Wednesday 13 September 2023

Since You Were Born #18

Hari ini harusnya ada tente jadwal nyuci. Tapi ternyata gabisa dan ibu baru ngabarin gue pagi2 dan itupun lewat telp. Ibu bilang "tante harus nganter uwa ke dukcapil jadi paling hari kamis..gapapa kan?". Gue jawab "yaidah gapapa". Trus ibu cerita "ibu masak nasgor nih sama perkedel kornet. Kamu mau gak?" Gue jawab "ya boleh deh". Namanya ditawarin, masa ditolak. Gue ga meminta "bu masakin nasgor. Bu bikinin perkedel kornet". Tiap kali ibu dateng bawa masakan pure seorang ibu yang pengen gue yang lambungnya bermasalah ini makan teratur. Makan masakan sshat bukan beli mateng yang bumbunya terlalu pedeslah dan belum.tentu hyginies.

Lalu ketika dateng bawa nasgor dengan sumringah, ibu bilang ke mamah "bawa nasgor abis bikjn dirumah". Lalu mamah bilang "kenapa neng ga minta aja mamah bikin". Gue yang gatau apa2 suka bingung, gue ga pernah minta ibu/mamah juga buat bikinin kok. Prinsip gue dari jaman gadis belum nikah "if i have money, i can take care of my self. I can buy food and so on". Kalau mau nasgor yaudsh gue bisa beli. Makanya otak gue dari dulu selalu tentang duit dan kerha rodi karena how I can live aja gitu.

Cuma gue jadi bingung kenapa jadi perebutan seolah gue lebih menggantungkan ke ibu. Padahal ga gitu. Gue malah lebih pengennya ya kalau soal masak nanti ada yg masakin. Gue kayak temen2 gue dikantor. Ada yang bantu2 dirumah buat masak2. Toh makanannya juga dimakan bareng2 sama orang rumah. Walau secara behaviour gue dulu dirumah sama paksu dirumah itu beda dan itu hal yang wqjar sih. Gue dulu tipe yg dirumah harus selalu masak. Klo paksu ga harus selalu masak. Bahkan gue prinsipnya nanti klo dedek gede, gue harus bsa masak, gue pengen kayak ibu yang masak setiap hari karena selain bergizi ya higines. 

Lalu gue yang sekarang sedang menikmati lelahnya dan challenging jadi ibu, dihadapkan sama drama kehidupan yang sungguh bikin pusing. Kondisi dimana ibu yang selalu pengen deket cucu pertamanya tapi suka terpaksa dateng cuma sebentar atau ga dateng karena gaenak sama mamah padahal bawannya pengen selalu sama cucu. Dan kondisi dimana kemarin soal drama tiktok. Jadi kayak kondisi serba gaenak. 

Mungkin ada pikiran gue lebih percaya ibu yang ngasuh ghava padahal karena ibu waktunya setelah beberes rumah gada kerjaan lain, ibu gada kegiatan lain kayak tiktokan dsb dan seneng banget main sama cucu. Ibu tipe yang bisa jauh dari hp. Tapi kondisinya gue tinggal sama mertua, dan ibu gaenak kalau kesini terus padahal kangen terus. Kalau ibu disini disaat drama pertiktokan kemarin, khawatirnya ngerasa tetep ga dipercaya. Dan hal yang gue khawatirkan terjadi. Kondisi dimana ini terjadi. Sampe mikir apakah karena gue bukan tinggal dirumah sendiri? Sedangkan ibu cucu pertama inginnya main sama cucu terus. Tapi disamping itu tinggal sama mertua dan ibu yang pengen main jadi kagok. Rasanyaaa ingin jambak rambut sendiri saking pusingnya.

Yang bikin pusing adalah jaga perasaan orang. Padahal itu diluar kendali gue. Cuma gue inginnya seperti kata paksu pas dulu sebelum dedek lahir, ingin membagi waktu dedek. Biar ibu ngerasain jg dedek dirumah sana. Cuma ketika bahas soal playmat yang ada 2 dan membagi satu satu dirumah sini dan rumah ibu, paksu justru malah jawab "mau taro dimana lagian?". Waktu itu ingin nerusin dan bahas soal janji dia keinginan dia dulu yang pengen juga dedek nginep disana. Tapi dari kalimatnya gue jadi ngerasa kayak sulit buat bikin dedek nginep disana. Semoga cuma overthinking gue aja. Gue bilang ke ibu, kalau dedek akan nginep disana ketika memaatikan kucing ga dirumah, bulu2 ilang dan semua bersih.
Sedih juga ketika ibu pengennya main sama dedek tapi gaenak sama mamah. Apalagi disaat trust issue karena masalah tiktok kemarin. Yang satu ingin membuktikan kalau mampu ngasuh cucu satu lagi gaenak takut dianggap ingin ambil alih cucu.
Gue yang emaknya bingung napah begini amat elaah.

Satu hal yang pasti gue tidak bisa membahagiakan semua orang. So i take my rules apapun itu. Soal ngasuh dedek tanpa tiktok dan rumah ibu yang harus bersih bebas kucing. If you cant follow my rules Iam so so sorry.

No comments:

Post a Comment