Tuesday 26 September 2023

Since You Were Born #28

Pertama kali ke rs pmi bawa dedek ga sama paksu, it such new challenge dan experience yang belum pernah gue alami tapi kalau bisa ga perlu dicoba lg wkwk karwna sungguh rusuh kemarin.

Diawal berangkat dedek udh gamau pake gendongan,trus jalanan panas bgt jd dia rungsing ditambah gue pake tas yg sungguh tidak simple buat pergi2 malah tambah bikin ribet (tapi paksu yg minta gue pake tas itu, padahal mah ga pake tas itu skrg2 ge gakan basi itu tas. Tp yaudah gue yg anak bandel tetep nurut walau ada ngedumelnya pas riweuh wkwk ) plus paksu nyuruh bawa stroller inipun riwuh bawanya karna beraat wkwk

Dedek yg anak baik dan bukan anak cengeng lg banyak nangis karna engap flu kasian bgt. Gue udh list jg pertanyaan dan video2 buat ditunjukin ke dokter. Disaat ngurus2 adminitrasi dll dedek minta mimi dan lg rusuh tau2nya dipanggil masuk ruangan sampe bra belum dikancingin wkwk. Sumpah rempong bgt sampe ingin buru2 pulang, karna jadi sorotan orang2 dan itu pusing syekalii wkwk

Tapi so far so good dokter bilang semya keluhan gue itu normal dsn menandakan dede berkembang dengan baik. Gue bersyukur dan semoga seterusnya emang baik.. kata dokter malah klo dede ngerasa sskit pasti miminya gamau dsn ga banyak. Paling gue harus menjauhkan dede dr orang2 yg emang lg flu batuk, trus asep2n, debu dan bulu2. Suhu jg kisarwn 25 26 aja. 

Disaat otak gue full gitu, paksu ngechat minta dikabarin sesegera mungkin. Ampe ibu ngomong apa ga gue hirauin karna fokus ngejelasin ke paksu. Perubahan lagi setelah jadi ibu "isi pikiran penuh ga pernah kosong" belum lagi banyak list gue di otak, gue kudu beli susu beli pempers, abis dr dokter mau benerin kacamata, beli sedotan ingus. Sampe gue baru mam siang set 3 wkwk. Ya allah semoga gerd aku ga kambuh yaa.

Dsn bener aja dong malem2 paksu bikin susu "beib susu dede udh mau abis". Gue bilang iya ntar beli udh mau beli tadi tp lupa. Lagi2 seorang ibu banyak bgt to do listnyaa. Kayak terus gada istirahatnya. Bahkan td malem selain dede rungsing karna engap, gue coba urai isi pikiran gue yg kusut sampe gabisa tidur. Alhasil malah check out penyedot ingus manual samp3 baru tidur set 3.

Sepulang dari dokter dsn botani pun dede minta mimi. Abis mimi mandiin dede. Gitu2 sampe full jadwal gue dsn abia magrib seperti biasa dede cenghar ga mau bobo akhirnya gue ajak main. Rasanya badan kaku banget sakit ringsek. Gue harus olahraga lagi nih biar otot pada kuat, karna jd ibu melelahkan bgt coy.

Tapi walaupun melelahkan banget dengan segala to do list dan keruwetan mengASIhi dedek, im so proud of my self. Sumpah bangga banget sama diri sendiri.
1. Gue bisa ke rs ngurus2 sendiri biasanya paksu yg urus2 gue tinggal duduk diem
2. Gue bisa ga kena serangan panik sampe mual gerd kambuh karna buru2 dipanggil dokter saat dedek nen mana pake jatoh segala printilan barang2
3. Bisa makan di tempat umum dan enjoy aja tanpa mikirin pendapat orang 
4. Bisa buka dan nutup stroller sendiri bahkan ngangkut stroller yg berat ke mobil
5. Bisa namaste disaat mba2 kasir di cafe atas pmi rese plus jutek
6. Bisa pulang dg kondisi lusuh capek tapi masih bsa waras buat mandiin dedek plus nyusuin dedek
7. Bisa main dan gendong2 dedek disaat kaki udh mau copot rasanya. Pegel coy
8. Bisa tau yg terbaik buat dedek dan ga fokus sama rasa gaenakan. Termasuk minta mamah pake masker kalau deket dedek karna masih sakit bapil.
9. Udah bisa tau kode2 yg dedek kasih di tiap rengekan dan tangisannya

Jadi ibu challengenya tiap hari beda. Tp gue bangga aja bsa terus belajar tiap hari bareng dedek. Banyak hal yg gue gabisa lalu bisa. Banyak ambisi baru yg gue sadari skrg setelah punya anak dan sungguh beda dg ambisi saat gue single. Bahkan bisa fokus ke yg penting do the best buat dedek as mom dibanding fokus sama pendapat orang, susah bilang engga dan gaenakan, kayak rela dipandang negatif juga ygbpenting dedek sehat. Sampe di titik liat dia rungsing engap tuh "dek mending engapnya buat bunda aja deh. Pileknya bunda aja. Karna orang dewasa pilek tuh gaenak bgt. Kamu sehat2 aja ya plis"

Motherhood mengubah diri gue secara personal, isi otak gue, challnge gue dr sisi kesabaran dan kewarasan. Tapi kebahagiaannya tak terkira. Sampe di titik nyanyi tau2 seret tenggorokan sampe batuk hanya karena katanya repetisi buat bayi itu hal baik jd biarkannkita ngomong/nyanyi yg sama karna bayi suka. 

Karna dedek suka kagetan dan reflek moro itu, gue cuma mau terus disamping dia buat selalu ada. Js kalau dia geter2 tangannya, bisa gue pegangin. Jd yaa gue skrg bahkan selalu disamping dia dan lari kalau dia nangis. Bangun ketika dia nangis dalam tidur.

Doaij ya dek moga bundanya srlalu sehat biar bisa selalu ngurus kamu, kasih ASI buat kamu :)

No comments:

Post a Comment