Saturday 5 August 2023

No matter your age...


Baru beberapa minggu lalu ngobrol sama temen kalau smeenjak nikah jadi lebih kangen berkali kali lipat sama rumah terutama sama ibu. Apalagi karna ibu kita sama tipe yang ngatur anaknya banget buat makan teratur dan makan sehat disaat kitanya bandel. Tapi setelah nikah dan gabisa selalu masak ksrena nyambi kerja dan sekarang ditambah lagi hamil. Kayak berkali kali lipat nge-ntar ntarin makan. Jadinya ga tepat waktu. Nyetok sih nugget/ ayam yang tinggal goreng dan semuajya cepat saji. Tapi lebih seringnya beli dan kalau dipikir2 ini boros. Pengennya sih masak biar makannyabterjamin karena beli warget dari bumbunya yang kentel gitu lambung gue yang sengklek tidak bsa menerima dengan mudah. 

Tapi seiring berjalannya waktu dan di TM3 selain lambung gue yang sengklek gue jadi sedih ketika tau bb si dedek kurang terus. Kayak seandainya yaa bisaa gitu kemana2 sendiri. Gue yang gak biasa minta tolong orang dan mengharuskan minta tolong aja waktunyaa harus nunggu orang lain. Semuanya harus nunggu. Minta ke mamah jg nunggu karna suka lagi suma kegiatan sama hpnya. Sama ibu nunggu jg karna sibuk dulu dirumah beberes bahkan ngurusin jaitan. Sama adik cewek nunggu jg bahkan sama ojol pun nunggu. Tapi sayamg lambung ini suka seringnua gabisa nunggu. Jadi kangen bisa kemana2 sendirian, karena bahkan gue ga perlu nunggu hujan berhenti untuk jalan. Mungkin itu sebabnya gue suka ke kantor yaa, karena gue ga perlu nunggu orang. Mau ambil makannya ambil ga perlu tunggu tungguan. 

But there's no perfect life

Cuma kadang kalau lagi merenungi hidup kangen banget dirumah ibu. Apakah ini dinamakan homesick? Trust me yaa berapapun umur lo, sekalipun udh punya anak tetep pengennjadi anak kecil dan tetep jadi anak kecil di mata ibunya. Mungkin itu sebabnya gue paham ketika adik paksu lg sakit dan butuh ibunya, walaupun paksu keliatan di mukanya kayak bingung harus gimana. I mean gue pun di momen gini ngebayanginnya lagi dirumah ibu. Bisa makan masakan ibu, sederhana tapi ga kayak warteg yang bumbunya menyeramkan semua dan diterima lambung gue.

Gamau compare hidup gue dg orang lain, tapi deep down my heart ingin punya rumah sendiri dan di momen gue hamil/melahirkan nanti pengen ditemenin ibu gitu. Inginnya sih tinggal dulu sama ibu, tp rumah ibu ga enak buat ditinggalin baby apalagi ada banyak kucing dan sampah yang ga kelar2. Kalau liat temen gue, dia KPR rumah dan karna flek terus terusan dia jemput ibunya buat tinggal sementara waktu sama dia. Ada perasaan ingin kayak gitu juga, walau sbnernya momen sekarang adalah yang udah disepakati sebelum nikah. Tapi ketika menjalani dan ternyata gue tidak sesehat itu, I need my mother the most. Dan ininsesuatu yang gak bisa gue ceritakan ke paksu, gue gamau menyinggung dia atau akhirnya kayak dulu sampe ngatain gue princess yang apa2 pengennya disuapin. I mean bukan princess ya tapi sebuah kondisi yang mana gue yg sulit menggantungkan diri ama orang lain karna dulu gue bsa jalab kemana2 sendiri. Sekarang gabisa. Pilihan gue itu cuma 3 minta tolong orang, masak sendiri atau pake ojol. Masak sendiri belum tentu jg guenya kuat. Karna kemarin cuci piring aja dan angetin ayam kaki gue malemnya tremor dan bikinngue nangis dalem hati. Kayak "why iam so sad right now? Banyak hal yang gabisa gue kendalikan tapi bahkan tubuh gue ajangabisa gue kendalikan".

Ke supermarket sama paksu aja tiba2 bsa kleyengan. Gue bahkan skrg takut kemana2 sendiri atau maksaiin diri sendirian pergi. Karna ada makhluk kecil yang lagi bertahan di rahim gue, dan gue gabisa bikin dia kenapa2.

Gue berharap setelah lahiran gue ga kenapa2 atau kesehatan gue ga drop juga. Apalagi pas momen baby mpasi. Gue ingin masakin dia. Ingin food prep lagi dan jangan sampe malah jdnya drop gitu loh. 

Cuma jadi kepikiran ketika adik bilang coba lifestyle gue itu samain dg yg skrg dirumah ketika gue udh ga dirumah. Kayak kobga ngertiin liat pov gue yaa. Gue lg hamil gede gini susah loh kemana2. Apa2 jadi ngandelin online disaat ga semua tempat yg gue mau itu bsa online. Disaat gue gabisa segampang itu jalan kalau sekarang. Kalau lebih milih mah gue memilih ikutin lifestyle ibu skrg walau makannapa adanya gapapa tapi ya sehat makanannya. 

Dna kemarin pagi baru gue bilang ke ibu "ibu bsa ga nanti abis lahiran aku nitip masakin ke ibu. Aku kasih uangnyaa. Jd ibu lebihin aja masak buat dirumah. Menunya apa aja yang penting ada sayur dan kayak biasa deh ibuntau kan kalau aku lambungjya sengklek".

Inginnya ada mba yang bantu2 tapi belum tau ada budgetnya atau engga. Cuma yaudah so far planning gue itu biar teratur makannya dan ga cepat saji. Biar ASI gue juga banyak.

Intinya sih gue memang kangen rumah dan masakan ibu. Jadi bahkan di titik gue lagi snagat sensitif secara emosi, secara lambung secara pikiran. Gue sangat mengerti why pada akhirnya lagi sakitpun inginnya adiknya ke ibunya. Karena guepun begitu. Di rumah ibu kmrn 2 hari kayak ngecharge energi gue.

Semoga ibu sehat sehat terus.

No comments:

Post a Comment