Tuesday 27 June 2023

Orang Tua, Perjalanan Tiada Henti Untuk Belajar


Tadi siang liat post di area julid tentang ibu yang ketinggalan kereta dan lampiasin marahnya ke anaknya sampe dipukulin. Pas liat wajah anaknya rasanya nyess banget kayak ko bisaa anak kecil begitu muka polos trus jadi pelampiasan emosi? Ya walaupun tau sih sangat tau kalau bisa jadi ada yang melatarbelakangi si ibu gabisa mencerna emosinya dengan sehat dan memilih melampiaskan emosinya ke anaknya. 

Sebenernya punya anak tuh PR orang tua sepanjang hidup mereka, punya suami/istri pun begitu. Bayangin kalau belum siap mental dan akhirnya yang jadi korban adalah anak. Bayangin kalau salah milih pasangan yang korban pun anak. Jadi inget kisah dave pelzer yang anak kandung tapi disiksa abis abisan sama ibunya dan itu titik gue merasa bahwa gue gaboleh punya anak dulu sampe gue bisa marah secara sehat. Bisa ga melampiaskan emosi ke orang lain. Bisa menahan diri walau kayaknya lagi marah banget di situasi tertentu. Dan nemu capturean buku yang bener banget, ketika kaki melangkah ke pelaminan its mean ada dunia baru yang dimasuki yang butuh kesiapan mental. Gabisa hanya modal i love u i love u too nikah lalu jreng jreng pusing coi. Dan setiap harinya itu belajar. Gue sama paksu juga masih ditahap belajar, pacaran lama ga bikin kita jadi selalu baik2 aja, gue banyak kurangnya, dia pun sama. Gue cuma berharap setiap saat kita disadarkan untuk terus bersama bareng bareng belajar. Gue belajar twrus jadi ibu dan istri yang baik, begitupun dia.

Dan well video itu ngenes banget, kasian umur segitu udah dikasih luka batin sama ibu sendiri. Gue pernah baca kalau anak kecil yang terluka batinnya di masa lalu karna sikap orang tua jiwanya kayak terbelenggu, tumbuh tapi ya diri dia yang masih kecil masih terperangkap di masa lalu. Semenjak baca buku psikologi, belajar buat menyadari emosi sendiri, jadi percaya kalau positif parenting itu penting. Ya walaupun jadi orang tua ga gampang ya. Kita pasti diuji sana sini termasuk sisi emosional kita. 

gue aja mewek kalau ada VT yang kalimatnya gini "lucu ya, manusia yang badannya kecil ini malah punya hati yang paling  besar untuk bisa menerima kekurangan ibu dan ternyata manusia yang kehadirannya baru sebentar di dunia ini malah yang bisa menunjukkan cinta paling tulus pada ibu" dan ini bener banget, itu yang dulu bikin gue iri pas liat keponakan gue natap ibunya tulus banget. Sampe gue mikir ingin punya anak tapi pacar aja belom punya wkwk. Gue ingin ada seseorang yang menatap gue dengaan cinta yang paling tulus, karena gue dari dulu ga pernah percaya ada cinta yang tulus dan akhirnya besar dengan trust issue dan sempet mikir mau hidup sendiri aja gamau menjalin hubungan sama siapapun. 

Gue pun gatau akan jadi seorang ibu yang kayak apa, yang bisa melukai perasaan anak gue tanpa sengaja juga atau gimana. Tapi gue berharap gue bisa dengan sadar bagaimanapun situasinya kondisinya gue harus sadar semua emosi gue dan gaboleh gue lampiasin ke anak. Gue ingin jadi ibu yang bisa jadi tempat aman buat anak gue kelak. Gue ingin menghadirkan seorang ayah yang juga jadi tempat nyaman buat anak gue kelak. Karena anak kita gakan bisa memilih siapa orang tuanya. Tapi kita bisa memilih mau menghadirkan ayah/ibu seperti apa untuk anak kita. Semoga gue maupun paksu bisa menjadi orang tua amanah, yang bisa dengan sadar gakan melukai perasaan anak kita. Sejenuh apapun kita sama hubungan, secapek apapun komunikasi ga lancar dan seindah apapun lawan jenis diluar sana. Karena gue percaya dia akan jadi ayah yang baik untuk anak gue kelak, dan gue pun ingin jadi ibu yang baik. Dan gue selalu berdoa semoga kita jadi orang tua bijak, baik, positif dan bisa memberikan contoh baik ke anak kita kelak. Bismillah

No comments:

Post a Comment