Tuesday 22 August 2023

Since You Were Born #6

H+5 pasca operasi sesar dan kondisi belum pulih sepenuhnya. Tapi udah bisa jalan. Cuma kaki masih suka bengkak, dan karena batuk jadi perut ketarik dan itu sakit banget. Sekarang tulang pada sakit bukan pegel tapi nyeri. Terutama di titik kemarin anestesi.

Di saat masih proses recovery, asi suka ga sebanding dengan permintaan nyusu si dedek. Bikin overthinking dan ngerasa tertekan  takut gabisa kasih asi eksklusif. Sebagai new mom banyak pikiran yang justru bikin makin sedih berkali kali lipat. Duniaku tentu udah berubah, I admit it. 

Di saat lagi pumping dan ngerasa ko yang keluar cuma udara hampa, gue bilang ke paksu untuk pijat oksitoksin dan dia googling dan liat tutorialnya di yutub sambil praktek. Saat itu kekecewaan gue yang kemarin berangsur reda. Walau selama pijat dia bingung dan justru ngeluh capek juga ya. Tapi yaa so far dia usaha buat bantu produksi ASI. Trus kemarin pun malemnya dia peluk, tadi siang pegang tangan dan pas makan karena batuk dia bantu usap2. 

Sebagai istri yang udah coba berjuang melahirkan bayi lucu menggemaskan, perhatian kecil itu sangat berharga apalagi di momen gue proses recovery begini. Belum lagi merelakan tubuh rasanya udah ga mulus dan beda ga kayak jaman gadis sebelum nikah. Rasanya potek tentu saja. Pengennya ya ga perlu diminta kaki bengkak diolesin minyak kutus2 gitu. Asi seret langsung bertindak pijat oksitoksin tanpa perlu diminta. 

Walau untuk dia yang dunianya adalah anak kecil, tentu fokusnya terbagi. Dedek udah bukan di dalem perut lagi dan perhatiannya jadi agak beda sama saat dia dalem perut. Waktu free dia ketika ga sama dedek, main hp dan itu bikin gue makin kesepian. Gue pun kalau ngeluh takut dia ngomong "gada amat waktu me time aku" padahal gue pun boro boro me time. Bales chat orang aja ga segercep dulu. 

Gue jadi sadar kenapa banyak drama korea pernikahan yang udah suami istri punya anak, lalu si istri capek sendiri dan memilih pergi atau jadi gampang sensi. Karena cewek ga pernah muluk2 minta dikasih istana, tapi kasih perhatian yang bisa bikin kemarahan kekecewaan berangsur hilang. Gue pun begitu, ga perlulaah sujud berterima kasih udah berjuang melahirkan dan merasakan sakit sampai sekarang, kasih perhatian kecil lagi yang bikin seorang perempuan yang baru ganti status jadi ibu ini tetep sebagai shalsa yang dicari ketika curhat, yang ditatap dan digenggam tangannya saat nongkrong di angkringan, yang di chat laporan saat sampai kantor dan bilang saat otw pulang, yang dipeluk dan dicium saat mau tidur. 

Kadang pengen dia sadar jangan sampai ngerasa kehilangan dulu baru sadar betapa berartinya seseorang. Setelah punya anak gue jadi lebih sering menarik diri dan mengurung ke dunia sendiri dan justru lebih banyak tersenyum liat dedek. Gue pun tau dia pun pasti bahagia liat dedek dan bisa main bareng dedek sebagai peran ayah bukan lagi mamang. 

Tapi tentu peran ayah dan mamang itu beda, yang biasanya dunia tentang bermain, ketika jadi ayah dan suami udah bukan cuma bermain bukan? 

Gue gamau makin menarik diri dan lebih banyak diam ke dia. Gue pun gamau sampai ada pikiran aneh hanya karena kekecewaan yang menumpuk ke dia. 

No comments:

Post a Comment