Friday 18 August 2023

Since You Were Born #1


Ternyata begini rasanya jadi ibu, perasaan yang complicated. Tapi happy tapi sakit tapi frustasi tapi bahagia apalagi kalau liat wajah anak sendiri. Such proud to my self tubuh gue yang renta bisa melahirkan dia ke dunia. 

Pertama kalinya dalam hidup gue rela berkorban untuk orang lain dan mengesampingkan diri sendiri secara naluri. Disaat luka jaitan masih sakit banget dan harus push my self buat bisa jalan, buat bisa gerak padahal rasanya tuh ya Allah gabisa digambarkan kata kata. Sakit banget. Pertama kali lepas selang pipis sampe sakit dan keluar darah, lalu mencoba buat jalan ke toilet dan coba buat pipis. Itupun perjuangan banget karena sakit badan, lemes, pusing dan kaki tremor. Tapi satu yang di otak gue, mau bisa gendong baby. 

Dia jadi pria yang mengisi hati dan pikiran gue saat ini, kayak tiap saat gue mikirin dia terus. Bahkan infusan kiri yang kegerak2 ini bikin tangan bengkak, tapi di sat sakit tangan bengkak itu, gue tetep fokus buat kasih ASI ke baby. Gue ga pengen dia kelaperan. Dan alhasil harus pindah selang infusan ke kanan. Dan sampe yang kanan pun ikut kegeser dan baru gue lapor ke suster buat dibenerin ketika baby dibawa buat di observasi. Gue sampe baru sadar seharian ini hectic banget. Bahkan dari semalem ga tidur. Karena tiap barh terlelap dia bangun nangis minta susu.

Semalem untung ibu nginep karena di saat selang pipis belum dicabut dan pergerakan gue susah, liat baby nangis itu gabisa bikin gue gerak cepet dan disat yang sama paksu ada di ruangan yang beda dan khawatirnya terlelap bobo sampe ga ngeh. Dan di malem itu juga gue pengen besok usaha bisa jalan. And i did it yeay! Ternyata aku secinta itu sama baby yang udh 9 bulan nemenin gue.

Dan malem tadi belum makan sampe di komen uwa "makan yang banyak. Ko itu belum dimakan?" Gue jawab "iya wa soalnya belum sempet, dia minta nen terus. Tp nanti makan ko". Lalu uwa bilang "gitu ya perjuangan jadi seorang ibu. Tapi kamu tetep harus makan yang banyak". Gue bahkan belum makan sampe udah ditanya buat diambil piring kotornya. 
Satu yang ada di pikiran gue "baby laper. Kasian". 

Dan disaat gue banyak belajar selama 2 hari ini sebagai ibu baru, dihantam sama hal sedih karena baby badan demam dan diharuskan minum sufor lalu diambil suster buat diobservasi dan ada kemungkinan baru dikembalikan ke ruangan itu paginya setelah mandi. Sumpah saat itu sedih banget. Pengen nangis rasanya. Ruangan seketika sepi kayak hati gue sakit banget. Persis kayak disaay gue menggigil di ruangan operasi lalu baby ditaruh di dada gue dan gue cium untuk pertama kalinya dan dia dibawa pergi dr diri gue saat itu juga gue sakit banget. Kayak hati ko patah hati banget. Ternyata ngantuknya gue seharian ini karna kurang tidur, telat makan membuat gue ditahap memilih itu dibanding jauh dr baby apalagi klo baby sakit. Oh gini rasanya jadi ibu. Disaat gue suka komen kenapa ibu selalu mikirin keperluan kita2 sebagai anak padahal udh pada gede dibandingkan mikirin diri sendiri.

Gue jadi lebih memilih malem2 dibangunin oleh tangisan dia dan cuma bisa tidur sekejap 1 jam 2 jam tapi bisa liat dia tidur nyenyak, senyum dan mata meleknya. Dibanding liat dia nangis kejer karna sakit.

Detik anak gue lahir, detik itu juga gue terlahir sebagai ibu baru yang semuanya serba baru dengan perasaan baru pengalaman baru dan challenge baru. 

Sekarang pun mata ngantuk banget, tapi hati gue gelisah sedih dan kepikiran, apakah dia masih nangis? Apakah dia masih kehausan? Udah dikasih suforkah? Udah di observasi kah? Hati gue jauh dr dia kayak ga tenang. Bahkan luka caesar ini baru kerasa sakit banget ketika dia ga di ruangan. Hp gue abaikan dan banyak chat dan dm yang belum gue bales. Kayak waktu abis bareng sama baby. Gue inget banget pernah nemu kalimat ini "walaupun rasanya berat banget, nikmatilah karena newborn itu waktu yang singkat". Seketika mewek pas hamil baca kalimat itu. Balesin chat orang aja disaat baby tidur, kadang membuat mata gue merem sekejap saking ngantuknya. 

Gila yaa jadi ibu itu luar biasa 👏👏👏

Anakku, sehat selalu kamu ya nak. Makasih 9 bulan udah berjuang di perut bunda yang ringkih ini dan lahir dengan sehat dan tampan. Makasih udah sama sama berjuang dan jadi anak pintar. Sekarang kita berjuang lagi yaa menjalani hari. Semoga kamu selalu sehat, kuat, pintar dan sellau dilindungi Allah.

No comments:

Post a Comment