Monday 23 October 2023

Goresan Mother's Journal #5

Sedih ya kalau liat orang tersayang sakit. Beberapa minggu terakhir paksu sakit di tulang ekor dan ngaruh ke jalannya dan segala aktivitasnya termasuk duduk. Sedangkan pekerjaan dia mengharuskan banyak duduk. Sedih deh.

Sekitar 2 minggu lalu paksu sakit aja dan akan ke dokter, paksu ngelarang gue nganter dia berobat karena pas banget di hari yg sama jadwal dedek ke dokter dan abis EEG.menurut paksu dedek lebih butuh ibunya dibanding dia. Padahal gue udah bilang gue mau anter. Alhasil dia otw sendiri sedangkan gue dirumah khawatir sama dia, bahkan gue mau pesenin ojol buat dia tapi dia menolak. Sebenernya ketika dapet penolakan kayak gini, rasanya hati tug sedih. Gatau kenapa. Trus setelah 2 minggu konsumsi obat tapi tak kunjung sembuh dsn malah membengkak, dia begadang di ruang tv sedsngkan gue dikamar nyari2 dia dan ngeliat dia ketiduran cuma buat nungguin pertandingan bola. Ngeselin bgt, udah sskit masih aja mikirin pesepakbola yg ga mikirin nasib kita secarabindividu. Rasanya mulut gatel pengen kasih nasehat panjang lebar. Tapi ditahan karena orang sakit
 Belum lagi pas tau dia kompres es sendirian sampe gue bilang "kenapa ga minta tolong?". Dia cuma jawab "aku bisa sendiri kok". Rasanya kembali nyes sedih aja kayak oh didetik2 dia sakit pun, ternyata gue ga dibutuhin ya. Meanwhile, pas gue sskit aja dia orang yang gue inginkan. Bahkan sakit setelah operasi caesar pun, dia orĂ ng yg gue cari2 sambil suster bawa gue ke ruangan. Setslah jadi istri, suami jadi orang pertama yg gue harapkan ada disamping gue dibanding keluarga gue sendiri. Tapi sedihnya dia ga gitu ternyata. Tapi gue berusaha untuk gamau berlarut, karena mungkin ada pemikiran lain dari dia yang gue gatau apa karena sebagai lulusan cumlaude komunikasi, dia manusia kurang komunikasi.

Sampe akhirnya karena sakit yang makin makin bikin dia memutuskan untuk ijin masuk siang buat ke dokter pagi. Tapi ketika malem gue bilang mau anter dia keukeuh gamau dianter. Gue kesel sekaligus sedih banget rasanya, kok lagi lagi gue ga dibutuhkan ya. Padahal gue aja mikirin dia banget, mikirinndia selalu. Di hari ultah gue masakin sayur kangkung sama bwef teriyaki. Di saat gue ada waktu gue selalu siapin bekel buat dia dan selalu ngesave menu2 bekel untuk suami kayak video2 tiktok. Tapi dia berobat pun dia gamau gue anter dan cuma bilang "yaudah liat besok". Padahal gue udah keukeuh dan bilang dedek udah ada yg jaga. Kan udh bayar tante buat jagain dedek. Tapi kenapa itu aja masih issue kan ngeselin.

Sampe akhirnya pagi ini dia akhirnya mau dianter dan bilang ke gue "beneran mau nganter?" Gue jawab iya dan gue mandiin dedek lwbih pagi dibanding jadwal biasanya. Gue juggling mandiin, makan, nyiapin baju sampw gue yg mandi. Agar gue bisa nganterin dia dan ga cuma waswas nunggu dirumah. Kadang suka mikir dia tuh dsngan yg klo istilah sekarang toxic masculinitynya itu ngerti ga ya kalau istrinya sangat sangat khawatir dan bener2 ingin taking care dia. Dedek sakit, ayahnya nganter. Gue sakit dia suka nganter, pas gue cekup hamil pun dia nganter. Tapi ketika dia sakit masa gada yg anter dan dia lebih memilih sendiri. Kan ngeselin

Karwna paksaan akhirnya dia mau dianter dan sedih liat jalan dan duduknya tuh. Sampe akhirnya kita pisahan di stasiun. Eh taunya ada natinya air pam yg bikin gue ngungsi ke rumah ibu karena disini ga nampung air plus gue kebelet pup. Mana paksu nakutin kalau pam mati bsa bsrbulan2 kayaj temennya. Makin overthinkinglah gue dan buru2 otw ke rumah ibu paksu kasih notes agar pulang ga malem2. 

Abnsenya gue plg jam 8 dan bslum termasuk malem.ga sih? Gue udh niat pulang jam 7 tapi ibu minta ditungguin karena mau liat dedek dan lg pesenin sate ayam buat gue. Sampe dia chat, dan gue feeling guilty karena dia sampe duluan sednagkan dia lagi sakit. Gue buru2 pulang karena kasian paksu lg dirumah dan kebayang2 pasti susah copotin sepatu dan dia pengen minum tp gue bslum siapin minum karena buru2 otw td. Dijalan kebayang jalannya paksu, muka meringisnya paksu, dan khawatir bgt sampe netesin air mata. Bukan takut sama paksu takut paksu marah tapi lebih ke khawatir dan sedih aja. Sampe pas pulang minta maap peluk2 paksu dan langsung siapin makanan buat paksu. 

Bener ya klo kata pepatah, seorang istri ketika udh nikah suaminya tuh udah kayak tempat curhat, temen, orang yg paling dia  nantikan. Jadi paksu sakit tuh ya allah hati kek sredet. Makanya pas td sebwlum otw gue pakein kaos kaki, pakein sepatu ke paksu karena sdih aja liat dia tergeletak pasrah sakit pas ketarik bagian belakangnya. Pas tidur pun cuma bisa elus dahinya sambil doain "ya allah sembuhkan suami hamba. Jangan biarkan sakitnya makin berlarut. Kuatkan dan sembuhkan"

Sampe pas cek kayak sia tuh demam dan gue caei tau gimana caranya kmpres demam unruk dewasa. Gue ampe cari nyenye fwver untuk dewaaa pula. Sedihnya paksu tetep mikirin dedek tsrbangun dan bufuh gue ibunya disaat gue jyuapin paksu. Saddd

Untuk manusia helper dan mendahulukan orang lain, paksu akan lebih mikir kebutuhan dedek akan ibunya dibanding dia dan ya walau terkesan ga buruh gue istrinya. 
Aniwei semoga paksu cepet sehat yaa

No comments:

Post a Comment