Sunday 20 August 2023

Since You Were Born #3

19 Aug
Kemarin saat lagi ngejemur dedek deket jendela. Disitu ngobrol aama ibu sama duti. Dan ibu cerita disitu dan bikin kita sadar kalau kasih ibu sepanjang masa. 

Ibu bilang "ibu emang udah niat pokoknya shalsa masuk ruang operasi. Ibu mau nganter. Selama nunggu shalsa ibu cuma bisa berdzikir sambil nutup mata. Karena ibu suka inget kalimat shalsa yang bilang 'ibu aku kenapa sih pas hamil semua dirasain, ada aja gitu capek. Apa karna aku banyak dosa ya sama ibu'. Ibu inget itu trus ibu nangis. Ibu minta ke Allah 'ya Allah kalau emang kayak gitu hapus semua rasa sakitnya. Saya udah mengampuni semua dosanya. Selamatkan anak dan cucu hamba ya Allah".

Kata ibu soalnya ini operasi besar dan ibu takut banget. Karena ibu pernah ketemu ada nenek bawa bayi pas ditanya ibunya kemana taunya ibunya ga selamet. "Ibu gamau ada cucu tapi gada anak ibu".

Seketika gue sedih dan nangis saat itu. Karena ada yang nungguin gue bukan cuma bayi yang lucu. Dan ya memang kasih ibu sepanjang masa. 

Gue pun cerita betapa mencekamnya ruang operasi, segitu takutnya gue di ruang operasi sendirian. Ruang operasi di drama korea kedokteran yang gue tonton dan seru, saat itu bikin traumatic serem banget. 

2 kali gagal suntikan di tulang, dan 1 kali berhasil ketika ukurannya dikurangi. Gue disuruh " duduk menekuk kayak udang sambil pegang perut". Bahkan gue sangat inget gue disuruh angkat kaki gue yang kebas dan disuruh ngunyah obat yang harus ditaruh dibawah lidah, gue masih inget tangan gue yang kayak disalip. Kanan buat cek tensi. Kiri buat cek oximeter. Gue masih inget dr obgyn gue bilang "ayo kita angkat pantatnya dulu" lalu terdengar suara bayi. Disaat gue harus berusaha tetep sadar dengan kaki kebas. Gue nangis karena tubuh gue yang ringkih berhasil membawa manusia kecil ke dunia dan dia sangat amat lucu. Masya allah. Selama operasi gue inget pesen ibu "dzikir. Hasbunallah wanikmal wakil.." dan gue baca itu ketika gue takut banget di ruang operasi dan ruang pemulihan. 

Gue masih inget tiba2 gigi gue kehentak2 atas bawah karena menggigil dan tubuh gue pun kehentak kayak kejang dan gabisa gue kontrol. Di ruang pemulihan pun gue nanya bisa minum pun gaboleh. Dan gue selalu diminta buat atur pernapasan karena alat gue bunyi terus dan disaat itu gue sesek napas. 

Gue masuk jam 9. Dedek keluar jam 9.17 dan gue dibawa ke ruang operasi jam set1an. Disitu gue ngeliat semua orang kecuali paksu. Di deket ruang operasi pun gue ga liat paksu. Ternyata kita beda pintu. Di ruangan pun gue langsung dikasih minum dan tubuh gue lemes banget. Kayak pasrah berapa suntikan, tusukan dalam tubuh gue.

Ternyata bener kata pepatah perempuan kalau udah jadi istri yang dia ingin rely on tentu suaminya. Orang pertama yang gue cari dan gue tanya suster adalah suami saya dimana ya? Masa sih dia ga nungguin gue dan fokus sama anak doang? Klo iya soalnya gue sedih.

Tapi melahirkan ternyata pengalaman mengharukan, menakutkan, bikin trauma bikin takut bahkan karena bener2 antara hidup dan mati. Perjuangan jadi seorang ibu sungguh berat ya 

No comments:

Post a Comment