Wednesday 20 September 2023

Since You Were Born #23

Akhir akhir ini dedek jadi sering kagetan. Gue dan paksu emang tipe yang lebih nanya dokter dan googling buat cari tau si dede kenapa dibanding percaya sama apa kata orang tua dulu. Kalau gue udah statement duluan ke ibu "aku ga percaya dengan kepercayaan orang tua dulu yang anak kecil harus ABCD yang gak masuk logika" wkwk

Dan paksu nemu video dimana newborn baby kagetan itu hal yang wajar dan normal jadi gausah kaget sebgaai new parent. Gue pun sempet searching kalau itu disebut refleks moro dimana terjadi perkembangan otak dan syaraf yanf bagus. Kalau bayi gak kagetan gitu justru orang tua harus khawatir. Oke disitu gue dapet ilmu baru dan mengedukasi diri gue serta orang lain yang disekeliling gue bahwa dede kagetan itu wajar jadi ga perlu diapa2in.

Sampai kemarin ngobrol sama adek ipar kalau anak dia dikagetin pas masih kecil karna itu kebiasaan di daerah rumah dia. Wah saat itu otak gue melayang ke video ada bayi dikaget2in sama sejenis mak berang gitu dan nangis si bayi sama videonya di stitch sama dokter anak. 

Gue percaya bahwa setiap orang tua mau yg terbaik untuk anaknya dan punya kepercayaan yang berbeda2. Kalau adek ipar gue memilih untuk ngangetin anaknya pas bayi cuma kalau gue gak akan pernah menerapkan itu ke si dedek. Karena gue lebih percaya ilmu medis dan ilmiah. 

Kalau dipikir2 punya anak ini sejalan sama goal hidup gue, yaitu hidup untuk terus belajar. Gue suka pekerjqan gue karna nuntut gue buat selalu belajar. Cuma jadi ibu capek banget ya. Selain harus memjaga kesehatan dan kewarasan diri. Terus juggling dan kudu punya instict kuat apa arti tangisan si dedek. Gue sampe nyari video yang peneliti orang luar yang bilang kalau tangisan bayi punya arti dan gue telisik si dedek kalau nangis ini kenapa. Trus gue juga baru tau kalau bayi itu maish bernapas pake perut.

Gue jadi bisa tau kebiasaan2 kecil dedek dan belajar punyq instict dia kenapa. Kayak kalau dia pup/pipis nangis pasti kaki keangkat. 

Kayak hari ini dia suka banget kalau posisinya kayak lagi disendawain jadi kayak bayi koala. Dan bisa bikin tertidur pulas. Kadang kalau lagi pelukin dia suka narik napas panjang karena rasanya capeeeekk banget, but im so proud of my self.

1 bulan ini gue belajar melampaui limit gue yang sakit abis sesar, belajar menyusui dimana menyusui selain sakit tuh susahnya minta ampun, gue mempelajari kebiasaan dia, belajar mengatur waktu, belajar memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan tentunya belajar tenang sabar dan menjaga kewarasan diri disaat me time gue yg nonton drakor/ngebucin oppa aja berkurang drastis. Gue jadi lebih sering liat postingan mom story yang punya struggle yg sama yang kadang bikin sad juga haha. Semua yang kita lakuin kurang tidur, tampilan diri kayak awut awutan, capek fisik badan pegel semua karna kasih sayang ke anak. 

Sampe kalau curhat ke ibu, capekbya bu jadi ibu tuh. Kayak 24jam kerja tiada henti kalau kerja dapet duit dan ada waktunya, jadi seorang ibu gak ada berentinya. Aku pas hamil capek sakit melahirkan juga trus menyusui pun sama. Trus ibu bilang, itulah kenapa ibu disebut 3x baru ayah. Karena sakitnya dan pengorbananya ajandari hamil melahirkan menyusui. Tapi percaya balasannya pahala.

Pantes yaa banyak ibu ibu yang stres sendiri dan akhirnya suka melampiaskan marah ke anak. Karena capek banget. Pressurenya, jugglingnya belum lagi anak kecil tuh random dan bukan sekedar main tapi ngurus, sebuah pekerjaan yang tiada henti. Bahkan momen ke dokter pun jadi tempat gue bertanya banyak hal.

Doain bunda ya nak, semoga tetep bisa waras dan ga nyakitin kamu sedikit pun. Semoga bunda selalu bisa tenang jadi kamupun bisa jadi anak yang tenang. 

No comments:

Post a Comment