Wednesday 6 September 2023

Since You Were Born #14

Ibu sempet nanya "gimana rasanya jadi ibu?"
Gue cuma jawab "complicated"
Dsri dulu emang suka anak kecil, anak kecil tuh kayak ngasih energi dan kebahagiaan yang beda yang bikin tak terkira. tapi ketika jadi ibu yang hadir ga cuma rasa bahagia tapi segala jenis emosi. Kalau dulu gue ga perlu pusing mikirin ketika udara kotor, polusi udara, virus flu dari orang yang berkunjung, bahkan suntikan dokter ga perlu gue pikirin. Tapi ketika jadi ibu semua gue pikirin.

Kalau kata pabos nafis sih kenapa anak orang itu lucu karena kalau anaknya nangis tinggal kasih ke emaknya. Ga harus 24 jam ngurusin. Tapi ketika jadi ibu 24 jam isi otak full mikirin dia. Bahkan harus jadi cenangan kira2 tangisannya ini karena apa ya? Sakitkah? Laparkah? Ga nyamankah atau apa?

Meninggalkan dia sendirian pun jadi hal yang gue takutin, even itu sama keponakan yang masih kecil. Takut di kruwek haha. Padahal kondisi udh sakit perut dan kebelet pup. Tapi semua dikesampingkan secara naluriah..tsah

Ketika ditanya mamah "cayang cayanf kenapa". Gue suka jawab "pipis. Pup" padahal gue pun hipotesa yang seringkali benar. Ketika ganti dia diem. Apakah ini disebut ikatan batin ibu dan anak? 

Cuma sekarang lagi ngerasa heran kenapa dia sekarang gampang kagetan dan kalau ditinggal nangisnya kejer banget. Sampe tante bilang "tiati kalau udah nyaman sama bau ibunya. Biasanya pas gede ibujya ninggalin bentar nangisnya kayak apa bikin pusing". Yes posesip

Akhir akhir ini karena dedek sering nangis kalau gue ambil pampers/baju. Biasanya gue ajak sambil digendong2. Saking kasiannya dia kalau ditinggal nangis kejer. 

Kadang dengan dia nyusu ketika menenangkanndiri disaat dia meronta2 dan disaat yang sama gue ngomong sendiri kayak orang bener, duduk diem gini tuh sambil ngosngosan. Capeke bener hahaha
Bahkan capeknya sambil sskit kepala, belum lagi kaki pegel, belum lagi ditambah luka jaitan suka masih sakit. Complicated.

Tapi bahagianya tak terkira. Bahkan ketika dedek bisa ngerespon dengan suara dia walau cuma 1x 2x tuh rasanyaaa, kalah falling in lop ama bapaknya wkwk


No comments:

Post a Comment