Monday 9 October 2023

Since You Were Born #33

Seandainya bisa mengkloning diri, gue ingin rasanya mengkloning diri sendiri. Alasannya dalam waktu 24 jam banyak yang ingin gue lakukan untuk diri gue, karir gue, suami  dan juga anak gue. Saat ini lagi coba ada yg jagain dedek minta tolong tante, inipun gue majuin 1 bulan sebelum gue masuk kantor. Biar banyak hal detail yang gue lakuin buat anak gue bisa dilakuin juga oleh pengasuhnya. 

Dan hari pertama tiba, dengan job masak, beresin kamar dedek nyuci nyetrika baju, bersihin botol dan ngasuh dedek. So far bersihin kamar masih oke masak juga oke. Tapi ngasuh masih dibawah standar gue dan paksu. Gue berusaha buat buka laptop dulu karna harus ngisi check in survey dari kantor dan dede ditackle pengasuh. Tapi paksu ngawasin dr cctv cara gendong dedek yang lehernya ga ditopang. Pas mandi angkat dedeknpun masih ga hati2. Dan disaat itu gue pun lagi ga fokus. Pas mandiin dedek kepala gue pusing karna too much attention karna kebetulan lagi banyak orang, jadi ga fokus liat dedek. Tapi karna paksu jadi mata kedua, ini bisa jadi validasi kita berdua tentang detail yang harus diterapin.

Walau ada huftnya lagi lagi sebagai perfectionist gue rasanya pengen tackle everything. Perihal cuci botol kurang bersih pun gue rasanya dalem ati "ya allah ingin rasanya gue urus semuanya sendirian". Gue ga suka barang yang dipake dedek kalau ga bersih. Botol kaca penyimpan asi pun. Besok akan gue taro lagi biar dicuci bersih dan gue detailin lagi satu satu. Sbnernya bukan cuma tante aja yg begitu, setiap yang cuci botol entah itu enin maupun mamah kalau gue check lagi, tetep ga sebersih gue dan paksu. Gue jadi mikir apa emang karna kita orang tua si dedek ya sampe bener2 hygienisnya kita perhatiin. Cuci botol aja pake air anget dulu. Disaat orang lain sesimple cuci botol pake sabun dedek udah. 

Untuk urusan lemari dedek pun. Gue udah kasih notes barang2mya ditaro dimana aja. Tapi tetep beda tangan beda perlakuan. Dan bikin messy dan ga teratur. 

Pernah juga pas di rs dan ibu tackle bersihin ee dedek. Dan bersihinnya diatas selimut dede sampe gue teriakin. Padahal ibu yg pertama bersihin ee dedek di rs pas lahiran sebwlum gue bisa ngelakuin semuanya sendiri. Tapi ketika gue udah bisa semua sendiri bahkan ngurus dedek, gue kayak ngebentuk standsr sendiri yang rasanya ingin orang lain patuhi no matter what.

Hari pertama masih jauh dari standar gue dan paksu dan hopefully going smooth karna gue harus lebih mendetailkan semuanya biar gue tenang ninggalin dedek buat kerja. Kalau engga, gue bisa tackle semuanya saat wfh dan itu bisa bikin overwhelm. 

Bahkan untuk soal kepercayaan, gue sama paksu tipe yang percaya dengan medis bukan apa kata orang tua dulu. Tangan jangan dicium nanti culamitan. Anak kecil dikagetin biar ga jadi kagetan. Tidurnya ditaro asal biar bobo tenang. Dst. Kita percaya ilmiah dan logika. Sampe tante gue bilang biar ga kagetan dikagetin aja, karna anaknya pun begitu. Sama persis kayak adik ipar gue yang memilih anaknya pas bayi dikagetin. Srdangkan reflek moro/jiteriness ga relate sama dikagetin pas bayi. 

Jangankan orang lain yaa yg ngasuh anak kita, bahkan neneknya sendiri pun bisa parenting stylenya bertabrakan sama kita yg orang tuanya. Dan beratnya jadi ibu yang pekerja ga fully ngrusin anak yaa itu harus rela parenting stylenya bertabrakan. Sedangkan gue ga rela. Gue takut paham yg gue anut bahkan ga lebih dominan karna dedek ga fully gue urus. Karna sesungguhny selalu ada perbaikan dari setiap parenting style yang dilakukan oleh orang tua gue maupun paksu, meskipun kita tumbuh jadi anak yg baik dan berbakti tapi tetep ada aja kurangnya kalau deep down liaf gaya parenting ortu kita berdua yang perlu kita perbaiki saat ngasuh anak kita.

Untuk orang yg controller, gu3 dulu dirumah pun kontrol semua hal termasuk bayar2n dan semua terkwndali teratur. Sampe ketika nikah cukup messy klo kata adik. Bahkan karna udah ada abi, gue ingin melepaskan tanggung jawab gue handle bayar2 biar bisa bikin keluargw gue lebih mandiri karna selama ini gue yg kontrol semuanya. Disaat capek pun bahkan disaat gue kwrja, gue masih sempwt buat urus printilan rumah padahal fisik gue udh ga dirumah. Dan hampir 1 taun menikah semua berjalan lancar, disela kesibukan gue disela dropnya fisik gue. Gue tetep bisa lancar. Ngelakuin semuanya sendiri. Segitu ngurus hal dimana orang2nya udh pada dewasa. Apalagi hal detail untuk anak kecil.

Dan yaa gue jadi rasanya pengennya kloning diri sendiri untuk tackle semuanya. Mandinya dedek. Pake baju. Buat susu. Cairin asi etc. Semoga seterusnya bisa lancar dan bsa dipercaya gue maupun paksu..jadi gue kerjanya pun tenang 

No comments:

Post a Comment