Saturday 30 September 2023

Breastfeeding journey

Baru kali ini selama 1 bulan 13 hari proses memyusui membuat tubuh gue jadi drop. Kayaknya kelelahan. Sepulang dari rs dengan kondisi dijslan kasih asi yang cukup rusuh ini cukup memakan banyak energi. Belum lagi jalan ke rumah pun kondisinya ngegendong dedek dan gendongan dilepaw karna abis nyusuin di mobil. Jadinpegeleee poooll. Paksu gendong posisi duduk pas di rs aja bilang pegel bgt dan nyuruh gur yg gendong dedek apalagi ini sambil jalan. Sushi dan ramen tadi udah kebakar lagi kali. Apalagi kan nyusuin itu ngebakar 300 - 500 kalori sekali nysuin. Jadi ya nyusuin itu kayak bapak2 klo olahraga main bola. Secapek itu dan energi yang dipake pun sama makanya kenapa dokter selalu concern ke ibunya banyak makan banuak minum, kalau engga gitu dehidrasi.

Sesampaonya di rumah, dedek pup dan ga nyamam. Gue yang niatnya pengen pipis pun karna kebelet ketunda karna fokus bersihin ee dede dulu. Swmbil narik napas panjang karna lelaj bgt, kaki tuh sampe tremor. Tapi lagi disaat ganti pampers dihadapkan untuk sesegeta jawab jd mau ganti hari ke dokter anak ga atau tetep besok dan cancel acara aqiqah. Chat ibu aja gue tunda bales karna pusing nanti aja mau mandi dulu bru bales. Mamah jg bahas karna abis telponan sama ibu plusdikamar paksu langsung bahas. Gue yang kesabarannya setipis tisu dibagi 7 ini rasanya di hati meledak2 pengen yteriak "kalian gabisa apa ya ntar dulu sabar dulu gue napas dulu. Sesampai dirumah aja gue kering pgn minum pengen pipis tapj harus ganti pampers". Selain rasanya pengen marah pengen nangis juga sedih bgt kepala kek mai pecah. Gue ngerasw badan gue jg kayaj tiba2 drop. Dan bener aja.

Kelar ganti pampers langsung mandi dan ternyata lemes bgt badan gue kayak laper lagi. Bahkan di kasur pun, paksu udsh tidur. Dedek belum gue kudu pokempok dulu sambil narik napas "ya Allah, gini yaa ternyata". Sampe pas lurusinkaki badan astagfirullah pada kaku dan sakit. Dan ternyata gue badannya aga demam karna anget. Pas jalan aja kepala keleyengan kek limbung mau pingsan segitu udah minum panadol. Tapi beneran rasanya badan tuh bukan cuma pegel sakit badan tapi limbung banget. Sampe mikir kenapa ko bsa begini. Ini semua emang efek kurang istirahat, gue bangun pagi dan ga tidur lagi kan berhari2 sedsngkan malem kebangun terus buat nen-in dedek. Menjelamg tidur pun cuma bisa istigfar sambil nangis dalem hati, sedih banget rassnya. 

Bahkan saat ini pun kebangun buat nen-in dedek. Itupun sambil tiduran taunya tangan dedek aktif sampe masuk ke benang dan dia teriak. Ya Allah sedih bgt, sampe berkali2 minta maaf ke dedek meski bukan salaj guenjuga, tapi kalau dedek kenapa2 tuh gue jadi lebih sering feeling guilty. Alhasil dsri.yang tiduran sambil nen jadi bangun gendong dia dan ubah posisi jadi duduk. Sambil badsn tuh masih limbung masih lemes. Kepala bagian belakang juga sakit bgt. Gue rasa ini efek dapet juga ya. Biasanya klo dapet selain sumilangen gue lebih sering badsn limbung hampir pingssn sih. Jadi emang makannya harus teraatur dan bergizi. Ketika udah selesai nen dan dedek tidur dan gue tidurkan kembali, gue cuma kebagian space kecil kasur dan cuma bsa tidur mirimg karna posisi dedek. Banyak juga ya perubahan setelah jadi ibu. Pantes banyak juga temen2 gue yang bilang ada lagi nikmat punya anak dan menyusui tuh. Dramanya ada juga dan banyak yang kasih semangat karena struggle is real.

Saat ini pukul 3.38 pagi pun dedek masih minta mimi. Rasanyaa wow sungguh lelaah ampun ampunan, rapi saat kondisi kayak gini doa gue cuma 1 sehatkan gue dan dedek ya Allah, jangan biarkan dedek sakit apapun dan jangan biarkan gue sskit juga sampe gabsa ngurus dedek. Walau malem tremor kaki muncul2 berkali2 dan itu sungguh menyiksa.

Oh iya walau menyusui itu melelahkan walau mengasuh anak juga melelahkan dan ngasih part tekanan bstin sendiri apalagi ada aja tekanan dsri sekitar. Toba2 di timeline muncul ini dan terharu. Bangunnya gue tengah malem buat nyusuin, caprknya gue hari ini dan hari2 sebelumnya bahkan hari2 kedepan nanti, ternyata my baby knows it. Walau belum bisw membalas ekspresi bundanya. Walau belum bsa melijat dengan jelas. Dia tau dan berterima kasih. Bahkan ketika malem digendong ayahnya nangis dan ke gue langsung diem, disaat itu juga gue hepi. Being number 1 dan seketika gue berpikir "gue gapapa kalau dedek mau jadi anak bunda dan selalu ngekor ke gue"


No comments:

Post a Comment