Monday 25 September 2023

The Other side

Jadi ibu itu bahagia liat dede ada di samping gue ada dalam pelukan gue. Kebahagiaannya juga tak terkira. Cuma ada sstu yang jadi hilang kebersamaan dan rutinitas baru bareng paksu. Kita jadi jarang deeptalk. 

Dulu gue pernah bertanya ke paksu apakah temen2 dia itu emang ga deeptalk dengan istrinya kalau pulang kerja sampe2 lebih pilih chatan sama paksu dibanding ngobrol dengan istri? Dan paksu jawab iyaah pulang2 main hp, dikasur sama2 pegang hp. Sedangkan rutinitas gue dan paksu dari jaman pacaran ada aja deeptalknya. Its something that I missed actually haha. Ih sebel deh suka gloomy sendiri. Its like feels lonely yaa haha

Biasanya dia pulang kerja selalu ceritain soal kantor, soal ini itu. Sekarang pulang langsung main sama dede dan selesai main langsung ke hp. I dont want to push anything to him even i want to. Gue inginnya sih ada cerita, ada obrollan. Bahkan ketika gue cerita2 hal kecil aja gue ngerasanya kayak he's not interest too much. Sometimes part of my love languages not fill off ya. Cuma gue ga ingin membahas ini ke paksu karena khawatir dia merasa gue terlalu lebay dan bukan issue yang penting banget. While namamya cinta dan hubungan mah harus dipupuk ya. Kalau engga stagnan dan jadi membosankan. Alhasil malah ada jarak dan gampang dimasukin orang hahaha

Sometimes its sad and feel lonely sampe suka bikin gue nangis sendirian. How it different and how come being parent making apart. Gue jadi menyadari sedih jiga ya kalau IRT satu2nya sahabat seorang istri itu kan suaminta ketika waktu istri habis buat ngurusin printilan rumah. Ketika gue udah kerja kehidupan gue akan berubah, gue bahkan bisa terfullfil dengan kegiatan pekerjaan gue, dengan dunia gue gak kayaj IRT yang sedih aja gitu mereka kesepian dirumah.

Kadang gue jadi lebih sering ngepukpukin gue untuk berusaha melijat pov paksu karna dia capek mungkin ya hiburannya hp dibanding ngobrol deeptalk sama gue so gue tidak ingin mempermasalahkan ini ke paksu. Gue pun menyadari dengan dia yang suka gue masakin, sekarsng udsh gone karena rutinitas gue sebagai ibu dan belum terbiasa juggling ngurus dede + paksu. Gue yang biasa siapin air di meja paksu, siapin sarapan, siapin baju semua gone. Menurut gue dalam pov paksu tentu kayak weird dan kangen momen itu ga sih? Even dia bilang dia udh ga ekspektasi apapun ke gue. Gue berusaha ketika gue ada waktu, dedek bobo gue siapin baju, gue siapin minum sebelum paksu pulang, anterin paksu ke pintu. 

Kayak hari ini disat hujan, pikiran gue pengen nyenengin paksu dengan masakin simple food. Cuma sarden dikasih sosis sama telor ceplok. I know he can make that food as simple as that. Cuma sebagai istri pengen bikin seneng suami walaupun rassnya capek dan ngantuk pengennya beli makanan aja. Apalagi dr bangun pagi belun tidur lagi. Akhirnya potong2 bawangbcabe dan masak simple dan gue sajiin biar paksu makan duluan. Sedangkan gue gendong dedek dulu padahal gue lagi goreng pisang. Tapi gue emang janji ke diri sendiri kalau bisa ga pernah ngegoreng smabil gendong anak. Akhirnya gue minta paksu yang balikin pisang goreng sedangkan dedej gue tidurin. Selesai makan, paksu main hp dan gue mihta solat magrib buat gue minta gantian. Karena gue pun kelaperwn belum makan dari siang. Tapi paksu masuk kamar dan gue tidak mendengar suara toilet dan gue curiga dia main hp di kasur sambil rebahan sedangkan gue masih nungguin dede sambil menahan lapar. Gue disitu langsung jleb kecewa sampe mikir "gue tau paksu ingin me time, tapi dia mikirin ga ya gue belum makan loh. Sedangkan gue aja meluangkan waktu buat masakin simple food disaat gue aja belum tidur siang, belum makan juga, badan gue sakit". 

Seketika sedih aja sampe gue makan sambil nahan nangis, sampe di toilet pas mandi pun gue nangis. Cheesy ya? Tapi beneran sedihe pooll. Apa harus dede dalem perut ya baru gue dipikirin? Pas tiduran di sebelah dede pun gue menahan nangis sambil dalem ati " dek sehat sehat ya. Jangan sakit. Nanti bunda patah hati. Bunda lagi sedih sedikit kecewa. Mau makan ga sebebas dulu sampe laper banget. Tapi bukan berarti bunda kesel sama kamu. Kamu hadiah terindsh yang Allah kasih ke bunda"

Cuma ko rasanya jleb sampe gue diem ga banyak ngomong. At the end ternyata status parent itu mengubah kita kayak yang sering dilakuin temennya. Dikasur sama hp. Banyak yang ingin gue ceritain pun jadi kependam. Respon gue cerita jatuh aja hanya direspon ketawa abis itu udah. 

Suka kesel sama diri sendiri klo fragile sampe gitu aja nangis sendirian. Gue rasa gue tidak pernah meminta lebih, uang, waktu, stuff. Tapi gue mungkin harus belajar pasrah sama keadaan, membiarkan let it flow walau gue percaya kalau hubungan harus dipupuk terus harus ada usahanya. Usaha terus menjadikan pasangan temen cerita, usaha saling pengertian dsb. Gue bukan yang harus menikmati waktu lagi nonton bareng lagi, ngedate ke bioskop/makan berdua. I know its hard right? Cuma hadir sexara emosional, bukan ngerespon singkat2 kayak ga interest dengan semua cerita gue. Its so sad. Gue jadi berpikir mungkin gue emang ga perlu cerita apa2 diluar cerita si dedek. He's not interest anymore.

Dan gue sekarang lagi kesrl sama diri sendiri. Why iam crying right now heh?  Jangan nangis plis, lu harus memproduksi asi yang dipengaruhi mood. Calm, self.

No comments:

Post a Comment