Saturday 10 June 2023

Preggos Diary 29

Akhir trimester 2, rasanya nano nano. Bisa tiba tiba drop setelah melakukan aktivitas kecil atau bahkan hanya sekedar abis makan. Jadi semua serba salah, makan salah, tidur salah, berdiri lama salah, nyender salah bahkan napas pun salah. Rasanya ga nyaman. Makin kesini makin ga nyaman. Dan jadi gloomy sendiri, lebih tepatnya mudah gloomy mudah nangis. Why? Fak hormon. Perjalanan jadi ibu luar biasa banget rasanya, apakah pertanda harus berteman dengan air mata terus?

Bangun subuh trus ketika paksu tidur, gue memilih gak tid2ur karena perut gaenak minta diisi. Akhirnya chicken AW dan nasi gue coba makan. Tapi ga abis nasinya. Ayam yang dimakan pun cuma 1. Menjelang Trimester 3 rasanya makan dikit kenyang tapi cepet laper dan proses mencernanya lama. Kesel ga sih? Akhirmya bikin duduk lama dan belajar sendawa. Serius belajar sendawa karena isi perut penuh gas dan perlu dikeluarin. Capek banget tapi 3 bulan lagi ketemu si dedek. Sekarang seneng banget liatin bayi2 ngulet2 dibandingin muka oppa. Apakah pertanda dunia gue berubah? 

Sepanjang dari paksu tidur sampe gue bangunin itu pun gue masih bulak balik toilet karna bawaanya pengennpipis mulu, trus minum buat bantu sendawa. Tapi malah jadi kebelet pipis. Dan karena ini hari sabtu saatnya mengeluarkan cucian. Cuma penuh banget sampe harus angkat2 tumpukan baju dan wow banget rasanya.

Lalu bangunin paksu karena udah mau jam 9. Dan gue udah mulai napas pendek, sesak napas. Gue coba jalan jalan ga di kamar, menghirup udara dan makan pear. Tapi masih tetep sesak napas. Rasanya hidung tuh kayak ketutup lapisan yang bikin sulit napas. Dan dua duanya. Tapi memang gue punya riwayat kalau napas pendek dan entah ini sinus atau emang polip or whatever ga pernah di cek dulu sebelum nikah. Tapi sekarang berkali kali lipat rasanya. Belum lagi liat cermin sedih sendiri kenapa kulit wajah gue bintik bintik merah. So sad~~

Dan saat coba duduk di ruang tv sambil mengatur napas, paksu dateng2 nodong pertanyaan "ngapain dari tadi bengong". Entah kenapa jadi merembes ini mata. Rasanya pengen banget coba nih rasain hamil yang gue rasain. Bahkan ketika hidung aja gabisa kerjasama buat ngasih jalur udara, sampe bikin gue harus mangap2 buat napas doang. Lalu seketika mikir "kenapa jadi gloomy lagi yaa? Apa karna banyak yang lagi gue takutin, gue rasain, gue pikirin. Jadi serba sensitit. Padahal kalimatnua juga bukan kalimat yang jahat. Tapi juga sensitif ketika gue cerita dan dapet balesan katanua berkali kali cerita. Kayak jadi males buat cerita apapun. Aah fak emang hormon. Kenapa jadi cengeng lagi. Kenapa kantung mata gue bocor? 

Berkali kali ngasih afirmasi ke diri sendiri sambil deep breathing "Im fine. Im so fine". 

Duduk nyender melehoi engap. Duduk tegak 90 derajat pun engap karena kehalangan perut. Segini belum 9 bulan ya. Apakabar nanti 9 bulan. Masya Allah emang. Pengalaman yang baru yang bikin gloomy tapi sekaligus bersyukur masih dikasih napas hari ini. 

Jadi inget kutipan drama The Good Bad Mother yang bikin mewek
"Hidup memang mengesankan & istimewa. Jika salah satu milik kita diambil, akan ada hal lain yang diberikan sebagai penggantinya. Setelah kehilangan orang tua, aku menyadari betapa berharganya suamiku. Setelah kehilangan suami aku menyadari betapa berharganya putraku. Setelah putraku sakit, aku menyadari betapa berharganya diriku yang selama ini mengurusnya. 
Lalu setelah tahu hidupku sesingkat ini, aku menyadari betapa berharganya kalian semua yang telah mengisi hidupku. Berapa orang yang hudup di dunia ini yang bisa menyadari semua hal berharga seperti itu?  
Karena bisa menjalani hidup yg berharga, aku sungguh merasa menjadi orang yang sangat berbahagia"

Little things matter to feel grateful. Bahkan sampai detik ini dikasih napas aja syukuri. Karena gatau kan kalau didepan sana justru malah susah buat napas doang.

Dan yaa dibalik gue yang banyak keluhan, overthinking sama diri gue yang sungguh aneh tapi nyata dan ketakutan ketakutan lain bahkan dibalik diri gue yang kesel dengan gak dikasih jeda buat nyaman menikmati kehamilan tanpa ada keluhan. Gue bersyukur kalau ngerasa tendangan anak dalam perut dengan aktif. Dia sehat, dia kuat karena masih diajak buat kerja dan tiap usg hasilmya baik. Gue bersyukur banget.
Dan ga expect aja gitu gue jadi manusia yang bisa merelakan kenyamanan gue demi orang yang bahkan belum gue ketahui wajahnya, belum gue denger suaranya, belum bisa gue sentuh. Ternyata gini ya jadi seorang ibu. 


No comments:

Post a Comment