Monday 23 October 2023

Since You Were Born #36

Akhir akhir ini kalau ngobrol sama dedek dan dia ngerespon spontan langsung merembes air mata. Kayak "please jangan cepet gede. Baru banget kayaknya gue tiduran di kasur rs dan dia disamping gue dicebokin ibu. Sekarang dia dissmping gue dan gue yang bangun cebokin dia". 

Fase newborn sudsh terlewati dengab baik alhamdulillah. Waktu baru banget lahir dan dia pulang ke rumah. Gue takut banget sampe seringkali cek nafas dia "napas kan ya bayi gue?" Dan tidur gue ga tenang. Karna newborn ini napasnya masih pakr perut jds sering ga keliatan napas. Seiring berjalannya waktu dedek pun melalui fase newborn dan banyak perkembangan dari dia termasuk cara napasnya.

Gue pernah ditahap nyelimutin dedek cuma sampe perut. Eh tp sampe sekarang deng. Karna gue takut dia SIDS ( sudden infant death syndrome) alias kematian mendadak pada bayi. Naudzubillah ya allah. Nah SIDS ini banyak juga yg diakibatkan oleh kelalaian saat bayi tidur. Makanya sekarang banyak disaranin bayi ga perlu banyak barang dikasurnya. Bahkan selimut yg disaranin itu yg bentuknya baju. Gue udah mau beli buat dedek sayang buat newborn di toko bayi ga dijual sad. Alhasil ya masih pakr selimut yg buat badan walau ngeri3 sedep. 

Btw udh beberapa kali juga dedek selimutan dan selimutnya ketarik ke muka sama dia sendiri..untungnya gue dan paksu ngeh dan nurunin selimut dia. Sampe semalem gue kaget banget, karna lagi tidur gatau kenapa ngantuk banget dan paksu pun lg sakit, dedek tidur ditengah kita. Beberapa kali dedek minta nen dan jam 2 pagi kalau ga salah dia nangis dan gue ga langsung ngeh ternyata ada bantal dia jatoh nutupin muka dia. Ya allah sedih. Untung gue langsung take out. Ngeriii

Sebenernya itu yg bikin ngeri gue ninggalin dedek untuk kerja. Gue takut2 banget gitu. Apalagi kalau kita orang dewasanya yg jagain dedek ke distract hp dan fokusnya lebih banyak ke hp. Sadd. Bener2 harus minta penjagaannya sama Allah SWT.

Btw SIDS ini emamg perlu diwaspadai sama para orang tua sampai si anak umur 1 tahun dan bisa menyingkirkan semua yg jatuh ke wajah dia dan nutupin jalur pernapasan. Dan gue rasa menjaga gue ga ada dirumah, gue akan membeli selimut yg kayaj baju dan ini yg akan dipake dede, jadi aman nyaman terkendali. 

Gue jadi makin harus hati2 dan gue rasa akan nyingkirin yang dirasa "danger" buat dedek

Ya allah jauhkan dede dr mara bahaya apapun. Aamiinn

No comments:

Post a Comment