Wednesday 21 June 2023

Pejuang Gerd

Kalau dipikir pikir gerd gue ini udah 10 tahun lebih ya. Pertama kali didiagnosa gerd pas SMA seminggu ga ikut ujian penentuan masuk IPA IPS sampe jadi rangking terakhir 1 sekolah. Liat soal baru 5 menit udah kleyengan dan mau muntah jadi minta jemput ibu. Itu pertama kali sakit gerd yang bikin gabisa ngapa-ngapain. Karna disertai vertigo sampe gabisa bangun dari kasur, dan ngebayang tembok dan pintu kamar.

Gerd kambuh terparah kedua saat kuliah dan stress sampe tiap mau UTS,UAS pasti ke dokter dulu karna muntah muntah gajelas, ada rasa takut nilai jeblok. Dan itu berlangsung 4 tahun gitu terus.

Gerd kambuh ketiga pas kerja handle brand rokok. Saat itu pagi pagi naik kereta, pergi ke stasiun depok lalu jalan depan dan pesen gocar ke slipi. Tapi dijalan macet dan jam set 10 masih jauh dari slipi. Stres dan alhasil sampe lokasi muntah muntah, padahal udah makan. Trus pernah juga pingsan dikereta padahal udsh makan. Dan karena intensitas stres saat kerja ini bener2 bikin drop gejala baru ga cuma mual sakit ulu hati dan muntah. Tapi sakit banget bagian rusuk kanan dan bagian punggung sakit jadi ads garis lurus sakit banget. Sampe coba akupuntur di badan dan wajah karena vertigo lagi lagi muncul.

Gatau gerd kambuh keberapa kali tapi lagi kondisi hamil dan dari TM1 udah gerd sampe masuk RS karena gabisa makan sama sekali. Trus kalau makan bagian rusuk kanan sakit punggung juga sakit. Sekarang TM3 masih tentu saja, ditambah heartburn dan sendawa tiada henti hahaha

Orang orang di tiktok gerd 2 taun dan akhirnya ubah pola makan dan pola hidup sampe akhirnya bisa sembuh. Ini gue udh belasan tahun kuat amat temenan sama gerd hahaha. Sekarang jadi lebih takut karena akan punya anak dan kasian aja kalau gue sakit parah dan anak gue masih kecil hiks. Jadi mau gamau harus mikir bukan karena ga nyaman dan sakit kalau kambuh, tapi demi orang orang yang gue sayang.

Well berbagai cara gue coba dan gue belajar juga sarapan apa yang baik gue coba kalau lagi gerd. Pernah bikin roti buat bekel paksu dan ikutan makan buat sarapan cuma 1 doang. Ditambah susu hamil. Hasilnya muntah jam 10. Pernah cobain makan bubur buat sarapan dna ga sengaja ketiduran jam 11 muntah dan lemes dada pun panas. Pernah makan doclang buat sarapan taunya jam 9 mual karena laper padahal baru makan jam 7. Trus cobain buras sama gorengan tempe doang 1, tapi jam 10 dada panas banget dan jam 12 mual. Frustasi ga sih jadi gue? Wkwkw
Laper salah kenyang salah. Makan salah ga makan salah. Sampe gie coba cari cari cari dan memutuskan untuk makan granola, oat, yogurt, buah, corn flakes, chia seee dan berbagai biji bijian di pagi hari. Hasilnya good enough. Kenyang sampe siang tapi minim sendawa. Cuma rasanya uweek gaenak banget plain. Kadang gue ganti jadi rebus telor buat protein ke tubuh tampa nasi. Karena kalau udh kambuh ini gerd yang paling aman telur rebus + nasi anget. Gue bahkan beli rumput laut karena mau bikin sop rumput laut. 

Gue gatau kenapa ya kayak punya sensor kalau pake minyak bekas, makanan bekas kemarin, nasi angetan yang langsung ke tubuh tuh gaenak. Gue gabisa makan bakso seserimg mungkin, gabisa makan lemak2 sop kaki sapi gitu2 yang paksu favorit banget. Bahkan pernah suatu ketika cucurak keluarga paksu lebih ke daging dgaingan, gue picky dan satu satunya yang gak makan itu karena udah kebayang lambung meronta ronta. Hahaha sedih yaa punya gerd udah parah tuh. Makanan apapun gabisa ngasal. Bahkan kalau pulang kerja paksu beli basreng gue cuma minta satu biji dan gamau lagi. Padahal mulut masih mau :( tapi apa daya dsripada kenapa2 yaa. Gue takut kan masuk rs diinfus trauma banget masuk igdnya makin stres denger rintihan orang orang sakit.

Sampe sekarang gue masih memantau makanan apa yang sebaiknya gue makan. Karena katanya sarapan itu penentu hari. Kalau sarapannya udah salah, yaa wassalam siang sore malemnya. 
Kemarin sebelum beli kiwi smoothies di mixue aja gue myemil nasi 3 sendok sama tongkol biar aman karena adek beli cilor dan gue pasti nyobain, daripada muntah yaa kan harus cari yang aman.
Dan sesungguhnya gue pun kalau diluar pasti cari aman minumjya jus strawberry atau jus lain pokoknya harus buah. Karena kalau tidak buah sudah dipastikan akan muncul kalau ga hesrtburn mual lah gejala gerd yg dasar.

Sampe sekarang guepun lagi coba coba AB testing momen kapan gue bsa makan roti dengan aman. Makan mie, ya allah kangen makan indomie. Tapi udh 2x makan dan dua kalinya itu pasti muntah hahaha.
Kalau kata adek sih "lu jangan makan oedes ka. Setidajnya kalau muntah ga sakit ke idung dan tenggorkan kalau makan ga pedes".

Ingin banget gitu punya hidup yang sehat karena bener kata pepatah dalam tubuh sehat ada jiwa yang kuat. Gue gamau sih abis lahiran badsn gue jadi ibu ibu yang lembek dimana2, trus kerutan trus kulit kering bukan kenceng. Karena si ibu termasuk yang udah tua tapi karna jaga makan kulitnya masih pada kenceng. Dulu badannya langsing ga gendut layaknya ibu2 padahal bukan yang doyan olahraga berat. Tapi makanan sehari harinya kudu sayur. Dan dirumah gue selalu disodorin lalapan, rebusan, pecel home made tapi sambil kacang bikin sendiri. Pokoknta makanan sehat. Tiap jajan micin dimarahin ibu. Makan indomie aja ibu itu pasti proporsi sayur 8 : 2 wkwkw. Banyakan sayurnya dibanding emih. 

Gue jadi suka mikir kayak si farida nurhan aja makanannya apa aja masuk tapi badan kenceng ternyata selain olahraga ya dia makan nasinya lebih banyak nasi jagung dibanding nasi putih. Ibunya monic doyannya nasi merah makanya badannya langsing. Nana mirdad gausah ditanyalaah ya. 
Goals gue ingin bsa badan sexy walau udah punya anak, karena baju baju gue yang kecil itu harus tetep bisa dipake. Tapi yang utamaa gerd gue ini harus bisa sembuh. Karena sesungguhnya capek cuy, abis makan tapi sendawa tiada henti, mau tidur cari posisi susah karna heartburn, trus rusuk sakit dan harus pencet2 dari tulang belakang biar enakan. Dan tubuh gampang lemes. 

No comments:

Post a Comment