Wednesday 31 July 2013

perbedaan IQ dan EQ

IQ ( Intelectual Quotient ) yaitu tingkat kecerdasan seseorang yang diukur memakai derajat kecerdasan intelectual, bisa dites pake tes IQ pokoknya kecerdasan yang menyangkut aspek-aspek nyata manusia.
EQ ( Emotional Quotient ) yaitu tingkat ukur buat emotial intelligent atau kecerdasan emosional yang udah di akui lebih penting daripada IQ karena kecerdasan emotional mengambil aspek-aspek tidak nyata dari kecerdasan manusia. EQ lebih penting daripada IQ karena EQ memberikan gambaran tentang sikap manusia akan dirinya yang sudah pasti punya emosi. emosi inilah yang memegang peranan penting bagi manusia karena emosi jika bisa dikendalikan akan sangat membantu manusia, jika tidak bisa dikendalikan bisa berbahaya. emosi tidak dapat di tolak hanya bisa dikendalikan makanya kita perlu punya EQ juga bukan hanya IQ. otak menurut penelitian terakhir terbagi menjadi 2 yaitu otak rasional namanya neocortex, 80% dari otak adalah neocortex. satu lagi yaitu limbic system, otak emosional kita berasal dari sana, hanya punya 20% dari otak, tapi megang peranan penting.
Ada 2 skill/ keahlian yang diperlukan di kecerdasan emosional yaitu intrapersonal skill dan interpersonal skill. interpersonal yaitu keahkian manusia untuk bergaul, mengerti emosi orang lain, membaca emosi yang terjadi di sekitarnya, kemampuan manusia untuk memahami dan mengerti orang lain. Intrapersonal yaitu kemampuan manusia untuk mengerti dan mengendalikan emosi yang lagi ada dalam dirinya. interpersonal keluar diri sendiri sedangkan intrapersonal ke dalam diri sendiri, contohnya ga langsung down kalau lagi ada masalah, selalu bersemangat, tekun, bangkit jika ada masalah bukan tenggelam dalam pikiran negatif. tidak pernah menyerah.

#from novel 5 cm

No comments:

Post a Comment