Friday 20 October 2023

Goresan Mother's Journal #4

Countings day menuju status mom working
Makin hari makin degdegan, makin sedih, makin overthinking makin feeling blue makin suka bkin nangis sendirian. Kenapa jadi lebih feeling blue? Setelah gue telaah ya karena grup kantor jadi lebih berisik dan penuh dengan chat leader yang "gaes pilih ya hari apa kita meeting biar di book ruang meetingnya kita meeting jam 9 ya mulainya". Dan meetingnya offline. Gue dulu pas sebelum menikah, bahkan di saat hamil pun seneng banget capek capean harus ke kantor bahkan tiap hari pun rela. Sekarang ngebayangin senin disuruh ke ksntor aja suka bikin merembes air mata.

Gue inget banget pas baru banget lahiran masih sakit luka caesar dan paksu masih cuti. Paksu dengan bangganya ngajarin cara steril, bikin susu, sampe ngetes gue atas penjelasan dia yang mana otak gue ngeblank, sampe pas dia ngomong "kamu ga nyimak. Gimana nanti pas aku udh kerja". Sekarang gue bisa ngelakuin semuanyaa bahkan sendirian, im so proud of that. Dan ternyata walau lelah, seneng juga ya karna tulus buat anak. Apalagi sekarang ditambah beberapa kali mulai lagi ngurus suami pelan2 bertahap disaat anak lg ga rewel. Dan itu bikin gue bangga dg diri gue yang bisa melewati tahap recovery caesar, dan melewati newborn daily lyfe bahkan sekarang lagi menjalani peran newmom.

Akhir2 ini lagi coba pake pengasuh, ke doktwr ditemani pengasuh. Tapi karena si tante ini punya anak kadang namanya anak ada aja tantrumnya, belum lagi main hp pula kadang bikin gue jadi waswas. Takut dedek jadi udah terpapar gadget sedini mungkin. Belum lagi kayak hari ini tante ijin plg jam 3 sampe gue larang karna masih tergolong siang. Tau sih skrg ini gue masih ada full dirumah tapi otak gue berkenala seandainya gue udah kerja entah itu wfo atau wfh. Di jam segitu mamah rutinitasnya pastj lagi live. Jadi sense of sensitive atas suara2 dedek twrgolong kurang. Dan yaa kalau hidup kita diperdaya gadget emang sense terhadap lingkungan sekitar jadi menurun. Otak yg berfungsi terhadap waspads gue berkelana bagaimana jika nanti gue udah mulai bekerja dan gada mata awas terhadap dedek. Serius degdegan. Segini dedek kerjaannya cuma bobo mimi ee doang. Gimana kalau dia udah mulai aktif ngerondang dsn segala macem.

Gue inginnya sih orang yg ngasuh dedek siapapun itu emang bener2 full ga terfokus nyambi sampe dedek terabaikan, entah itu nonton / main hp. Karna gue dan paksu pun selalu begitu ke dedek. Begitupula ibu. Kita tipe yg bsa jauh dr hp ketika fokus sama dedek.

Semenjak jadi ibu, deep down hati gue inginnya nemenin fully dedek, ngasuh dia. Makanya gue sebisa mungkin nanti pas kerja pun mandiin dedek dulu. Gue tau ini akan sangat sangat melelahkan untuk gue yg sekarang ini setelah c section jadi lebih jompo berkali2 lipat. Tapi gue ingin biss membagi waktu yg baik dan dedek tau kalau ibunya do the best untuk membagi waktunya dan bisa membuat dedek deket sama bundanya dan gue berharapnya ketika beranjak gede pun, tantrum sekalipun yg bisa dia dengerin dia turutin dengan baik ya ayah bundanya yang seline untuk kasih parenting style yg sama. 

Berat juga ya jadi ibu hehe
Berat di fisik, di hati dan dipikiran
Bahkan tangan sakit pun masih hsrus angkat dis buat pukpukin dia saat malem bangun.
Gue rasa, gue perlu healthy life deh. Makan yg sehat, tidur yg sehat dan olahraga biar ya tidur 8 jam cukup trus ga jadi jompo wkwk

No comments:

Post a Comment