Tuesday 24 October 2023

Me As Observer

Pertama kali dikenalin tipe kepribadian ini sama ayu dan sampe dia bahas detail tentang pengalaman gue dan 99% bener. Tapi jadinya kayak diskusi dan lebih self aware lagi. 
1. Observer dikenal sebagai investigator, pemikir, orang yang bijak
Pemikir udah pasti, kayaknya hidup gue sehari hari itu overthinking doang. 
2  punya sifat sangat menghargai ilmu pengetahuan dan mementingkan logika. Karena mementingkan intelektual kadang menunjukan sikap merendahkan.
Ini bener pula, sering banget bingung "ko ada ya orang ga kepikiran gitu? Kayak ngebego begoin orang walau ga depan mukanya" di tempat kerja pun suka intervensi orang walaupun sopan tapi selalu ngerasa kalau cara gue bisa lebih simple dibandingkan yang orang2 pikirkan. 
3. Mengumpulkan kecerdasan untuk kepentingan diri sendiri.
Kebenaran lagi! Semenjak ditinggal bapak dan tumbuh jadi anak pertama sebuah label yang cukup berat actually. Gue merasa bahwa rely on itu ya cuma rely on me not to others. Dan caranya gue selalu mencari peluang apapun itu dsri ilmu, kelas online gratis, pokoknya hidupnya belajar belajar belajar. Tujuannya biar makmur, biar gue hidup ga susah atau membuat gue rely on to somebody. Pas SMP gabisa Excel, pokonya kudet bgt bahkan ga punya friendster karena ga semudsh itu akses internet ataupun punya uang buat ke warnet. Tapi seiring berjalannya waktu gue semangat buat menghafal semua biar bisa karena gue percaya ilmu gada yang sia sia. Kalau gue bisa ilmu A pintu rejeki dari A akan kebuka. Kalau gue bisa ilmu B, pintu rejeki B akan kebuka. Gatau kenapa yang awalnya ga punya someone to rely on jadi mempersiapkan semuanya buat hidup sendirian.

4. Seorang introvert yang butuh waktu lama buat menyendiri untuk menjaga privasi dan kesehatan mental. Sangat mandiri dan bisa menciptakan inovasi luar biasa saat menyendiri.
Walaupun semua orang yang gue bilang kalau gue introvert 99% mereka ga percaya. Katanya gue bukan introvert. Tapi kan definisi introvert itu cara charge diri mereka itu bukan bagaimana mereka bergaul. Cata charge gue itu ke tempat2 sendirian, dikamar ngunci pintu sendirian. Ke toko buku/perpus sendirian. Dari jaman gadis gue itu tipe yang mengurung diri di kamar, kayak tempat teraman dan ternyaman gue, dikamar gue bisa fokus, bisa ngerjain banyak hal, bahkan gue bisa menjalankan hobi yang menghasilkan uang. Cuma bikin analisa konten drakor, ngeblog dan ada orang pasang iklan bahkan dr shopee dan dibayar. Semenjak menikah dan behavior keluarga paksu sungguh beda, dan dia pernah bilang emang biasanya ngumpul di ruang tengah buat ngobrol keluarga. Gue kadang cuma duduk bentar aja udah bikin energi abis. Dan gue lebih banyak menghabiskan waktu dikamar apalagi emang banyak kerja. Karena ada di satu tempat dimana lagunya bukan yang bisa gue denger di telinga, atau obrolannya ga gue paham, gue akan cuma loading dan tiba2 energi bisa abis gitu. Introvert tuh gitu. Tp bukan berarti gabisa bergaul. Klo gabisa bergaul gakan bisa gue jbjb sama nax djarum di acara kantor, gakan bisa di lift ngobrol sama content director yang mana pengen bgt gue ajak ngobrol deep soal kerjaan. 

Mandiri ofcourse gabisa diragukan lagi kemandirian gue. Kayak selama gue bisa sendiri gue gakan minta bantuan orang lain, makanya sebel + sedih bgt pas paksu pernah ngatain gue jangan kayak princess, kek wtf kapan gue kek princess minta dimasakin ini itu. Gue aja rely on to money, dimana ada uang disitu gue bisa melakukan apapun. Makanya moto gue time is money, hidup gue selalu penuh dg mencari uang. Bahkan nama hallyuvibe itu gue yang menciptakan di momen kesendirian gue, analisa drakor pun gue, belajar ads ig pun sendirian. Portofolio. Semuanya di momen kamar sendirian. 

5. Part tersedih " saat sedang dalam kondisi tidak baik, mereka lupa merawat tubuh mereka sendiri. Mereka bisa obsesif secara mental dan tidak fokus"
Ini 100% bener, gue aja bingung untuk yang bukan pecinta pedes lambung gue sangat bermasalah bahkan curiga gerd gue ini udh termasuk kronis. Pertama sih karna sering telat makan dan banyak pikiran. Gue serig telat makan ketika gue kerja pasti selalu janji ke diri sendiri bahkan sampe detik ini "dikit lagi drh baru makan". Dan pikiran gue yang overthinking bercabag pernuh kekhawatiran jg salah satu pemicu. Makanya gue mudah kena panic attack. Yang paling gue inget adalah naik car buat ke tempat meeting padahal berangkat udah makan, tapi panik dijalanan dan sampe tempat meeting muntah dulu sampe cari obat lambung sendirian jalan ke warung, mana jauh bgt tu warung. Pernah beberapa kali pingsan di kereta padahal udah makan. Jadi sebenernya ga heran aja kalau pas hamil gue sampe TM3 ini lemah bgt karena gue punya kebiasaan buruk kayak gitu. Cuma sedihnya kasian anak gue di perut kena imbas emaknya yang ga jaga kesehatan dan pikiran dsri jaman belum nikah.

Obsesif tentu. Kurang obsesif apa, nyari lokasi kosan orang yang pernah didatengin pacar, bermodalkan lokasi gps. Mana saat itu salah lokasi dan tempatnya kumuh dan gue sempet nanya yg ngekos disitu. Tapi taunya salah alamat, harusnya sawah besar malah mangga besar, gobs emang. Tp itu tempatnya kumuh bgt, gue bisabisa diculik kali klo ada yg jahat. Tp lokasi kedua bener tp gue datengin secara sia sia juga sih wong abis putusin mas pacar wkwk. Obsesi gue kayak udah ditahap abnormal. Gabisa kalau gatau apa2. Eniwei itu ga sehat yaa. Makanya setelah itu gue langsung konsul ke sstu persen.

6. Tipe yang perlu belajar proses dan mengekspresikan emosi dengan cara efektif. Kalau tidak, akan berbicara melalui perilaku obsesif, depresi dsn kerusakan fisik.
Well ini bener banget gue dulu gabisa memproses dan eksprrsif dslam emosi, selalu dg marah2. Silent treatment ini masih sih cuma pelan2 lagi belajar ngutarain apa yang dibutuhin. Dulu saking gatau cara msrah yang baik tuh, bisa sampe jedotin tangan ke tembok dan alhasil jadi biru2 lebam tangan kadsng kaki. Sampe pernah di titik mikir gue rasa gue gila deh. Gue rasa di diri gue ada banyak jinnya, jangan2 kalau di ruqiah gue teriak2. Sampe pernah mikir gitu. Sampe gue rutin kajian dan ikutan kajian hanan attaki juga. Gue rasa im not kind good girl dan wanita ramah aja gitu. Padahal ya karna hati pikiran dan perilaku bertabrakan.
7. Ada point of growth yang bilang "perlu belajar mempercayai orang lain". Gue rasa emang gue trust issue banget sama semua orang sampe rasanya i can handle everythimg alone dan pernah dititik ga butuh orang lain. Bahkan untuk semua hal berkaitan sama dedek saat ini, gue jadi sulit percaya sama orang lain. Sampe kadang gue bertanya ke diri sendiri apa yg gue percayai? Gue kayak sering dikecewain sampe ga mudah percaya, bahkan gue ga percaya ada orang baik di dunia ini. Parah ya isi otak gue. 

Btw tes kepribadian ini bener2 99% mirip bgt sama gue

No comments:

Post a Comment