Wednesday 14 June 2023

How To Life Right Now

Dulu di kantor lama pernah ditahap cuma bisa iri karena orang orang tertentu doang yang bisa ikut kelas dengan orang2 expert, orang tertentu doang ikut pelatihan tiktok bahkan dapet merch dapet sertif yang nilainya mahal. Dan sekarang disini gue bisa dapet kesempatan ikut kelas, seminar, atau event2 apapun dengan cara register aja di email. And im so happy with that.

Dulu gue harus belajar sendiri cari sendiri materi buat tau sesuatu karena namanya anak bawang gatau soal digital. Sekarang pun masih belum bisa dibilang expert tapi sebagai marketer gue bisa merasakan hal hal yang patut disyukuri banget hari ini. 

Paginya karena batuk tiada henti yang tiba tiba datang dan hilang, suami sempet melarang buat pergi ke kantor. Tapi gue sangat ingin ke kantor buat belajar dan refreshing diri sambil kerja dan fokus. Karena sesungguhnya dirumah ada kalanya gabisa fokus yang melibatkan orang diluar diri kita yang mana gabisa gue kontrol. Kadang jadi mikir dan overthinking apakah WFH ini disatu sisi privilige bagi wanita tapi disisi lain bisa dianggap masih bisa diganggu diluar kerjaan? Pantesan temen gue pun yang udah punya anak memilih kantor untuk bekerja walaupun jauh, karena meskipun privilige tapi kalau bilang fokus bekerja ya memang kantor belum lagi enak buat tektokan, minim distraksi kecuali distraksi diluar kerjaan kalau dikantor. Awalnya sedih banget disuruh wfh sama paksu padahal niat dia baik. Tapi bisa dinego dan dia minta buat tidur dulu sebelum otw dan jangan main hp. Seriously ini gue lakuin. Pasang alarm dan bangun jam 7.15. 

Ya walaupun sampe event cukup telat, tiba tiba speaker cascescos ngomong bahasa inggris dan gue ngeloading lama banget. Well menjalani hari dengan perut gendut gabisa bikin gue satsetsatset lagi jalan cepet bahkan lari. Jadi pelan sekali gue jalan ke ruang meeting. Dan tibalah sesi brainstorm grab ads. Ini seru banget! Awalnya temen langsung nyikut "ca yang bener kita sama bule? Gimana ngomongnya?". Ternyata bener pendamping kita full inggris ngomongnya dan lucunya dia minta buat temen gue kasih laptopnya buat jadi tatakan. Tapi dia mengira kalau laptopnya gabisa dipake karena lagi eror. Seketika gue mikir udah perut gendut masih aja gue ambis. Masih aja inisiatif ambil lembar kertas dan pulpen buat gue yang take a note.

Sejujurnya ini media plan dan bukan ranah gue apalagi format adsnya gatau apa aja. Tapi gue ketemu 3 cowo anak media yang enak banget diajak diskusi. 1 orang yang gatau siapa namanya seru banget buat diajak diskusi termasuk nentuin audience dan tipe ads yang mau kita lakuin beserta objektifnya. Ini tipe cowo yang pengen banget gue jadikan bestie karena seru banget buat tektokan dan keliatan pinter tapi masih rendah hati.

Seketika gue jadi berpikir I know what I want, I know what I like. Gue suka hari demi hari yang membuat gue terus belajar dan tau sesuatu bikin gue kayak haus akan ilmu terus. Gue bahkan gatau saat cuti 3 bulan apakah gue ingin cepet2 balik kerja hahahaa. Dilema banget jadi ibu pekerja, apakah gue mampu dealing dengan ini semua dan ga akan drama menangis drama kesel drama sedih dan drama kangen sendirian? Trus seringkali diingatkan kalau Allah pasti memberikan sesuatu sesuai kemampuan hambanya. Gue aja bahkan sampai sekarang gatau apakah gue mampu jadi ibu dan istri yang baik. Tapi qodarullah gue malah dikasih cepet momongan dengan segala drama hamilnya.

Walau kadang gue suka merenung mengingat diri gue yang spend timenya di kamar ngerjain kerjaan kantor + sidejob + hallyu + jadi speaker sampai ya ga terobsesi dengan pasangan gue ada selalu buat gue. Karena gue gamau jadi wanita kesepian yang selalu menginginkan pasangan 24jam ada chatan telponan vidcall dsb. I fill my cup with myself. Atau momen gue bosen wfh gue pergi ke cafe buat kerja entah itu sendiri atau ama adek tapi sekarang dealingnya banyak banget. Ketika gue ingin fokus kerja dan gabisa fokus dirumah, ingin rasanya ke rumah ibu dan ibu selalu nyuruh buat wfh di rumah karena ibu selalu pengen masakin apa yang gue pengen. Tapi hamil bikin gue gatahan panas, gue ga sanggup kegerahan. Kadang kalau ingin ijin wfh di rumah ibu pun gue takut paksu bertanya kenapa wfh harus disana. Padahal yaa karena kangen rumah dan butuh ketenangan. Ibu tau kalau gue ngerem dikamar artinya gue fokus dan gabisa diganggu bahkan walaupun disuruh makan. Rumah yang gue tinggali saat ini nyaman tapi lebih sering membuat gue jadi kurang fokus begitu banyak noise. Gimana ga nyaman, paksu dengan baiknya membelikan AC saat itu juga tanpa mikir abcdz. 

Tapi kadang buat gue mencari ketenangan diluar karena begitu banyak noise, gue ingin banget segera ngibrit cari cafe kayak dulu yang suka gue lakuin sebelum menikah dan gue merasa terganggu sama ibu atau lagi kesel sama ibu. Tapi sekarang sulit. Pertimbangannya banyak. Gue harus berangkat pake ojol dengab perut besar belum lagi TM3 ini gue jadi lebih sering beser pengen ke toilet gimana barang2 gue kalau gue ke toilet? Apakah aman kalau di cafe? Lalu gimana kalau nanti anak gue capek dibawa pergi2. Segini hamil doang belum yang punya anak yang mana pertimbangannya akan lebih sulit lagi. Gue sekarang jadi takut ninggalin dia dirumah, gue ingin nitip ke ibu tapi suasana rumah yang nyaman ya disini buat bayi. Tapi membawa ibu setiap hari kesini pun ga mungkin akan kagok. Lalu muncul lagi lapisan pikiran lain kayak "why I dont have house and makes my mother easily come and stay a long". Tapi lagi lagi dibales dengan pikiran lain "karena lagi proses menabung dan pasti akan kebeli rumah. Ingin lebih banyak nabungnya tapi gue sandwich generation dan semuanya kepentok sana sini. Lalu mau nuntut paksu segera punya rumah? Gue gabisa kayak gitu. Kasian dibebankannpikiran kayak gitu. Jadi sebagai partner hidup gue cuma bisa doain, support full dan terus semangatin dia kalau dia bisa nanti punya rumah sendiri". Again muaranya di grateful momen right? Hidup itu sendiri aja harus banyak bersyukur ga sih? Gue percaya bahwa garis hidup kita udah ditentuin dan berdassrkan ikhtiar kita juga. Dia lagi ikhtiar mencari cara buat menafkahi keluarga. Kadang suka sedih liat dia pulang2 kecapean, semoga rejeki dia deres. Wow jadi ternyata gini ya perasaan perempuan yang menemani dari nol. Hahaha

Well kadang hidup bikin kayak aigooo aigoo himdeuro, pergolakan batin karena banyak hal diluar kontrol diri. Tapi tetep harus semangat! Tetep kuat as women, as mother, as worker as wife. Dna yaa satu hal yang bikin gue tetep ingin hidup sampai saat ini, gue ingin terus belajar satusatunya yang bikin gue excited menjalani hidup. Hal indah itu pasti akan dateng di waktu yang tepat kan? So I believe this and I hope so.  

No comments:

Post a Comment