Saturday 4 June 2022

Go Go Life?


Ada satu orang di fanbase ngetweet gini "aku abis HV sama pacarku, keluarga kita udah kenal masing masing. Aku udh 2 tahun sama dia, dia sayang aku. Tp dia gak akan ninggalin aku kan?"

Ada lagi yang gini "kalian ada yang pernah gugurin kandungan gak?alasannya apa? Aku takut, aku telat haid, cowoku masih kuliah dia belum siap punya anak. Dia minta buat gugurin aja"

And so on and so on

Setelah merenung dan melalui rasa sakit gue sadar bahwa gak akan pernah ada yang bisa bikin orang itu stay dan setia sama kita kalau bukan dia yang mau setia dan stay. Jadi mau kita udah HS, atau do the best jadi pasangan baik setia caring selalu ada, sabar dan segalanya, bahkan meski merasa udah hebat jadi perempuan kalau si pasangan gak mau setia dan tetep ninggalin kita, gak ada yang bisa kita cegah. Dia akan stay kalau memang dia mau stay, dia akan setia kalau memang dia mau setia. Sekalipun depan mata dia banyak godaan kalau dia mau stay gak akan dia ngelakuin itu. Jadi jangan berharap udah melakukan yang terbaik sebagai pasangan ko bisa bisanya diselingkuhin? Udah HS sama dia kok dia tega ninggalin? Its mean dia gak mau buat stay. Jadi buat apa memaksa orang stay kalau dia gamau stay ga sih? 

Dan ini bikin gue sadar bahwa people come and go. Bisa dipisahkan oleh kematian atau pengkhianatan bahkan ketidakcocokan. Dan kalau udah itu yang ada dihadapan kita, kita harus sadar bahwa orang orang itu cuma numpang lewat aja. Bisa jadi orang tersebut ngasih pelajaran berharga buat kita, bisa jadi orang itu bikin kita jadi sosok yang tambah kuat, bisa jadi orang itu bikin kita lebih kenal sama diri sendiri. Gak pernah ada hikmah dari pertemuan gak sih? 

Beberapa hari ini ngikutin beritanya Ridwan Kamil yang kehilangan anaknya yang udah hanyut berhari hari dan tanpa ketemu. Mau ikhlas dan menerima kematian tapi ada harapan, tapi ketika berharap ada logika yang mengatakan bahwa gak mungkin hidup di air selama itu. Lalu gue menangis ketika melihat satu caption bu atalia. Bagian ini bikin gue nangis "mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenernya, Allah swt". Sedih banget ga sih mengikhlaskan orang yang kita sayang dan pasrah akan ketidakpastian. Tapi sadar bahwa semua di dunia ini tuh cuma titipan dan bahkan bisa jadi orang orang disekeliking kita cuma lewat doang, cuma ngasih memori terindah, ngasih kita buat banyak belajar dan mengenal perasaan, keadaan dan kerelaan buat sadar dan berhenti menggenggam. Dan masih sempet sempetnya bu Atalia ini memuji keindahan sungai Aare, memuji ciptaan Allah. 
tapi caption pak Ridwan Kamil juga nyesek banget, literally ikhlas, meskipun gue paham banget susah banget ikhlas tuh. Tapi dia sadar bahwa Ridwan Kamil dan Sungai Aare pun tuh cuma makhluk ciptaan Allah SWT jadi dia mengikhlaskan anaknya buat ada di keindahan Sungai Aare buat ketemu sang Pencipta.
What kind of let it go it self?
Ikhlas tuh susah, banget malah bagi gue. Gue sadar sepenuh hati dan jiwa ikhlas atas segala hal yang terjadi dalam hidup gue itu gampang. Orang yang berusaha memanfaatkan gue, atau memperlakukan gue dengan buruk di saat udah gue perlakukan dengan baik, atau bahkan rasa sakit yang ditimbulkan, kehilangan, kematian dan kekecewaan. Susah banget gitu buat sadar sepenuh hati bahwa gue merelakan semua yang terjadi. Tapi 2 case diatas itu menyadari bahwa gak ada satupun di dunia ini yang bisa gue genggam : tubuh, rasa sayang dan cinta, harta, perasaan, bahkan diri kita. Semua tuh cuma sementara dan mungkin nih kita tuh hidup di dunia cuma buat dapetin makna hidup dan ngasih kita pelajaran berharga agar terus jadi lebih baik.

Tau apa yang gue pelajari sekarang ini? Gue yang awalnya selalu bingung "tujuan manusia hidup di dunia itu apa sih? Nyari pahala then what? Hidup baik? Ikhlas? Emang bisa manusia ikhlas dan sabar?". Lalu jeger Allah kasih ujian yang bikin gue realize bahwa pencarian gue tentang ketenangan hati lewat psikologi itu membawa gue sadar bahwa ada Allah yang ngatur segalanya, jadi fokus sama diri sendiri, perbaiki diri, jadi lebih baik baik setiap harinya dan pasrah. Semua mengantarkan gue ke titik, dengan memperlajari diri gue, ternyata membawa gue buat banyak meminta dan curhat kepada Sang Pencipta. 

Jadi ga usah terlalu menggenggam seseorang, bukan karena kadar cintanya berkurang, tapi sadar kalau bisa jadi orang tersebut pergi dari hidup kita, bisa diambil sama pelakor atau bisa diambil sama Allah SWT. Jadi kalau dia mau pergi, akan kubuka pintu lebar lebar, setelah dia pergi akan ku tutup dan kunci rapat. Tapi kalau diambil sama Allah, semoga dapet tempat terbaik. Tapi kedua keadaan itu doa paling penting adalah, agar mengantarkan diri gue ke titik ikhlas.

For anything happen, gue berharap gue selalu dikuatkan, dilapangkan hatinnya, dibersihkan pikirannya dan ditunjukkan jalan lurusnya. sekarang gue sadar tentang life dan makna dari people always come and go :)

No comments:

Post a Comment