Monday 11 September 2023

Since You Were Born #15

Jadi ibu ternyata pekerjaan menyenangkan sekaligus melelahkan. Bener2 melelahkan. Kalau kerja itu ada waktu istirahat dan waktu pulang. Kalau jadi ibu nonstop cuy. Kalau gak dalet bantuan paksu, segila apa gue. Dedek nyusunya ga berenti2 belum diselingin gumoh, pipis ee. Jadi sekalipun dia tidur, ada ajq kegiatannya ya steril botol, pumping, ganti pampers dsb.

Belum lagi kalau dia nangis kejer kayak ga dikasih mimi, wah kalau gue ga tenangin diri sendiri ketika ganti pampers, ketika nyusuin. Dia akan lebih ga tenang. Karena koneksi ibu anak sangat kuat. Tapi beneran kemarin kayak titikbtercapek gue ga berenti nyusuin dan ganti pampers dedek. Sampe paksu kasian liat gue dan gantian dan nyuruh gue tidur. Bahkan gue memilih tidur dibanding makan malem. 

Belum lagi dia kayak lagi posesip, gue pegang hp kalau lg nyusuin pun dia ngamuk padahal tetew ga berubah tangan pun ga berubah. Wkwk
Trus baru ditidurrin bentar eh bangun. Rasanya kayak "heyyy kamuuu tidur napah". Tapi gabisa marah2 juga, namanya jg anak kecil jd tetep mom waras yaa biar ga marah2

Pas dini hari dia bangun dan nangis akhirnya gue bawa ke samping gue dan diem tidur sampe subuh baru pgn nen lagi. Cuma yaa di posesifin bayik itu gabisa ngelakuin banyak hal ya hahha.

Jadi ibu itu melelahkan pikiran tenaga belum lagi kayaknya badan udh wangi tetep aja bau pipis bau pup bau susu. Dan capek pikiran karena takut banget dia kenapa2, bahkan takut sesimple dia digigit curut yang ada dirumah. 

Jumat lalu bahkan cuma ninggalin dedek dr jam 10 sampe jam 2 itupun ga tenang hati, padahal ninggalin buat ngelayat uwa yang udah kayak ayah sendiri. Segitu udah mandiin udah nen udah kenyang dan dedek bobo. Tapi selama ga disamping dia gue cuma mantau cctv, sampe hp pas dipinjem adek buat fotoin uwa ga tenang bgt pengen tu hp balik buat mantau cctv lagi. Padahal dalam rentang waktu itu dedek banyak bobo, cuma biasa 24 jam bareng dia trus ninggalin dia rasanya tuh hati kayak patah dna hampa.
Sampe diledekin adek "lu kayaknya naluri ibunya udah ada ya. Baru ninggalin anak bentar. Uring uringanbya udah kayak apa". Gatau yaa gue kira gue doang yang lebay kayak gitu. Ternyata ibu2 diluar sana banyak juga ngerasainnyg sama. 9 bulan bareng2 di perut, trus proses menyusui ketika ga bareng2 tuh rasanya gaenak.

Dan sampe gue bener2 nangis panik ketika liat cctv tapi dedek nangis lama sampe kejer dan mamah ketiduran pake headset. Saat itu juga gue pengen minta anter adek buat pulang padahal belum juga solat jenazah. Tangisan dedek juga lama, hati gue ngeliatnya kayak patah bgt. Gue ke toilet aja sekarang buru buru, makan aja buru2 ga pernah setenang dulu bawannya kayak whisper tangisan dedek padahal dia tidur. Apalagi ini nyaksiin dari cctv dia nangis. Tapi gue ga disana. Seandainya ada pintu doraemon :(

Gue cuma bisa telp mamah, chat mamah pun ga dibales, sampe akhirnyq chat paksu buat bantuin gue telp mamah. Sambil gue pantau cctv. Ksrena kalau 1 menitan lg dedek masih kejer dan mamah ga bangun, gue bakal pesen ojol buat pulang. Gininternyata jadi ibu yaa.
Bahkan aelesai penguburan, ibu ngajak gue anter uwa dulu nanti dianter pake mobil tapi gue bilang gausah gue naik mtoor aja karena gue mau langsung pulang mau ketemu dedek. Padahal luka jaitan naik motor tuh mayan hahaha tapi yaa demi ketemu dedek cepet2 dan rasanya sedih banget tau dedek sempet nangis kejer.
Disaat itupun kecewa, karena dalam waktu 4 jam gue tinggal gabisa sebentar ga pegang hp dulu sbentar doang dalam waktu 24jamnya. Ga pake headset dulu, ga tiktokan dulu. Gue ga meninggalkan setengah hari bahkan seharian. Bukan ketidurannya yg bikin kecewa tapi terbelenggu dunia maya yang membuat dunia nyata terabaikan. Gue bahkan terganggu saat kerja gapapa, tapi ketika tau dedek sampei kejer nangis gitu ya allah hati gue rasanya sedih banget. Gue ingin memberikan dunia nyaman, tenang dan ga bikin dedek kecewa trauma dsb. 

Lalu otak gue melayang ke momen 3 bulan lagi ketika gue udah mulai bekerja. Gue bakalan sedih bgt pasti kalau hal ini terulang sedangkan blok m bogor kan jauh. Gue bahkan sedih ketika dedek tidur di depan tqpi ditimggal sendirian. Sebagai si ovwrthinking gue takut ajaa terus. Karena gue pun kalau dedek di ruang tengah gue pasti nememin dia dan gq biarin dia sendirian. Sampai gue bilang ke paksu gue butuh pengasuh buat dedek biar fokus aja ke dedek ga ke distract hp apalagi sampe mengabaikan dedek. 

Tapi bener deh jadi ibu tuh capek bgt fisik mental batin pikiran semuanya. Kalau dikompare hamil atau pas menyusui yaa lebih leluasa hamil yaq
 Karena si dedek di perut dan ikut kemana2. Ninggalin dia tuh kayak separuh diri hilang haha. Tapi capeknya gue liat dia tidur senyum aja ya allah rasanya bahagia bgt!

No comments:

Post a Comment