Friday 19 July 2013

There’s always that one song that brings back old memories


“Mengapa kau hanya memutar lagu itu terus menerus?”
Aku hanya tersenyum memandang wajahnya yang penuh tanda tanya
“dari sekian banyak lagu apa hanya itu yang kau sukai?Bukankah lagu ini sudah lama sekali? ”
“ aku menyukainya karena lagu ini seperti mesin waktu yang dapat membawaku ke tempat dimana aku berjalan di masa lalu “
“ Aku sungguh tak mengerti, bukankah ini hanya sebuah lagu? Bagaimana bisa membawamu ke masa lalu?”
“ Dengarkan lagu yang kau sukai yang sangat kau sukai tentunya, dan tutuplah matamu seperti ini maka hati mu yang membawamu ke masa lalu dengan bantuan lagu itu “
“ Lagu hanyalah sebuah lagu dan tak ada keajaiban untuk kembali ke masa lalu karena masa lalu berada dibelakangmu dan mungkin saja memori dalam otakmu berkurang sehingga masa lalu itu mudah terlupakan karena akan banyak memori di depanmu yang menunggumu “
“ Aku rasa tidak begitu juga, Jika kau memiliki kenangan entah itu buruk dan kenangan indah itu tidak akan mudah terlupakan kecuali kau amnesia dan tak mengingat masa lalumu. “
“ Bagiku masa lalu hanyalah masa lalu yang berada di belakang dan saat ini aku berjalan menuju masa depanku mengapa aku harus mengingat masa lalu? Lagipula jika kau memiliki kenangan di masa lalu kau bisa melupakannya dan berjalan dimasa sekarang menuju masa depan “
“ jika kau melupakan masa lalumu bagaimana kau bisa berjalan menuju masa depanmu?Dimasa lalu kau mungkin memiliki kesalahan yang seharusnya tak pernah kau lakukan dan jika kau menemuinya lagi dan kau melupakan masa lalumu mungkin saja kau akan jatuh ke lubang yang sama, bukankah itu bodoh? “
Aku melihatnya berpikir mungkin Ia sedang mencerna semua perdebatan kami
“ Jadi itulah mengapa kita belajar sejarah di sekolah? “
“ Yeah, tentu saja. Apa kau sudah mengerti?Sejarah adalah masa lalu yang tak dapat dihapus dalam kehidupan kita, sejarah ada agar kita belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama “
“ Apa lagu itu memiliki semacam de javu? “
“ de javu? “
“ yeah, kau merasa seperti pernah melakukan sesuatu yang saat ini kau lakukan namun kau tidak mengingatnya bahkan belum pernah kau lakukan sebelumnya dan de javu muncul begitu saja “
“ Entahlah, Aku tak mengerti “
“ Apa yang kau rasakan saat mendengarkan lagu itu ? “
“ Aku bahagia, karena ketika aku memiliki banyak pikiran dan merasa terbebani aku menutup mataku sambil mendengarkan lagu. dan mencoba mengingat hal-hal bahagia yang terjadi dimasa lalu seperti yang kubilang tadi semacam mesin waktu. “
“ Aku tidak akan melupakan masa lalu namun aku akan belajar dari masa lalu “
Aku tersenyum mendengarnya, perkara kecil akan menjadi perkara besar jika tidak diluruskan.
Terkadang lagu memang dapat membawa kita ke masa lalu, semacam mesin waktu namun hanya dapat terlihat nyata berada dalam khayalanmu karena pada dasarnya itu hanyalah ingatan dan kau yang membuatnya menjadi nyata.


No comments:

Post a Comment