Thursday 12 October 2023

Goresan Mother's Journal #1

I dont know why tapi gue terusik dengan saran untuk kasih anak gue minum sufor aja ketika dia terus nangis seolah asi ga cukup. I dont need advice anything. Justru kalimat2 itu bikin gue ngerasa insecure dan capek apakah baiknya gue kasih anak gue sufor aja seterusnya tanpa perlu lelah lelah pumping atau dbf. Disaat dokter tiap gue konsul ke dokter manapun yang ditanya "anak asi kan?" Pas gue bilang campur ada aja komenan untuk fokusin asi aja anak bayi tuh 6 bulan. 

Sebenernya komenan untuk kasih sufor ini hadir karena si dede kalau nangis ngegoak2. Dan disangkanya laper  disangkanya asi gue ga banyak, disangkanya ga cukup kenyang. Padahal kalau kita mau mengedukasi diri kita tangisan bayi itu macem2 dan ga semua tangisan mengisyaratkan dia laper dia pengen mimi, dia kurang mimi. Dan ga selalu dia nangis trus biar diem kita kasih mimi entah itu asi maupun sufor. Ada kalanya si dede kalau nangis setelah mimi beberapa saat kemudian nangis karna ternyata belum sendawa dan akhirnya olab. Ada kalanya dia nangis karna pampersnya kepenuhan dsn perlu diganti. Ada kalanya dede nangis karna kagetan dan reflek moronya. Ada kalanya dedr nangis karna engap karna pilek atau kecakar diri sendiri. Ada kalanya karna dedek pup atau laper. Ada kalamya saat nen dia bingung puting dan dia udah terlalu laper jadi gadabar. Ga selalu soal dia laper kurang mimi akhirnya kasih aja sufor.

Masalahnya, gue dihadapkan pada orang2 yang dedek nangis ngegoak2 saat gue lagi nen trus langsung nyaranin kasih sufor, termasuk paksu. Gue jadi mikir, ini emang kasian sama si dedek yg nangis2 atau karna keganggu karna tangisannya yg kenceng sih? Tapi saran2 kasih sufor disaat dedek lg nen itu kadang bikin gue pengen nyerah kasih asilaah karna komenan orang2, bikin gue meragukan diri sendiri karna berpikir asi dikit. Disaat orang2 begitu, gue harus terus semangatin diri sendiri dan berpikir positif kalau asi gue banyak, gue harus terus membahagiakan diri gue sendiri agar hormon oksitoksin terus meningkat dan bikin asi deres. Sampe di titik gue bener2 meragukan diri dan questioning tentang diri gue dimana letak salahnya. Ketika hasil pumping dikit dan ditanya kenapa dikit pun gue kesel padahal gue pumping disaat gue beberapa menit lalu dbf ke si dedek. Kayak shut ur mouth everyone. 

Gue mempertanyakan apakah gue salah ya ngepumpingnya, apakag salah si pumpingan. Wtau wwktunyam atau gue yg ga teratur. Atau apa? Gue bahkan baru tau kalau sensasi kesentrum di payudara ketika dedek mimi itu dinamakan LDR yang artinya asi kita deres banget. Gue bahkan baru tau kalau si dedek keselek ketika mimi itu karna asi kita deres. Gue bahkan baru tau dede kalau tidur dan lepasin asi trus ngucur asi dimulutnya itu bukan olab tapi kekenyangab karna asi deres. Wew selama ini gue meragukan diri sendiri, gue mempercayai tatapan orang2..gue bahkan hampir nyerah untuk ngasih dedek full sufor aja sesuai saran orang2 rumah kalau dede rungsing.

Tapi ya ngomong2 soal nangis, gue jadi mikir kenapa orang2 pengen langsung ngeberhentiin dedek yang lagi nangis. Bukan fokus buat validasi emosi dia. Disaat itu gue lakukan karna gamau cuma fokus kalau bayi nangis ya harus dihentiin. Gue mau dia belajar sedini mungkin kalau kita orang dewasa bukan cuma pengen dia berhenti nangis tapi pengen dia tau kalau kita tempat ternyaman dan teraman even dia sedang menangis. 

Orang tua dulu selalu mengalihkan perhatian anak ketika anak nangis, entah dengan "eh liat drh itu ada apa. Ada cicak dsb" para ahli percaya dengan begini, kita ngajarin buat tiap anak punya perasaan apapun dialihkan dengan hal lain jadinya gada self awareness dia kenapa dan harus apa. Lalu ada juga yang kalau anak jatoh/kejedut atau apapun yang anak nangis lalu ditanya "siapa yang nakal? Ibu ya nakal? Ayag nakal? Lantai ya nakal?". Kalimat ini dipercaya akan bikin si anak tumbuh dengan menyalahkan orang lain ketika sesuatu tertimpa ke dia. Gue juga gamau kalau dedek ke momen tantrum dan siapapun ambil alih dedek untuk ngajarin diluar diri gue ajarin. Karena gue ingin dedek belajar validasi emosi dia, gue bawa ketempat sepi kalau dirumah dikamar untuk bikin dia tenang then gue peluk baru gue kasih tau kalau itu ga baik. Seperti yang sekarang lagi gue belajar pelan2 ke dedek walau dia mau 2 bulan. Karna gue percaya dedek paham kalau gue disini belajar tenang untuk kasih tau dia kalau gue bisa jadi tempat aman dan nyaman dia meski dia nangis sekalipun.

So kenapa gently dan positif parenting hadir. Gue tau gue besar dari lingkungan yg kayak gitu, dan gue pun percaya impactnya mengalihkan perhatian atau menyalahkan sesuatu disat anak nangis itu besarnya kayak apa. Kayak kita tentunya, either gue dan paksu. Cuma sebagai anak yang sekarang jadi orang tua, gue ingin versi gue dan paksu yang terbaik turun ke anak kita. Gue ga ingin dedek besar dengan membandingkan diri dia dengan orang lain seolah dia lebih hebat atau merasa insecure. Gue ga ingin dia tumbuh dengan dikit2 nyalahin orang lain. Gue ga ingin dia tumbuh gatau dia lagi merasakan sedih kayak apa dan akhirnya memilih jalan pintas untuk mengalihkan rasa ga nyaman dia. Atau gue ga ingin dia kayak gur yg dulu sebelum belajar psikologi mindfullness dan sejenisnya, yang marah2 lampiasin kemarahan ke orang lain padahal hati tuh kosong dan sedang sedih. 

Aniwei gue memang punya keinginan ABCDZ dan gue ingin menerapkan parenting style sesuai yg gue inginkan bareng paksu dan paksu juga orangnya supportif. Walau gue gatau sePR apa kita dan terutama gue sebagai ibunya yang harus lebih sabar, harus lebih tenang harus lebih bisa ngajarin dia bukan cuma teoritis tapi dengan praktek. Disaat kerjaan gue tentu takes time, belum waktu gue ke kantor dan pasti pulang malem. Semogaa aja gue bisa. Dan sempga gue dan paksu bisa kerjasama dengan baik karena semua yang terbaik buat dedek akan bunda ayah lakuin :)

No comments:

Post a Comment