Harusnya fokus ke kesehatan debay di perut" ujung ujungjya nangis sambil elus perut "sehat sehat ya nak. Ayah udah ga sabar pengen ketemu".

Jadi ibu kayaknya perasaan yang complicated ya, padahal gue baru akan menjadi ibu. Tapi udah sering gloomy, kayak naik turun emosinya. Kadang capek sama fisik sendiri, kadang ngeluh, kadang sedih kalau abis ngeluh. Apalagi pas sabtu kemarin ke rs dan usg. Agak shock deg banget ketika dokter bilang bb janin dibawah target sampe bikin bu dokter bingung dan cek 2x. Trus mamah bilang "kurang makan ini". Seketika mengutuk diri sendiri "apakah aku emang kurang ya makannya?" Rasanya bingung langsung takut kenapa2. Sebenernya gue makan 3x sehari dan lebih picky untuk urusan jenis asupan makanan. Gue lagi suka seafood dan ikan untuk TM3 ini. Dan goreng gorengan lagi gue kurangin, minyak juga. Karena kerasa perut gaenak kalau abis konsumsi makanan berminyak. Pagi hari gue coba ubah sarapan jadi karbo kompleks /protein. Tujuannya biar ga berat dan ga mual muntah. Cuma tetep jam 11 harus makan. Kata dokter telor rebus udah harus jadi sahabat sejati, guepun emang udh selalu bikin telor rebus apalgi kalau gers kambuh, karena paling aman gue konsumsi.

Sekarang tendangannya makin ngilu, tapi makin sering ditendang makin gemes dan suka bikin senyum sendiri. Apakah akan menggeser jatuh cinta ke paksu jadi ke junior? Ig explore gue aja isinya bayi bayi dan omg perasaan gue campur aduk, ada degdegan ada takut ada khawatir ada sedih ada bahagia dan excited. Ada perasaan ingin cepet cuti kerja, pengen gue timggalin tu laptop. Tapi ada perasaan waswas burnout karna kondisi newborn mom yang sungguh ga pernah gue alami. Tapi apaoun itu, Ya Allah tolong jagain dia, sehatkan anak aku, kuatkan dia sampai akhirnya bisa hadir ditengah aku dan paksu. Sehatkan paksu juga yang lagi berjuang mencari nafkah dan mengubah karirnya, lancarkan, kuatkan bahunya. Dan sehatkan aku juga karena katanya melahirkan butuh tenaga ekstra jadi aku harus berjuang juga sekarang. Kasih aku kesabaran seluas luasnya, sehatkan, kuatkan. Dan lancarkan rejeki aku dan paksu supaya bisa support all out buat anak kita nanti. Aamiinn

No comments:

Post a Comment